Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari | dr. Herbs Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari | dr. Herbs

Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari

Pantangan Ibu Hamil Muda - Salah sat masa bahagia dalam rumah tangga adalah ketika sang instri tengah hamil mengandung buah hati yang sangat didambakan. Namun kebahagiaan ini jangan sampai ruksak gara-gara salah mengonsumsi makanan yang menurut kita bagus, padahal jelek.

Tak diragukan lagi bahwa buah dan sayuran adalah makanan yang berkontribusi besar sebagai pembantu pertumbuhan tubuh kita. Keduanya sangat bagus terutama untuk Ibu hamil, tapi kita mesti mengetahui bahwa ada beberapa diantaranya yang justru buruk untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil.

Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari

Buah-buahan Pantangan Ibu Hamil Muda

Ada berbagai jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi karena dianggap membahayakan bagi ibu hamil. Buah tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Nanas
Rasa asam dari nanas mungkin membuat ibu hamil muda ingin merasakan cita rasa dari buah satu ini. Namun medis mengatakan bahwa makan nanas saat hamil tidak diperbolehkan, apalagi nanas muda. Berikut ini penyebab nanas tidak boleh dikonsumsi :
  • Nanas mengandung zat bernama bromelain. Zat ini membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak.
  • Nanas mengandung alkohol yang menyebabkan rasa panas di perut.
  • Nanas memiliki rasa gatal, jika ibu hamil mengkonsumsinya membuat perut ibu hamil terasa gatal-gatal.
2. Durian
Suka durian? Untuk bunda yang sedang hamil, lebih baik menahan sebentar dulu sampai dedek bayi lahir. Belum diketahui secara pasti bahwa durian dapat menyebabkan keguguran. Namun kandungan alkohol pada durianiini dikhawatirkan akan menyebabkan kontraksi yang mana akan memicu keguguran.

3. Nangka
Nangka merupakan buah yang memiliki bau harum dan berwarna menggoda. Namun siapa sangka jika dibalik kelezatan dan keharumannya nanas mengandung alkohol yang tinggi. Sama halnya dengan durian, jika dikonsumsi berlebihan. Jumlah alkohol yang masuk ke dalam perut bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

4. Pepaya Muda
Pepaya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena melancarkan pencernaan. Yang tidak boleh dikonsumsi adalah pepaya yang mentah dan juga pepaya setengah matang. Ibu hamil tidak boleh makan sayur pepaya. Penyebabnya adalah :
  • Getah pada pepaya muda membuat ibu hamil akan mengalami kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur.
  • Getah pepaya membuat rasa gatal pada ibu hamil dan juga janin.
  • Getah pepaya membuat plasenta menjadi lengket seperti sayur nangka.
5. Anggur
Siapa yang tidak suka anggur, rasanya yang manis dan segar membuat siapapun suka dengan buah ini. Namun bagi ibu hamil, buah ini menjadi pantangan. Alasannya adalah sebagai berikut :
  • Anggur memiliki kandungan gula yang banyak sehingga menyebabkan janin terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil.
  • Kandungan gula dalam anggur mudah menjadi fermentasi, fermentasi sangat tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung alkohol.
  • Akohol pada anggur akan menyebabkan suhu di dalam rahim meningkat secara tajam, akibatnya perut menjadi panas dan janin tidak bisa bertahan.
6. Buah Kepel
Buah kepel ini bentuk luarnya seperti sawo dan kiwi. Buah ini memiliki bau harum dan tekstur buah yang lembut. Rasanya juga manis. Bagi ibu yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi buah tersebut dikarenakan akan menyebabkan keputihan berlebih. Ibu hamil akan mengalami keputihan, oleh sebab itu jangan memperburuk kondisi dengan memakan buah kepel agar keputihannya tidak berlebihan, karena termasuk pantangan Ibu hamil muda.

Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda

Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari

Selai dari buah, ada juga berbagai makanan umum yang cukup berbahaya bagi kehamilan Anda, berikut rinciannya:

1. Ikan yang mengandung zat merkuri
Merkuri merupakan zat berbahaya yang ada pada kosmetik dan juga pada makanan. Zat ini sangat berbahaya sekali. Jika tidak jeli dalam memilih, ikan saat ini banyak yang diberikan merkuri. Alasannya sangat simpel yaitu untuk membuat tampilan ikan lebih menarik dan awet. Hati-hatilah dengan ikan yang memiliki warna kulit dan sisik lebih mengkilap. Ada juga kandungan merkuri yang sudah dikandung dalam tubuh ikan tanpa bantuan dari manusia. Berikut ini jenis ikan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi :

  • Ikan tengiri yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan siomay dan empek-empek mengandung merkuri. Sebaiknya dihindari bagi ibu hamil.
  • Ikan todak juga mengandung merkuri.
  • Ikan yang ditangkap di daerah limbah dan memiliki kadar polutan tinggi.
  • Lebih aman jika ibu hamil mengkonsumsi ikan dari kolamnya sendiri atau kolam tetangga yang ibu hamil tahu kondisi kolamnya sehat atau tidak.
2. Lalapan mentah
Makanan mentah memang baik karena kandungan gizinya tetap terjaga dan tidak rusak karena dimasak. Namun disamping kelebihannya ini, sayuran mentah mempunyai tingkat kerentanan bakteri yang cukup tinggi.
Jika tidak dicuci bersih, bakteri yang menempel pada makanan tidak akan hilang dan justru ikut masuk kedalam tubuh kita. Jika ibu hamilmengkonsumsi makanan mentah yang biasanya dijadikan lalapan, maka sangat besar kemungkinan makanan yang tercemar tersebut ikut mencemari janin.

3. Sushi
Sushi adalah makanan mentah ala jepang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar. Berikut ini bakteri berbahaya yang ada di dalam sushi :
  • Bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan juga kram perut.
  • Bakteri coliform.
  • Toksoplasmosis merupakan sejenis bakteri yang akan menyebabkan janin mengalami penyakit tokso. Tokso ini akan menyerang bagian kepala bayi.

Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari

4. Keju
Banyak ibu hamil yang menyangka kalau keju baik untuk kehamilan dikarenakan terbuat dari susu. Namun anggapan tersebut salah dikarenakan keju yang tidak dilakukan dipasteurisasi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Keju tersebut ditemukan pada keju lunak hasil impor dari luar negeri. Dipasteurisasi adalah proses dimana susu yang menjadi bahan utama keju tidak dipanaskan sampai dengan suhu 60°C. Untuk membunuh bakteri pada susu, dibutuhkan prose selama 30 menit. Beberapa jenis keju hasil impor yang tidak dilakukan proses dipasteurisasi :
  • Keju Brie
  • Keju Camembert
  • Keju Feta
  • Blue Cheese
  • Roquett
5. Daging Kambing
Ibu hamil dengan kondisi tertentu tidak boleh mengkonsumsi makanan ini dikarenakan bahaya kolesterol pada daging kambing bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Lihat berapa tensi yang dimiliki oleh ibu hamil, jika tensinya tinggi jangan mengkonsumsi daging kambing. Ibu hamil dengan tensi normal boleh mengkonsumsi daging kambing namun dalam batas wajar karena sifatnya sangat panas.

6. Seafood Mentah
Pecinta seafood pasti tidak tahu jika seafood mentah tidak baik bagi kehamilan. Seafood yang sifatnya mentah tidak boleh dikonsumsi, sedangkan seafood dalam kondisi matang boleh dikonsumsi asal jangan berlebihan. Alasan seafood mentah tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung bakteri seperti bakteri yang ada pada sushi.

7. Tape
Tape merupakan hasil fermentasi dari singkong. Pembuatan tape menggunakan ragi. Semua makanan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak bagus bagi ibu hamil dikarenakan mengandung bahaya alkohol saat hamil tinggi. Kita sama sama mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.
Baca: Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi
Demikian ulasan saya yang bertopik pantangan Ibu hamil muda dengan harapan artikel ini dapat bermanfaat dan bisa direalisasikan. Semoga kehamilan Anda tidak terganggu alias lancar samapi persalinan.. 

0 Response to "Buah Dan Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari"

Posting Komentar