Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan | dr. Herbs Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan | dr. Herbs

Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan

Pantangan darah tinggi merupakan suatu tindakan tepat dalam langkah dan proses penyembuhan dari penyakit ini. Segala sesuatu di dunia ini tentu ada beberapa pantangannya, apalagi yang namanya penyakit. Kita sadar bahwa penyakit ini tidak bisa dianggap penyakit yang sederhana, sudah jutaan atau lebih yang meninggal yang diawali dengan hipertensi atau darah tinggi.

Maka dari itu, selain kita harus serius dalam pengobatannya, kita diwajibkan mengendalikan/kontrol tekanan darah dalam tubuh, salah satu yang paling pentingnya dengan memakan makanan sehat dan menghindari makanan yang justru jadi pemicunya.

Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan

Bahayanya, penyakit ini dapat menyebabkan banyak sekali komplikasi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke bahkan sampai penyakit mata. Mengingat begitu banyaknya komplikasi yang dapat terjadi, mengetahui pantangan darah tinggi dapat membantu kita melawan penyakit ini.

Makanan Pantangan Darah Tinggi

Semua ahli medis telah menyetujui bahwa asupan kita sehari-hari itu berkontribusi besar dalam hal penyebab darah tinggi. Selain itu makanan juga bisa menjadi penyebab susahnya mencegah berbagai penyakit, maka menghindari makanan yang buruk adalah langkah awal pencegahan yang efektif, sebagaimna pemilihan pola makan yang baik juga adalah solusi pertama yang harus Anda laksanakan.

Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan
Pantangan Darah Tinggi

Berikut ini adalah makanan pantangan darah tinggi yang tidak boleh dimakan:
  • Garam
Ini merupakan pantangan darah tinggi yang pertama dan utama. Kandungan garam yang banyak di dalam darah penderita darah tinggi akan menyebabkan kenaikkan tekanan darah yang disebabkan oleh sifatnya yang dapat menarik air. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan garam sama sekali. Asupan garam dapur maksimal yang dapat dikonsumsi oleh penderita darah tinggi adalah 6 gram atau setara dengan satu sendok teh, semakin sedikit semakin bagus.
Jadi, lebih baik makan makanan yang dibuat sendiri di rumah daripada beli makanan di luar, karena kita dapat mengontrol jumlah garam yang kita konsumsi.
  • Asinan dan Acar
Ya, asinan dan acar boleh saja terbuat dari buah atau mentimun. Namun, jangan lupakan kuah dan proses pembuatannya yang melibatkan banyak garam. Makanan menyegarkan ini seringkali kita anggap sebagai makanan sehat sebagai pendamping chinesse food, sate atau makanan lainnya. Namun ternyata karena garam yang dikandungnya, makanan ini menjadi pantangan darah tinggi.
  • Mie Instan
Jenis makanan ini tentu menjadi teman sejati Anda dikala lapar, tidak punya uang dan tidak mau masak makanan yang ribet. Namun hati-hati terhadap mie instan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Selain garam, mie instan juga mengandung banyak lemak dan kalori yang dapat menaikkan berat badan. Padahal berat badan yang ideal merupakan salah satu dari program menurunkan berat badan. Satu bungkus mie instan saja dapat membahayakan, apalagi bila dimakan dalam jumlah yang lebih. Mie instan merupakan pantangan darah tinggi yang wajib dihindari.
  • Kafein
Kopi dan teh yang mengandung kafein disarankan agara dikurangi konsumsinya oleh mereka yang menderita darah tinggi. Kafein mempunyai efek menaikkan tekanan darah dalam waktu yang singkat untuk waktu yang singkat pula. Karena alasan ini, konsumsi kafein sebaiknya dibatasi untuk menjaga tekanan darah. Minuman dengan kafein contohnya ialah kopi, teh, cokelat, minuman penambah energi dan minuman soda.
  • Makanan Kaleng
Pengawet yang dipakai untuk megawetkan makanan kaleng terbuat dari substansi yang membentuk garam. Alasan inilah yang membuat makanan kaleng menjadi pantangan darah tinggi. Mungkin rasa makanan kaleng tidak begitu asin, namun hati-hati karena kadar garam yang dikandungnya tetao tinggi.
  • Produk Daging Olahan
Sama seperti makanan kaleng, produk daging olahan banyak mengandung garam untuk mengawetkan daging tersebut. Hindari makanan seperti dendeng, sosis, nugget, kornet, daging ham dan daging olahan lainnya. Sama seperti makanan kaleng, meski rasa daging olahan ini tidak terlalu asin namun garam yang dikandungnya tetap saja tinggi.
  • Daging Merah
Mungkin Anda berpikir bahwa makan daging sapi tanpa lemak adalah salah satu jenis makanan yang sehat. Namun ternyata daging sapi yang termasuk dalam kelompok daging merah mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk jantung dan pembuluh darah Anda. Jenis daging yang termasuk dalam kategori ini adalah daging sapi, daging kambing dan hampir seluruh daging mamalia lainnya. Pantangan darah tinggi yang satu ini juga tidak dapat Anda sepelekan begitu saja, dan cobalah mencoba menghindarinya.
  • Makanan Berlemak Jenuh
Apa itu makanan yang mengandung lemak jenuh? Banyak sekali makanan enak yang mengandung lemak jenuh. Namun secara prinsip, semua makanan yang digoreng menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh. Lemak dari sapi pun mengandung banyak lemak jenuh. Termasuk juga susu full cream, keju, kuning telur, donat, dan kulit ayam. Jangan lupakan mentega pada popcorn atau roti Anda yang juga mengandung lemak tidak baik ini.
Makanan dengan lemak jenuh dapat menaikkan tekanan darah dengan cara meningkatkan kadar kolesterol yang akan mempersempit lubang pembuluh darah Anda. Menurunkan kadar kolesterol dan berat badan merupakan salah satu program terapi darah tinggi. Jadi, pantangan darah tinggi yang satu ini tidak bisa Anda maklumi begitu saja.
  • Makanan dan Minuman Manis
Tidak punya kencing manis bukan berarti Anda aman mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Gula dan karbohidrat sederhana (seperti gula pasir, kue, permen dan minuman manis) merupakan salah satu hal yang malah dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Lebih jauh lagi, makanan dan minuman manis dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita tekanan darah tinggi. Pantangan darah tinggi ini jangan Anda remehkan. Jadi, jauhilah makanan manis dan terutama minuman manis yang banyak mengandung gula.
Penting: Daftar 21 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan
Semoga artikel mengenai pantangan darah tinggi ini dapat berguna bagi semua yang membutuhkannya. Amin...

0 Response to "Menu Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Dimakan"

Posting Komentar