Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya | dr. Herbs Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya | dr. Herbs

Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya

Anak mimisan secara tiba-tiba tanpa adanya satu penyebab atau alasan yang jelas? Anda tidak usah terlalu khawatir, karena belum tentu hal ini merupakan gejala bahwa si kecil terserang penyakit berbahaya. Karena dokter juga mengungkapkan bahwa penyebab yang paling umum ketika si kecil sering mimisan secara tiba-tiba merupakan satu kondisi dimana pembuluh darah si kecil yang belum kuat.

Mimisan dalam bahasa medis disebut epistaksis yang mempunyai pengertian sebagai perdarahan lewat hidung. Mimisan lebih sering terjadi pada anak walaupun pada orang dewasa kadang juga di temukan ada yang mengalami mimisan.

Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya

Secara keseluruhan, anak memang sangat rentan terhadap mimisan yang terjadi secara tiba-tiba, karena pada kenyataannya pembuluh darah yang dimiliki oleh si kecil masih rapuh. Dan hal ini yang menyebabkan darah akan mudah pecah sehingga darah yang pecah tersebut akan keluar melalui lubang hidung si kecil secara tiba-tiba, hal ini akan terjadi ketika si kecil mengalami kelelahan atau bahkan memiliki alergi.

Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba?

Jawabannya terdapat pada salah satu uraian dibawah ini:

Sakit Flu
Flu berat bisa membuat seorang anak sering memaksanya untuk mengeluarkan ingus pada hidung sampai bercampur darah. Disaat flu menyerang dan alangkah baiknya membuang ingus jangan keras. Hal ini buat mengatasi terjadinya mimisan.

Musim Panas
Disaat cuaca panas, maka kelembaban jadi kurang dan akhirnya bagian hidung mengering. Bagian hidung yang mengering bisa jadi pemicu terjadinya mimisan, hal ini dikarenakan akan jadi iritasi pada bagian hidung itu dan akhirnya mengeluarkan darah di hidung.

Alergi
Salah satunya faktor penyebab mimisan pada anak yang dialami seseorang karna bentuk reaksi alergi pada sesuatu hingga bisa menyebabkan pembuluh kapiler jadi terbuka dan akhirnya bisa mengeluarkan darah di lubang hidung.

Trauma
Penyebab anak mimisan bisa juga terjadi dikarenakan trauma ringan, antaranya : mengorek hidung, benturan ringan, bersin, dan juga mengeluarkan ingus terlalu keras, ataupun akibat trauma yang lebih hebat antaranya : terkena pukulan, terjatuh, atau kecelakaan. Selain itu bisa juga terjadi akibatnya terdapat adanya benda asing tajam ataupun trauma dikarenakan pembedahan.

Tekanan Darah Tinggi
Penderita tekanan darah tinggi bisa jadi memicu terjadinya mimisan pada anak dan orang dewasa. Yang amat sering terjadi pada wanita ataupun ibu-ibu yang sedang hamil. Hal ini alangkah baiknya berkonsultasi ke dokter buat penanganan yang lebih lanjut hingga tak mengganggu kehamilan ataupun membuat cemas.

Tumor
Penyebab anak mimisan salah satunya bisa juga disebabkan karna tumor. Hal ini bisa terjadi apabila seseorang itu menderita tumor dirongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor angiofibroma, Biasa ditemukan pada anak - anak, umur muda ataupun dewasa. Tumor angiofibroma sering bisa terlihat sebagai benjolan yang mempunyai sebesar biji buah nangka dan berwarna merah keputihan pada hidungnya.

Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya

Cara Mengobati Anak Mimisan

Jika sobat atau adik sobat mengalami mimisan, ada beberapa tips yang bisa sobat gunakan untuk mengurangi atau menghentikan mimisan tersebut. Beberapa tips tersebut antara lain:

Tetap tenang
Anak kecil akan mencontoh segala perilaku orangtuanya. Jangan panik karena mereka bisa merasakan kewalahan Anda dan justru akan makin rewel. Bersihkan bekas darah kering di sekitar hidungnya.

Bersihkan
Gunakan tisu atau kain lap bersih yang lembut untuk membersihkan dengan mencubit perlahan kedua cuping hidungnya. Berikan tekanan ringan dan konstan selama 10 menit. Tahan godaan untuk bolak-balik mengintip kain untuk memeriksa apakah perdarahan telah berhenti.

Pecet cuping hidung
Dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk pencet cuping hidung anak sambil di pijat dengan lembut, jangan terlalu keras saat menekan. Tahan sekitar 3 sampai 5 menit. Hindari menidurkan atau menundukkan kepala karena akan membuat aliran darah semakin deras. Hindari pula menengadahkan kepala karena darah akan kembali, dan kemungkinan darah akan masuk ke sinus dan akan membahayakan.

Menggunakan daun sirih
Ambil daun sirih yang telah di cuci bersih. Gulung dan sumpalkan kehidung anak, tunggu selama 15 sampai 20 menit.

Penggunaan es batu
Bungkus es batu yang telah di balut dengan handuk. Kompres pada daerah hidung dan sekitar hidung. kompres juga daerah antara kening dan hidung. lakukan sampai perdarahan terhenti.

Alihkan perhaian
Selama Anda menahan hidung si kecil, Anda bisa alihkan perhatiannya dengan mengajaknya membaca buku atau menonton TV bersama-sama. Setelah 10 menit, lepaskan tekanan dan periksa apakah perdarahan sudah berhenti. Jika belum ulangi kembali langkah di atas. Jika bayi Anda rewel ketika Anda menekan hidungnya, Anda bisa coba untuk menahan salah satu sisinya saja, jika perdarahan hanya terjadi di satu lubang hidung.
 Baca juga: Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya
Saya rasa, dengan metode mudah diatas, mimisan pada anak Anda akan segera berheni dan sembuh. Semoga tulisan mengenai anak mimisan ini berguna kepada masalah keluarga Anda. Terimakasih.

0 Response to "Kenapa Anak Mimisan Tiba Tiba Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar