Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari | dr. Herbs Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari | dr. Herbs

Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari

Pantangan Diabetes - Faktor makanan adalah hal yang harus menjadi perhatian utama penderita penyakit diabetes, karena melebihi 90% kenaikan kadar gula dalam darah itu disebabkan oleh makanan. Contoh ringan saja nasi putih, sebaiknya ini dihindari oleh penderita dan diganti dengan nasi merah.

Untuk mengontrol gula darah tadi, penderita diabetes wajib mengetahui mana makanan yang boleh dikonsumsi dan mana yang harus dihindari. Pengaruh makanan pada penderita nantinya juga akan membantu proses penyembuhan secara berkala.

Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari

Kenali gejala diabetes!

Sebagaimana pengertian yang sudah maklum bahwa diabetes adalah suatu kelainan metabolisme tubuh dengan keadaan  naiknya kadar gula dalam darah. Kondisi ini diakibatkan dari sel-sel dalam tubuh menjadi kurang respon terhadap insulin dengan kata lain tidak dapat memproduksi insulin secara normal. Jika kita melihat tugas mulia dari insulin ini yang sebagai hormon pengontrol kadar gula darah, sangat dikhawatirkan jika ada gangguan padanya.

Gejala-gejala umum yang dapat terjadi pada penderita diabetes biasanya:
  • Cepat haus
  • Kulit gatal
  • Cepat lapar
  • Mulut kering
  • Mudah lelah
  • Penglihatan kabur
  • Buang air kecil lebih sering daripada biasanya
Pengaturan asupan makanan adalah salah satu penanganan tepat pada penderita diabetes selain latihan jasmani dan pemberian obat-obatan.

Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari

Makanan Pantangan Diabetes

Pengaruh besar daripada makanan tidak boleh kita abaikan, tidak hanya untuk penyakit diabetes sebenarnya, biasanya masing-masing penyakit terdapat beberapa hal yang harus dihindari. Berikut jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes:
  • Minuman dan buah-buahan
Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah. Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya menjadi pantangan diabetes. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.
  • Karbohidrat
Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.

Sebaliknya, pilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.
  • Produk susu
Produk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.
  • Protein
Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Para penderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.
  • Sayuran
Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.

Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega. Selain itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang sudah ditambahkan banyak garam dari menu sehari-hari. Jika penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi, hindari sayuran yang sudah dijadikan acar.

Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari

Kekhawatiran Akibat Mengonsumsi Makanan Pantangan Diabetes

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.
Baca juga: Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari
Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

0 Response to "Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari"

Posting Komentar