Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat | dr. Herbs Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat | dr. Herbs

Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Pantangan asam urat  - Mungkin karena belum ada dokter yang menyatakan meninggal dengan sebab penyakit asam urat, maka kebanyakan orang suka meremehkanya. Padahal jika kita melihat derita yang dirasakan, sakitnya tidak kalah dengan penyakit lainnya.

Seorang penderita asam urat tinggi, akan merasakan nyeri yang lumayan dahsyat saat penyakit ini kambuh. Gejalanya bisa memakan waktu berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Jadi sekali lagi kita jangan pernah meremehkan jika suatu gejala ringan mulai menyerang, segeralah mencari cara untuk meredakannya.

Nah kali ini penulis ingin menyarankan agar kita tak melulu menyalahkan apa yang kita lakukan, atau lebih-lebih menyalahkan dokter ya. Sekarang kita tanyakan lagi pada diri kita sendiri! Seberapa besar keinginan kita untuk sembuh kembali? Seberapa penting hidup sehat itu? Seberapa sering kita mensyukuri nikmat Tuhan ketika kita sehat?

Ya, jawabannya pasti nihil dari apa yang harus dilakukan ya? Baik, tidak apalah itu masalah masa lalu, dari mulai sekarang, mari kita rubah pola hidup kita! ok? kita kembali ke topik.

Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan Asam Urat

Tema kali ini penulis akan memaparkan apa yang harus dipantang oleh penderita asam urat agar tidak berkelanjutan dan tambah lebih parah, tapi sesuai dan semampuh penulis loh ya. Semoga bermanfaat!

Oleh karena penyebab penyakit asam urat ini banyak disebabkan dengan makanan yang mengandung purin berlebihan. Maka ada pengelompokan makanan dari mulai yang kandungan purinnya rendah, sampai yang tinggi tentunya, ini berdasarkan pada beberapa sumber yang penulis baca dari yang terpercaya.

Pada prinsipnya, cara mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi makanan pantangan asam urat tinggi , bahkan beberapa macam makanan yang mengandung kandungan asam urat yang tinggi sebaiknya sama sekali dihindari dan dipantang.

Selain itu, disarankan juga bagi penderita asam urat untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak, mengkonsumsi protein dalam jumlah yang sedang dan mengkonsumsi karbohidrat dalam persentase yang lebih tinggi. Dan sangat disarankan untuk minum air minimal 2.5 liter per harinya.

Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Berikut adalah daftar makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sangat tinggi: 

Alkohol
Alkohol dalam bentuk apapun sebaiknya dihindari. Misalnya minuman beralkohol, rum atau makanan fermentasi yang mengandung alkohol. Terutama hindari minuman beralkohol. Metabolisme alkohol yang Anda konsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat memicu terjadinya serangan asam urat. 

Ragi dan Makanan yang Mengandung Ragi
Makanan pantangan asam urat tinggi lainnya ialah makanan yang mengandung ragi. Ragi dibutuhkan untuk pembuatan makanan seperti kue dan roti. Cukup mengejutkan memang bahwa makanan dengan ragi ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi dan sebaiknya dihindari. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan kadar ragi dalam menu makanan penderita asam urat ternyata menyebabkan serangan yang lebih jarang dan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.
Kini, mari kita lihat makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sedang. Karena makanan di kategori ini tidak terlalu banyak mengandung asam urat, tidaklah apa-apa mengkonsumsi makanan ini sekali-sekali. 

Jeroan
Yang termasuk dalam kelompok makanan ini ialah usus, babat, otak, hati, paru-paru dan organ binatang lainnya. Ya, makanan pantangan asam urat nomor satu ini haruslah dihindari bahkan benar-benar dipantang. Kandungan asam urat yang dikandung dalam makanan ini sangatlah tinggi dikarenakan sel penyusun organ tersebut yang banyak dan menyumbang kadar asam urat yang tinggi. 

