Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat | dr. Herbs Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat | dr. Herbs

Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat

Campak jerman atau dalam bahasa medis disebut dengan rubella disebabkan oleh penularan virus rubella yang disebut juga jerman measles. Pembaca semua jangan heran jika virus ini yang tidak berbahaya bagi anak-anak, tetapi berbahaya bagi orang dewasa. Sehingga, lebih aman jika terkena penyakit ini pada masa kanak-kanak. Sama halnya kepada wanita hamil karena dapat menyebabkan sindrom rubella kongenital yang mengakibatkan kelainan bawaan pada bayi.

Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat

Gejala dan Penyebab Campak Jerman

  • Penyakit Rubella mirip penyakit campak tetapi tidak seberat penyakit campak yang banyak menyerang dan menimbulkan kematian pada anak balita (sebelum usia sekolah)
  • Penyakit Rubela hanya menimbulkan demam ringan dan anak menjadi agak rewel. Kemudian si anak sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.
  • Secara klinis penyakit Rubella juga sulit mengenalnya
  • Bintik merah di kulit yang pada penyakit campak mudah dikenal masyarakat awam, pada Rubella jarang terlihat. Gejala bintik merah di kulit hanya timbul pada 15-20% penderita Rubella
  • Gejala lain seperti pilek, mata merah, dan batuk, tidak ditemukan pada Rubella

Campak jerman atau campak 3 hari adalah infeksi virus yang menular terutama menyerang kulit dan kelenjar getah bening, pada kulit dikenal dengan ruam berwarna merah yang khas dan pada kelenjar getah bening menimbulkan pembesaran (pembengkakan).

Rubella tidak sama dengan campak (rubeola), meskipun sama-sama menimbulkan ruam merah pada kulit. Karena, rubella ini disebabkan oleh virus yang berbeda dengan campak (rubeola) sehingga penularannya pun sedikit berbeda.

Penularan Campak Jerman

Campak jerman disebabkan oleh virus yang dapat ditularkan dari orang ke orang. virus rubella ini dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau dapat menyebar melalui kontak langsung dengan sekret pernapasan orang yang terinfeksi, seperti lendir atau ingusnya.

Rubella ini juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke anaknya yang belum lahir melalui aliran darah. Penderita rubella dapat menular mulai dari 10 hari sebelum timbulnya ruam sampai sekitar satu atau dua minggu setelah ruam menghilang.

Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat

Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat

Rubella atau campak jerman tidak membutuhkan penanganan medis khusus dari dokter. Penanganan dapat dilakukan di rumah dengan langkah-langkah sederhana. Tujuannya adalah untuk meringankan gejala dan bukan mempercepat penyembuhan rubella. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan.
  • Beristirahatlah sebanyak mungkin.
  • Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Mengurangi nyeri dan demam. Penderita dapat mengonsumsi parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan panas dan meredakan nyeri pada sendi.
  • Minum air hangat bercampur madu dan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan dan hidung beringus.
Jika ada yang mengalami gejala-gejala campak jerman seperti disebutkan diatas dan ia sedang hamil, maka segeralah konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

Rubella biasanya ringan pada anak-anak, dan seringkali dapat dirawat di rumah. Monitor suhu anak Anda dan hubungi dokter jika demam naik terlalu tinggi.

Untuk meringankan ketidaknyamanan si kecil, Anda dapat memberikan acetaminophen atau ibuprofen untuk meringankan demam ataupun sakit kepala.

Pencegahan Campak Jerman

Untuk mencegah campak jerman dapat dilakukan dengan cara imunisasi atau vaksinasi. Selain vaksin, mencegah penularan dan penyebaran rubella juga penting. Cara-caranya meliputi:
  • Hindari kontak dengan penderita sebisa mungkin, khususnya untuk ibu hamil yang belum menerima vaksin MMR dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Pindahkan penderita ke ruangan terpisah yang jauh dari anggota keluarga.
  • Menjaga kebersihan diri, misalnya selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah bepergian, atau jika terjadi kontak dengan penderita.
Baca Juga: Gejala Campak Pada Anak Dan Pengobatannya
Itulah beberapa info penting yang dapat kami sampaikan berkenaan dengan campak jerman ini, semoga informasi yang kami bagikan ini dapat berguna bagi Anda yang membutuhkannya. Salam Sehat!

0 Response to "Cara Mengobati Campak Jerman Dengan Cepat"

Posting Komentar