Daftar 21 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan Daftar 21 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan | dr. Herbs Daftar 21 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan | dr. Herbs

Daftar 21 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan

Makanan Untuk Penderita Asam Urat - Kini asam urat sudah menjadi salah satu penyakit yang sering kali dialami oleh seseorang yang berusia di atas 30 tahun. Namun janganlah kita menyepelekan penyakit ini, karena jika sedang meradang, sakitnya sungguh tak terbayangkan (begitu testimoni dari beberapa teman saya yang pernah menderita asam urat).

Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi sehingga membentuk kristal yang menumpuk di sekitar sendi. Daftar makanan penurun kadar asam urat ini akan mengontrol produksi asam urat di dalam tubuh Anda.

Gejala Umum

  • Sendi terasa ngilu, nyeri, linu, kesemutan, dan bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
  • Biasanya rasa nyeri menyerang pada pagi hari (setelah bangun tidur) atau pada malam hari (saat udara dingin)
  • Sendi-sendi yang diserang biasanya pada jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, serta siku.
  • Pada kejadian kasus yang sudah parah, persendian terasa sangat sakit saat digerakkan.
Sebagian besar para penderita asam urat biasanya memiliki komplikasi dengan penyakit lain seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, atau juga penyakit ginjal. Faktor obesitas juga bisa salah satu hal yang memperparah kondisi penderita asam urat.


Apabila asam urat tidak segera diobati maka bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal yang pada akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal. Jika sudah positif menderita asam urat, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Terutama dengan adanya BPJS dapat menjamin kesehatan masyarakat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Makanan Pantangan

  • Kacang-kacangan seperti kedelai dan hasil olahannya, kacang tanah, kacang hijau, tauge/kecambah, melinjo dan hasil olahannya
  • Jeroan seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru, atau pun otak hewan apapun
  • Seafood seperti udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, dan ikan sarden
  • Ekstrak daging seperti abon atau dendeng
  • Makanan kalengan seperti sarden atau kornet
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda, bebek, angsa, dan kalkun
  • Sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu, atau kuah daging kental
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas, dan kelapa muda
  • Makanan yang digoreng dengan mentega atau makanan bersantan

21 Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Diet dari makanan ini memang bukan untuk pengobatan asam urat Anda, tapi bisa membantu mengontrol agar penyakit Anda tidak semakin parah.


Anda dapat menemukannya di sekitar Anda dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperoleh makanan-makanan ini. Berikut adalah daftar makanan untuk penderita asam urat Anda:
  1. Air putih. Manfaat utama air putih untuk tubuh ialah sebagai minuman yang berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Serta sebagai minuman yang dapat mengeluarkan racun dan kadar asam, sehingga jika pengonsumsian air mineral cukup maka kadar asam urat dan racun akan hilang bersama keluarnya keringat dan urine.
  2. Buah ceri memiliki zat anti-inflamasi bernama antosianin yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Antosianin juga berperan untuk mencegah mengkristalnya asam urat pada persendian. Selain itu ceri juga menetralkan zat asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri pada sendi. Makan 200 gram buah ceri per hari untuk mendapatkan hasil yang optimal. 
  3. Buah apel. Makanan untuk penderita asam urat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah buah apel. Secara umum, buah apel dikenal sebagai salah satu buah popular yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia. Buah ini juga cukup mudah untuk didapat sehingga menjadikannya sebagai salah satu buah paling direkomendasi untuk anda konsumsi. Selain kandungan vitamin C serta anti oksidan yang tinggi, bagi penderita asam urat buah apel memiliki suatu kandungan yang angat bermanfaat bernama asam malat. Asam malat yang terkandung pada buah apel menjadi sangat bermanfaat untuk menetralkan asam urat pada darah anda. Buah ini cocok untuk anda konsumsi secara langsung atau bisa juga dijus namun dengan sedikit atau tanpa gula. 
  4. Jeruk nipis. Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis adalah pelarut asam urat alami. Minum segelas air perasan jeruk nipis minimal sehari dua kali untuk mendapatkan manfaat terbaik jeruk nipis untuk kesehatan tubuh. 
  5. Kacang panjang perancis. Makanan lain yang efektif untuk menurunkan kadar asam urat adalah jus kacang panjang Perancis. Jus sehat ini dapat dikonsumsi dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya. 
  6. Ekstrak biji seledri. Ini adalah pengobatan rumahan yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 
  7. Berries, terutama jenis stroberi, acai berry dan blueberry memiliki sifat anti-inflamasi sehingga Anda dapat memasukkan mereka dalam diet sehat Anda. 
  8. Cuka apel, tambahkan 3 sendok teh cuka apel pada 8 ons air untuk diminum 2-3 kali sehari. 
  9. Kacang pinto. Makanan selanjtnya yang juga dimasukkan menjadi salah satu makanan untuk penderita asam urat yang cukup direkomendasikan adalah kacang pinto. Sebagian besar dari anda mungki tak begitu akrab dengan bahan makanan ini. Namun, jangan khawatir, meski tak begitu populr disemua negara, kacang pinto memiliki manfaat baik untuk kesehatan terutama bagi penderita penyakit asam urat. Kacang ini memiliki kandungan asam folat tinggi yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat secara alami pada tubuh. 
  10. Jus sayuran, seperti jus wortel yang dicampur dengan buah bit dan mentimun menjadi makanan berikutnya yang juga sangat efektif. 
  11. Produk susu rendah lemak juga dapat menjadi alternatif yang baik. Yogurt salah satu jenis susu rendah lemak yang baik untuk anda konsumsi supaya kadar asam urat dalam tubuh berkurang secara alami. Yogurt juga terkenal baik untuk system pencernaaan dan kesehatan tubuh lainnya, sehingga selain bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.
  12. Suplemen yang banyak mengandung Vitamin C. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti Jambu, Kiwi, jeruk nipis, jeruk, lemon, tomat dan sayuran berdaun hijau. Sertakan makanan kaya vitamin C atau suplemen kesehatan dalam diet harian Anda untuk mengurangi asam urat berlebih dalam tubuh dengan memaksanya keluar dari tubuh melalui urin. 
  13. Makanan tinggi serat. Berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center, menambahkan makanan tinggi serat dalam menu harian Anda, dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi menjadi normal. Hal ini berkaitan dengan khasiat serat yang dapat membantu penyerapan asam urat dalam aliran darah Anda, sehingga memungkinkan untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh Anda melalui ginjal. Contoh makanan tinggi serat: Oats, brokoli, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, wortel, serat akasia, dan barley. 
  14. Pisang juga bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat. Dengan rutin mengkonsumsi sekitar delapan sampai sembilan pisang per hari selama tiga-empat hari, dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan sendi akibat penyakit ini. 
  15. Teh hijau, mengkonsumsi setiap hari juga dapat mengontrol kadar asam urat.
  16. Black plum mengandung serat alami yang sangat baik untuk penderita asam urat. 
  17. Sayuran. Tomat, brokoli, dan mentimun adalah sayuran yang Anda harus masukan dalam diet makanan sehat Anda. 
  18. Cokelat Hitam. Mendengar kata coklat sebagai makanan untuk penderita asam urat mungkin sedikit janggal di telinga anda. Akan tetapi, ya, memang ada jenis coklat yang justru bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti asam urat. Sebagian besar dari anda mungkin menyukai coklat karena rasa lezatnya yang bahkan bisa dipercaya sebagai penambah suasana ceria hati anda. Akan tetapi, ada sebuah jenis coklat yang dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Ya, adalah coklat hitam dengan rasa yang tak semanis coklat yang biasa anda konsumsi. Coklat hitam dipercaya memiliki berbagai khasiat kesehatan dan salah satunya adalah untuk mengobati asam urat. Hal ini dikarenakan coklat hitam mengandung teobromin untuk menjaga kadar asam urat pada tubuh anda. 
  19. Sayuran mentah seperti kentang atau jagung juga efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Jika tidak bisa dimakan mentah-mentah, cobalah mengkonsumsi dengan cara di tim ( uap ). 
  20. Ikan Salmon. Makanan selanjutnya yang direkomendasi untuk penderita penyakit asam urat datang dari keluarga ikan yang bernama ikan salmon. Ikan ini sejak dahulu dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Kandungan omega 3 nya yang tinggi takk hanya penting untuk otak bayi, akan tetapi juga penting bagi penderita asam urat untuk mengurang peradangan dan pembengkakan sendi. 
  21. Kentang. Sayuran mentah seperti kentang atau jagung pun efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Kentang dapat dinikmati mentah atau dikukus. 
Baca juga: Makanan Pantangan Kolesterol Yg Harus Dihindari Penderita Kolesterol
Intinya adalah pola hidup terutama dari makanan merupakan sumber kesehatan yang paling paling utama, apapun penyakitnya. Semoga artikel tentang  makanan untuk penderita asam urat ini dapat berguna bagi Anda yang sedang membutuhkannya. Salam sehat semoga lekas sembuh!

    0 Response to "Daftar 21 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan"

    Posting Komentar