Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya | dr. Herbs Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya | dr. Herbs

Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya

Sebab Mimisan - Meskipun mimisan berhubungan erat dengan darah, penderita atau keluarganya tidak usah panik, karena meski begitu gejala penyakit ini lebih dominan ke penyakit ringan. Tapi hal ini bukan berarti tidak terdapat penyebab dari penyakit yang berat atau bahkan mematikan, ada juga penyebab lain yang tergolong berbahaya seperti tumor hidung, hipertensi dan lain-lain.

Mengalami mimisan merupakan hal yang wajar sebab hidung merupakan salah satu organ yang memiliki banyak pembuluh darah dan kapan saja bisa pecah jika terjadi guncangan. Salah satu hal yang diduga penyebab mimisan adalah trauma dan kelainan pada hidung. Dalam hal ini berkaitan dengan kelainan kardiovaskuler atau infeksi sistemik. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut rinciannya:

Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya

Jenis dan Sebab-sebab Mimisan

Dinding dalam hidung kita penuh dengan pembuluh darah halus yang terletak mendekati lapisan kulit sehingga mudah rusak. Berdasarkan lokasi pendarahan yang terjadi, mimisan terbagi dalam dua jenis, yaitu anterior atau bagian depan dan posterior atau bagian belakang.

Hampir 90 persen mimisan merupakan jenis anterior yang termasuk mudah ditangani. Pada jenis mimisan ini, pendarahan terjadi dari bagian depan hidung. Mimisan ini juga umumnya dialami oleh anak-anak.

Sedangkan pada mimisan jenis posterior, pendarahan berasal dari pembuluh darah yang terletak di bagian belakang hidung (di antara langit-langit mulut dan rongga hidung). Mimisan jenis ini jarang terjadi dan kondisinya cenderung lebih serius dengan volume pendarahan yang lebih banyak. Kelompok orang yang sering mengalaminya adalah orang-orang dewasa dan lansia.

Mimisan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Faktor pemicunya dapat berupa penggunaan obat-obatan, keturunan, hingga penyakit. Beberapa di antaranya adalah:

1. Meniup hidung terlalu keras

Mungkin Anda seringkali membuang ingus dengan cara menghembuskan hidung terlalu keras. Ini bisa mengiritasi saluran darah dalam hidung kelalui kekuatan mencabut lendir dengan paksa. Akhirnya, beberapa pembuluh darah Anda yang kecil akan terekspos dan akhirnya Anda mengalami mimisan. Anda mungkin juga memiliki gumpalan darah di dalam hidung. Sehingga, sesekali jika gumpalan itu teriritasi maka bisa menyebabkan pendarahan sekali lagi.

2. Kedinginan dan flu

Meniup hidung terlalu keras memang bisa menyebabkan mimisan. Itu biasanya Anda lakukan jika hidung Anda meler akibat kedinginan atau flu. Anda kemudian meniup hidung setiap menit. Cobalah meniup hidung dengan cara lembut. Jika Anda memiliki kotak tisu, maka Anda lebih baik menggunakannya ketimbang meniup hidung terlalu keras.

3. Dekongestan nasal

Bila Anda dalam kondisi kedinginan berlebihan, maka Anda bisa menggunakan dekongestan nasal pada hidung untuk membersihkan hidung Anda. Namun, dekongestan nasal cenderung mengeringkan hidung, sehingga dapat menyebabkan mimisan.

4. Sinusitis

Jika Anda memiliki kasus sinusitis, Anda juga bisa mendapatkan mimisan. Namun, sebagian besar kasus mimisan dari sinusitis sebenarnya terkait dengan penggunaan dekongestan nasal.

5. Mengupil

Kotoran memang seringkali ada di dalam hidung. Itu kemudian membuat Anda ingin mengeluarkannya dengan cara mengupil. Namun, jika Anda mengupil terlalu sering, terutama jika Anda memiliki kuku panjang dan tajam, Anda dapat menggores atau merobek bagian dalam hidung. Ini kemudian menyebabkan pendarahan.

6. Cuaca ekstrem

Kondisi dimana cuaca terlampau panas atau terlampau dingin bisa mengeringkan hidung sehingga membuat Anda mimisan. Kondisi ekstrem tersebut bisa juga disebabkan karena pemanasan ruangan dan AC.

7. Alergi

Jika Anda memiliki alergi, ini juga mungkin menyebabkan hidung Anda gatal. Pada akhirnya, aAnda ingin menggaruk hidung. Penggunaan dekongestan nasal pada saat hidung gatal juga bisa menyebabkan Anda mimisan. Mimisannya biasanya terjadi di pagi hari dan malam hari.

8. Aktivitas di tempat tinggi

Duduk sedikit menelungkup tak selalu menyebabkan mimisan. Namun, kelembaban udara atau kekeringan, disertai aktivitas yang Anda lakukan di sebuah ketinggian dapat menyebabkan hidung berdarah.

