Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak | dr. Herbs Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak | dr. Herbs

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak

Cara Mengobati Mimisan - Kekhawatiran pada orang tua biasanya akan terjadi ketika sesuatu terjadi kepada anaknya. Kita akan dirundungi keseresahan yang sangat hebat saat anak sakit, lebih-lebih jika tanda yang ditimbulkan berhubungan langsung dengan darah seperti mimisan ini. Maka dari iu, kita wajib mengenal jenis penyakit apa yang diderita anak dan bagaimana antisifasi yang tepat sebagai pertolongan pertama?

Mungkin hanya orang tua yang bodoh jika sama sekali enggan mengurusi anaknya ketika sakit, sudah sewajibnya kita menjaga dan melindungi mereka dari panca bahaya yang tidak bisa diperkirakan. Dengan alasan demikianlah saya membuat artikel ini agar bisa membantu para orang tua atau siapa saja yang membuhkan ilmunya.

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak

Penyebab Mimisan Pada Anak

Anak-anak lebih sering mengalami mimisan daripada orang dewasa. Penyebab mimisan pada anak biasanya karena daya tahan tubuh mereka lebih lemah daripada orang dewasa. Berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab mimisan pada anak :
  • Faktor Organik
Ditandai kelainan organ bawaan sejak usia dini. Bisa berupa kelemahan pada organ hidungnya atau pembuluh darah hidung. Contohnya, pembuluh darah hidung yang terlalu lebar, terlalu tipis atau rapuh. Dengan begitu, ketika aktivitas anak berlebihan, terkena iritas atau mengalami stres sangat mudah mengalami mimisan
  • Faktor Gangguan Medik
Penyebab mimisan  pada anak bisa dipicu karena adanya gangguan pembekuan darah. Sel darah merah atau trombosit akan segera bereaksi menutup luka ketika tubuh mengalami luka. Setelah luka berhasil ditutup maka trombosit secara otomatis terlibat dalam pembekuan darah. Mimisan karena faktor penyebab mimisan medik ini, disebabkan pembuluh darah dan trombosit gagal berfungsi menutup luka. Berarti, gagal dalam pemeliharaan pembuluh darah.
  • Cuaca panas
Ketika cuaca sedang panas maka hidung akan kering dan kelembaban hilang, hal ini memicu terjadinya iritasi pada hidung dan akhirnya bisa mimisan.
  • Trauma
Mimisan bisa disebabkan karena trauma ringan, contohnya bersin atau mengeluarkan ingus terlalu keras, benturan ringan, mengorek hidung, dan sebagainya. Atau karena trauma hebat seperti kecelakaan, jatuh, atau kena pukulan. Selain alasan tersebut bisa juga dikarenakan trauma setelah pembedahan atau hidung yang kemasukan benda asing.
  • Alergi
Seseorang bisa memiliki alergi terhadap sesuatu yang menyebabkan pembuluh kapiler terbuka dan akhirnya mengeluarkan darah dari hidung.

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak

Kebahagiaan orang ua tidak akan sempurna jika keluarga kita terutama anak mengalami sediki masalah kesehaan, Maka dari itu, sangat penting sekali lagi mengeahui obat apa yang paling cocok dan aman untuk dikonsumsi oleh anak. Berikut rincian cara mengobati mimisan yang bisa Anda gunakan:
  • Menggunakan Es Batu
Hanya dengan menggunakan es batu maka mimisan akan segera mereda dimana darah yang keluar dari hidung terus-menerus. Tentu saja tidak disertai gejala lain saat mimisan terjadi pada anak. Cara penanganannya adalah dengan membungkus dengan lap atau kain, barulah anda menempelkan di antara kening dan kening pada anak. Dengan demikian, es batu akan membantu dalam mengecilkan pembuluh darah dan darah tersebut dapat berhenti sendiri.
  • Menggunakan Daun Sirih
Duan sirih memang sanag terkenal khasiatnya di dunia kesehatan atau pun pengobatan alternatif. Maka tidak mengherankan jika daun sirih akan membantu anak anda dalam menagtasi masalah mimisan yang terjadi. Tenangkan diri anda dan carilah daun sirih, kemudian dicuci bersih dan gulungkan seukuran pada lubang hidung anak anda. Selanjutnya disumpalkan pada bagian lubang hidung tadi. Abaikan selama 15-20 menit.
  • Menggunakan Rambut Jagung
Siapa sangka rabut jagung ternyata dapat bermanfaat baik dalam mengatasi mimisan pada anak-anak. Menyiapkan rambut daun jagung sebanyak 50 gram. Setidaknya anda mencari rambut jagung yang kualitasnya bagus. Cuci bersih dari rambut jagung yang telah diambil tadi. Merebus setelahnya ke dalam air mendidih. Gunakan air rebusan tersebut dan minumlah dua kali dalam sehari.
  • Posisikan dengan Badan Tegak
Pada pertolongan pertama anda bisa membuat posisi duduk pad anak dengan kepala agak sedikit maju. Setelah itu, gunakan jempol dan telunjuk untuk menutup lubang hidung dengan tekbik pemijatan secara perlahan-lahan selama 2 hingga 5 menit. Sangat disarankan untuk bernafas dengan melalui mulut agar lebih efektif.
  • Hindari Menundukan Kepala
Sebenarnya cara yang terkhir ini adalah pertolongan pertama dalam mengatasi persoalan mimisan yang sedang terjadi pada anak. Sebaiknya jangan membaringkan bahkan menundukan kepala anak atau bayi saat mengalami mimisa. Pasalnya hal tersebut akan semakin parah. Bukan hanya itu, anda juga harus menghindari mengangkat kepala menengadah atau ke atas.
Baca juga: Penyebab Mimisan Pada Anak Balita 1 Tahun , 2 Tahun , 3 Tahun , 4 Tahun
Demikan artikel mengenai cara mengobati mimisan yang dapat saya rekomendasikan, semoga dapat sedikit membantu bagi siapa saja yang membutuhkan. Salam sehat semoga sembuh!

0 Response to "Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak"

Posting Komentar