Ikan
Tenang saja tidak semua ikan termasuk makanan pantangan asam urat. Anda hanya perlu menghindari dan memantang beberapa jenis ikan yang ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari adalah ikan sarden, herring, teri dan makerel. Disebutkan bahwa ikan kembung dan ikan tenggiri merupakan salah satu bagian dari ikan makerel juga. Cukup mengejutkan bahwa ternyata ikan ini mengandung kadar asam urat yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita asam urat. 

Semua Makanan Laut
Makanan laut memang terkenal mengandung banyak kandungan asam urat. Namun, beberapa makanan laut ternyata hanya mengandung kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Jangan lupa menghindari ikan dan kerang yang telah disebutkan di atas karena mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi. 

Kerang
Berbagai macam jenis kerang dapat menyebabkan serangan asam urat karena kadar asam uratnya yang tinggi. Makanan pantangan asam urat akut ini sebaiknya dihindari bagi Anda yang sering mengalami serangan asam urat, karena penelitian menunjukkan adanya hubungan antara banyak mengkonsumsi kerang dengan jumlah serangan asam urat. 

Ekstrak Daging
Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah ekstrak daging. Apa itu ekstrak daging? Ini merupakan suatu bubuk yang biasa dibuat menjadi kaldu bila dicampurkan dengan air. Meskipun kurang popular, beberapa penelitian kedokteran mengatakan bahwa ekstrak daging mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi dan merupakan makanan pantangan asam urat. 

Semua Jenis Daging
Daging merah atau pun putih ternyata mengandung kadar asam urat juga. Terutama, asam urat didapatkan dalam kadar yang lebih tinggi di daging merah. Namun karena kandungannya yang tidak terlalu banyak, sesekali menikmati daging merah seperti daging sapi bukanlah masalah besar. 

Sayuran Hijau
Beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan bayam serta sayuran lain seperti kacang-kacangan dan jamur memang meiliki kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Namun, jenis makanan ini menjadi kontroversi karena meski banyak dikatakan sering menyebabkan serangan asam urat, banyak penelitian yang mengatakan bahwa sayuran tidaklah memicu serangan asam urat. Malah, sayuran disarankan sebagai makanan yang baik bagi penderita asam urat karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Kadar Asam Urat Normal Menurut WHO

Ada baiknya bahkan kita sangat perlu mengetahui kadar asam urat yang sehat menurut para ahli dunia, mereka menegaskan spesifikasi setidaknya ada 3 golongan berikut ini :
  • Pada laki-laki dewasa kadar normal asam uratnya adalah sekitar 2 – 7,5 mg/dL, sementara itu pada wanita yang sudah dewasa adalah 2 – 6,5 mg/dL.
  • Pada laiki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam uratnya 2 – 8,5 mg/dL, pada wanita 2 – 8 mg/dL
  • Anak-anak yang berusia 10 – 18 tahun kadar asam uratnya 3,6 – 5,5 mg/dL, sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL.
Secara umum, saya telah memberi sedikit penjelasan diatas tentang makanan yang dapat dikonsumsi. Berikut ini makanan yang bukan termasuk pantangan asam urat bahkan bebas dikonsumsi :
  • Sumber Protein: Telur, Susu rendah lemak Sayuran wortel, labu siam, terong, pare, oyong, ketimun, selada air, tomat, lobak serta berbagai jenis buah-buahan.
  • Sumber karbohidrat: Nasi, Bubur, Bihun, Roti, Gandum, Makaroni, Pasta, Jagung, Kentang, Ubi, Talas, Singkong, Havermout.
Baca ya: Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan
Dianjurkankan dalam pengaturan pola makan bergizi yang seimbang untuk mengolah makanan dengan cara merebus, mengukus, mengungkep, menumis dan semisalnya. Perbanyak minum, 2-3 liter/hari. Kemudian, perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung air guna untuk memperlancar pengeluaran asam urat dan mencegah pengendapan dalam ginjal. Selain menghindari makanan pantangan penyakit asam urat seperti di atas, lakukan juga tips-tips dalam mengobati asam urat, tujuannya agar kita berhasil mengusir penyakit ini secara tuntas.

0 Response to "Pantangan Asam Urat Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat"

Posting Komentar