Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi | dr. Herbs Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi | dr. Herbs

Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Pantangan makanan Ibu hamil - Salam sehat buat semua pembaca, terutama bagi Ibu yang sedang hamil, semoga apa yang berkaitan dengan kamu akan selalu dilancarkan ya...

Kita semua memaklumi bahwa, setiap daripada Ibu hamil pasti sering merasakan kegalauan yang lebih banyak daripada biasanya. Ini bahkan berimbas pada suami yang mencintai sang istri juga akan ikut merasa resah seperti yang penulis alami. *curhat*

Hal yang paling riskan tentunya dari faktor asupan baik makanan ataupun minuman. Apalagi orang tua kita dulu sering memberikan mitos-mitos yang ngeri padahal belum terbukti secara ilmiah.

Perlu diketahui bahwa memang ada sebagian dari mitos tersebut benar, tapi kebanyakan tidak lain orang tua kita hanya seolah berpesan "Kalian harus banyak hati-hati saat mengandung, terlebih dalam makanan, karena akan berpengaruh pada Anak. Makanlah makanan sehalal mungkin!"

Mungkin itu hanya analisa yang menurut penulis bisa dikatakan 'makna ilmiah'nya, semoga Anda setuju! He. Baik, tanpa panjang lebar lagi saya akan menguraikan beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan Ibu hamil dan perlu dihindari.

Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi 

Kalau Anda tahu, saya saat sedang menulis artikel ini sampai merinding dan hampir menangis karena ingat terhadap Ibu, saya terbayang betapa susahnya menjadi wanita, lebih-lebih ketika hamil. Semua seolah serba salah. :( Maka dari itu, pantas mereka orang bijak mengatakan bahwa "syurga ada di telapak kaki Ibu". Sangat sangat ilmiah...hmmm.

Belum lagi makanan serba gak boleh. Setelah melahirkan apakah bisa makan segala-gala? TIDAK. Nanti kita akan dihadapkan dengan pantangan Ibu menyusui. Masya Allaaahhh...Iiibuuuu...

Makanan, Minuman dan Buah Pantangan Ibu Hamil

Baiklah, daripada saya menangis, kita teruskan saja mengenai pantangan makanan Ibu hamil baik dari makanan, minuman serta buah-buahan. Berikut rinciannya:

A. Minuman

Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi
  • Minuman berkafein dan teh hitam
Kenapa kafein dilarang? Karena kafein mampu menembus plasenta, sehingga hal tersebut akan berdampak pada terganggunya detak jantung dan sistem pernapasan janin. Bahkan, beberapa penelitian juga menyebutkan, jika Anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan selama masa kehamilan, akan erat kaitannya dengan rendahnya berat badan bayi ketika lahir serta meningkatkan resiko keguguran dan bayi meninggal ketika lahir.

Selama masa kehamilan, Anda boleh saja mengkonsumsi kafein. Tetapi tidak boleh lebih dari 300mg/hari atau kira-kira sekitar 2-3 cangkir kopi. Meskipun jumlah tersebut bisa dikatakan aman, bukan berarti kafein yang Anda konsumsi tersebut tidak akan menimbulkan resiko apapun.
Berikut ini adalah informasi perbandingan kafein yang terkandung dalam berbagai jenis minuman.
Dalam 240ml kopi mengandung 150mg kafein, 350ml minuman bersoda mengandung sekitar 35-50mg kafein, serta 240ml teh hitam mengandung kafein sebanyak 40mg. Namun, ada juga teh yang aman untuk dikonsumsi ketika sedang hamil. Yaitu teh celup yang sudah diberi perisa tambahan, seperti sitrus, jahe dan juga pappermint (Namun, tidak boleh berlebihan juga). 

Yang harus Anda hindari yaitu: Minuman teh herbal yang sudah dicampur dengan daun raspberry atau rosemary, karena bisa menyebabkan terjadinya kontraksi. Namun sayang, tidak semua kemasan teh mencantumkan secara detail mengenai bahan-bahan herbal apa saja yang digunakan sebagai campurannya. Jadi behatilah-hatilah, meskipun pada label kemasan tersebut tertulis “diperuntukkan buat wanita hamil”, dan alangkah baiknya Anda konsultasikan dulu kepada dokter.
  • Beberapa produk susu
Produk yang terbuat dari susu mentah atau belum dipasteurisasi (Dipanaskan dengan suhu 60 derajat Celcius selama 30 menit guna untuk membunuh bakteri jahat). Karena, produk tersebut sangat berpeluang tercemari oleh berbagai macam jenis kuman dan bekteri jahat seperti, Salmonella, Listeria, E. Colli dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa berpotensi menjadi penyekit menular yang nantinya akan ditularkan pada janin.

Boleh saja, asalkan produk tersebut sudah melalui proses pasteurisasi. Jika belum, itu sama halnya dengan makanan yang ada pada kategori lampu merah di atas.

Semua jenis olahan susu mentah, seperti keju brie dan keju lunak, feta, cemembert, blue cheese, serta requefort (Kecuali jika dalam kemasannya terdapat label sudah dipasteurisasi).
  • Minuman beralkohol
Sebenarnya semua orang pasti sudah mengira minuman yang satu ini sebagai pantangan Ibu hamil, alias tidak perlu penjelasan. Namun demi kepuasan Anda, ya sedikit saja saya jelaskan. Ketika Ibu hamil meminum alkohol, darah membawa alkohol mengalir melewati plasenta, terus sampai ke bayi Anda.

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang membutuhkan waktu paling lama untuk berkembang dan akan terbentuk sempurna pada tahap-tahap akhir kehamilan. Karena itulah tubuh bayi tidak dapat memproses alkohol seperti tubuh orang dewasa. Ditambah jika terlalu banyak alkohol, efeknya akan memengaruhi perkembangan sel-sel tubuh bayi.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol pada tiga bulan terakhir masa kehamilan dapat berdampak kepada kesulitan dalam belajar dan gangguan ingatan anak pada nantinya. Hal ini dikarenakan pada tiga bulan terakhir adalah masa perkembangan otak bayi.

B. Buah-buahan

Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

1. Nanas
Rasa asam dari nanas mungkin membuat ibu hamil muda ingin merasakan cita rasa dari buah satu ini. Namun medis mengatakan bahwa makan nanas saat hamil tidak diperbolehkan, apalagi nanas muda. Berikut ini penyebab nanas tidak boleh dikonsumsi :

  • Nanas mengandung zat bernama bromelain. Zat ini membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak.
  • Nanas mengandung alkohol yang menyebabkan rasa panas di perut.
  • Nanas memiliki rasa gatal, jika ibu hamil mengkonsumsinya membuat perut ibu hamil terasa gatal-gatal.
2. Anggur
Siapa yang tidak suka anggur, rasanya yang manis dan segar membuat siapapun suka dengan buah ini. Namun bagi ibu hamil, buah ini menjadi pantangan. Alasannya adalah sebagai berikut :

  • Anggur memiliki kandungan gula yang banyak sehingga menyebabkan janin terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil.
  • Kandungan gula dalam anggur mudah menjadi fermentasi, fermentasi sangat tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung alkohol.
  • Akohol pada anggur akan menyebabkan suhu di dalam rahim meningkat secara tajam, akibatnya perut menjadi panas dan janin tidak bisa bertahan.
3. Durian
Dalam dunia medis, memang durian tidak dianjurkan untuk dimakan bagi ibu hamil. Durian banyak mengandung alkohol. Jika terlalu banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, akibatnya perut menjadi panas. Akibatnya janin akan mengalami keguguran.
4. Pepaya muda
Pepaya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena melancarkan pencernaan. Yang tidak boleh dikonsumsi adalah pepaya yang mentah dan juga pepaya setengah matang. Ibu hamil tidak boleh makan sayur pepaya. Penyebabnya adalah :

  • Getah pada pepaya muda membuat ibu hamil akan mengalami kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur.
  • Getah pepaya membuat rasa gatal pada ibu hamil dan juga janin.
  • Getah pepaya membuat plasenta menjadi lengket seperti sayur nangka.
5. Buah kepel
Buah kepel ini bentuk luarnya seperti sawo dan kiwi. Buah ini memiliki bau harum dan tekstur buah yang lembut. Rasanya juga manis. Bagi ibu yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi buah tersebut dikarenakan akan menyebabkan keputihan berlebih. Ibu hamil akan mengalami keputihan, oleh sebab itu jangan memperburuk kondisi dengan memakan buah kepel agar keputihannya tidak berlebihan.
  C. Makanan

Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

1. Sushi
Sushi ini bukanlah nama Ibu yang sedang hamil ya. Sushi adalah makanan mentah ala jepang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar. Berikut ini bakteri berbahaya yang ada di dalam sushi:
  • Bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan juga kram perut.
  • Bakteri coliform.
  • Toksoplasmosis merupakan sejenis bakteri yang akan menyebabkan janin mengalami penyakit tokso. Tokso ini akan menyerang bagian kepala bayi.
2. Ikan berbahaya
Merkuri merupakan zat berbahaya yang ada pada kosmetik dan juga pada makanan. Zat ini sangat berbahaya sekali. Jika tidak jeli dalam memilih, ikan saat ini banyak yang diberikan merkuri. Alasannya sangat simpel yaitu untuk membuat tampilan ikan lebih menarik dan awet. Hati-hatilah dengan ikan yang memiliki warna kulit dan sisik lebih mengkilap. Ada juga kandungan merkuri yang sudah dikandung dalam tubuh ikan tanpa bantuan dari manusia. Berikut ini jenis ikan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi :
  • Ikan tengiri yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan siomay dan empek-empek mengandung merkuri. Sebaiknya dihindari bagi ibu hamil.
  • Ikan todak juga mengandung merkuri.
  • Ikan yang ditangkap di daerah limbah dan memiliki kadar polutan tinggi.
  • Lebih aman jika ibu hamil mengkonsumsi ikan dari kolamnya sendiri atau kolam tetangga yang ibu hamil tahu kondisi kolamnya sehat atau tidak.
3. Tape
Pantangan makanan Ibu hamil selanjutnya adalah tape. Tape merupakan hasil fermentasi dari singkong. Pembuatan tape menggunakan ragi. Semua makanan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak bagus bagi ibu hamil dikarenakan mengandung bahaya alkohol saat hamil tinggi. Kita sama sama mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.

4. Makanan Dengan Rasa Pahit
Makanan pahit tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Makanan itu misalnya sayur daun pepaya, pare, daun katuk dan masih banyak lagi lainnya. Alasannya adalah :
  • Makanan pahit bersifat dingin, jika dingin menyebabkan janin bisa meninggal di dalam rahim.
  • Makanan pahit mengandung kina, kina adalah zat yang bermanfaat bagi penyakit malaria. 
Namun bagi ibu hamil kina sangat membahayakan karena bisa menyebabkan rahim menyusut sehingga rentan keguguran.
 
5. Seafood mentah
Pecinta seafood pasti tidak tahu jika seafood mentah tidak baik bagi kehamilan. Seafood yang sifatnya mentah tidak boleh dikonsumsi, sedangkan seafood dalam kondisi matang boleh dikonsumsi asal jangan berlebihan. Alasan seafood mentah tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung bakteri seperti bakteri yang ada pada sushi. Kerang juga merupakan seafood yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Berbeda halnya dengan sushi dan seafood mentah, kerang mentah bisa menyebabkan ibu hamil keracunan. Hal itu diakibatkan seperti kerang mentah mengandung virus berbahaya.

6. Daging Kambing
Ibu hamil dengan kondisi tertentu tidak boleh mengkonsumsi makanan ini dikarenakan bahaya kolesterol pada daging kambing bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Lihat berapa tensi yang dimiliki oleh ibu hamil, jika tensinya tinggi jangan mengkonsumsi daging kambing. Ibu hamil dengan tensi normal boleh mengkonsumsi daging kambing namun dalam batas wajar karena sifatnya sangat panas.

7. Pemanis buatan dari makanan

Pemanis buatan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, baik yang terkandung pada makanan, minuman maupun camilan. Pemanis buatan akan menimbulkan hal-hal berikut ini pada janin:
  • Sistem saraf terganggu sehingga bayi jika dilahirkan akan mengalami gangguan berfikir.
  • Jantung dan paru-paru bayi tidak berkembang secara sempurna.
  • Infeksi dan kanker saluran kemih pada bayi
Namun jika jumlahnya masih dalam batas wajar, pemanis buatan seperti aspartam, splenda dan sakarin masih boleh dikonsumsi.
Baca ya: Makanan Pantangan Diabetes Kencing Manis Yang Harus Dihindari
Pada dasarnya masih ada beberapa pantangan dari makanan yang harus dihindari, seperti kacang tanah, kafein, makanan tinggi gula, makanan memakai pewarna buatan, sayur nangka muda dan beberepa pantangan makanan Ibu hamil lain yang sejenisnya. 

0 Response to "Buah Dan Minuman Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi"

Posting Komentar