9. Hidung bengkok

Mimisan merupakan gejala umum dari septum hidung yang menyimpang. Ini terjadi ketika partisi antara saluran hidung menjadi bengkok dan keluar dari posisinya. Sebuah penyimpangan septum dapat menghambat saluran hidung, dan memungkinkan benda asing mudah masuk ke dalam hidung. Ini bisa menyebabkan cedera atau infeksi yang akhirnya menyebabkan mimisan berlebihan. Jika Anda terlahir dengan hidung bengkok atau hidung rusak, Anda akan lebih rentan terhadap mimisan.

10. Penyakit jantung

Jika Anda memiliki penyakit jantung, maka darah Anda tidak dapat menggumpal dengan mudah. Ini akhirnya bisa mengakibatkan mimisan.

11. Konsumsi alkohol dan obat-obatan

Menggunakan obat-obatan, terutama obat yang cenderung mendengus, seperti kokain, dapat menjadi sebab mimisan. Minum alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan mimisan karena alkohol menghentikan pembekuan darah dan melebarkan pembuluh darah.

12. Pengobatan khusus

Anda yang gemar mengonsumsi obat-obat khusus untuk pengencer darah, seperti warfarin dan heparin, atau yang gemar menghisap obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen, dapat menyebabkan mimisan posterior. Bahkan, Anda juga bisa mengalami mimisan anterior.

13. Hipertensi

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Ini bisa menyebabkan mimisan meskipun alasan yang menjadi penyebabnya secara detail masih belum ditemukan.

14. Gangguan darah

Mimisan merupakan gejala dari penyakit tertentu, seperti leukemia dan hemofilia, yang memengaruhi kemampuan darah untuk membeku. Mimisan posterior juga bisa jadi tanda Anda terserang penyakit von Willebrand, yang menyebabkan perdarahan dan memar.

15. Hardened arteri

Ketika lemak dan kolesterol menumpuk di arteri Anda, hal ini dapat menyebabkan mereka mengeras. Pengerasan arteri bisa menyebabkan hidung mimisan.

16. Tumor A

Tumor di rongga hidung, baik jinak atau ganas, dapat menyebabkan mimisan.

17. Benturan pada kepala

Jika Anda jatuh, ada benda keras mendarat di kepala Anda, ada yang memukul kepala Anda, atau jika Anda menerima trauma kepala, ini dapat menyebabkan mimisan.

18. Operasi hidung

Efek samping yang umum dari operasi hidung adalah mimisan dan dapat berkisar dari mimisan ringan sampai parah.

19. Kekurangan kalsium

Jika Anda telah mengalami banyak mimisan belakangan ini, mungkin itu merupakan indikasi bahwa Anda memiliki masalah kekurangan kalsium. Periksa dengan dokter Anda dan konsumsi beberapa suplemen jika Anda pikir ini mungkin menjadi penyebab mimisan Anda.

20. Iritasi kimia

Bahan kimia dalam asap rokok, amonia, asam sulfat, bensin dan lain-lain bisa menyebabkan iritasi hidung, sehingga Anda menjadi mimisan.

Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya

Cara Mencegah Mimisan

Setelah Anda mengetahui beberapa sebab secara lengkap diatas, tugas utama dari Anda adalah meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan agar tidak terjadi bagi keluarga Anda atau mimisan tidak kambuh kembali. Berikut ulasannya:
  • Gunakan AC dengan bijak dan aman. Jangan menyetel AC terlalu dingin dan lama. Selain boros energi, udara di ruangan akan menjadi sangat dingin dan kering. Untuk Indonesia, suhu 23-260C relatif cukup.
  • Hindari anak dari paparan asap rokok. Selain dapat mengiritasi saluran pernapasan, rokok juga bisa mengeringkan saluran hidung. Ini jelas akan membuat anak mudah mengalami mimisan.
  • Saat gatal, pilek, atau membersihkan kotoran hidung, ajari anak untuk menggunakan tisu maupun saputangan. Hindari kebiasaan mengorek-ngorek hidung atau mengembuskan udara lewat hidung terlalu keras.
  • Usahakan banyak makan sayur dan buah guna memperkuat selaput lendir hidung.
  • Jauhkan anak dari benda-benda pencetus alergi di rumah. Barang-barang berbahaya juga sebaiknya disingkirkan agar tidak sampai mencederai anak.
Baca juga: Apa Penyebab Hidung Berdarah Saat Pilek Pada Anak-Anak Dan Orang Dewasa
Untuk artikel mengenai beberapa sebab mimisan ini sebaiknya Anda share ke teman atau kerabat terdekat agar lebih bermanfaat bagi orang lain, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi manfaat. Salam sehat!

0 Response to "Sebab Mimisan Terus Menerus Dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar