Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat | dr. Herbs Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat | dr. Herbs

Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat

Cara Menghentikan Mimisan - Kepanikan jelas akan menghantui semua orang terdekat ketika melihat seorang anak mengeluarkan darah, khususnya pada hidung. Kita telah mengenal yang demikian itu adalah gejala epistaksis atau disebut juga mimisan, dimana selaput lendir pada hidung pecah dan mengalirkan darah.

Jika terjadi nya mimisan, maka tidak akan terasa sakit apapun hanya tetesan-tetesan darah yang akan dikeluarkan dari dalam hidung. Hidung yang berdarah bisa di sebabkan oleh ada nya iritasi pada hidung, iritasi pada hidung bisa terjadi jika ada banyak debu atau pun ada nya bakteri yang masuk ke hidung.

Mimisan pada umumnya terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Tetapi, pendarahan yang tak dapat dihentikan memerlukan penanganan medis yang serius. Ketika Anda mengalami mimisan, lakukan pertolongan pertama untuk menghentikan aliran darah dari hidung dan kenali juga penyebabnya agar bisa dengan mudah menghindari kembali.

Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat

Penyebab Mimisan

  • Penyebab mimisan pada anak yang pertama yaitu adanya infeksi pada hidung. Salah satu infeksi yang mungkin terjadi pada anak yaitu vestibulitas atau peradangan pada akar rambut dibagian hidung. Hal ini yang menyebabkan darah secara tiba-tiba keluar dari hidung anak atau yang disebut dengan mimisan. Selain infeksi tersebut, mimisan juga bisa disebabkan oleh infeksi sinusitis pada bagian rongga hidung.
  • Perubahan cuaca dapat menyebabkan mimisan. Prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca dingin atau hujan menyebabkan hidung anak mengalami flu serta pembuluh darah di hidung melebar dan tipis. Ketika anak menyeka hidungnya, pembuluh darah ini mudah sekali pecah.
  • Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang yang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini bisa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan.
  • Pada keadaan infeksi sistemik seperti demam berdarah anak juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain.

Komplikasi Mimisan

Komplikasi Mimisan yang sering terjadi pada penderita dengan mimisan adalah syok dan penyakit anemia. Kedua komplikasi ini terjadi akibat perdarahan yang banyak yang tidak tertanggulangi atau terlambat mendapatkan penanganan. Komplikasi yang lain adalah turunnya tekanan darah akibat dari kehilangan darah yang banyak.

Namun tidak perlu khawatir, menurut para ahli 90 persen mimisan akan berhenti sendiri dengan segera, sedangkan yang 10 persen memerlukan tindakan khusus. Asal tidak terlambat mendapatkan penanganan maka komplikasi yang berat tidak terjadi.

    Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat

    Sangat penting bagi kita untuk mengetahui tips jitu cara menghentikan mimisan yang paling tepat dan aman. Berikut tutorialnya:
    • Tenangkan anak, wajar bila anak kaget dan menangis ketika mengetahui ada darah keluar dari hidungnya. bunda perlu menenangkan si kecil dan beri tahu jika kejadian ini bukan masalah berat. yakinkan anak bahwa apa yg dialaminya dapat diatasi. membujuk dan menenangkan anak penting, karena bisa jadi perdarahan akan lebih lama dan lebih banyak
    • Posisikan kepala menghadap ke bawah, minta anak untuk duduk dengan posisi kepala menghadap ke bawah. mengangkat kepala pada saat mimisan justru keliru. tindakan ini dapat menyebabkan darah menuju ke kerongkongan (saluran napas) dan mengakibatkan tersedak/muntah.
    • Mengobati mimisan dengan dauh sirih, silahkan gunakan daun sirih yang masih muda, lalu bersihkan dengan air, lalu remas daun sirih tersebut [hanya untuk melemaskan dan jangan sampai hancur], kemudian gulung daun sirih tersebut seperti corong, kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan. Posisikan wajah anak anda untuk tetap menengadah beberapa saat. Dipercaya daun sirih ini mujarab untuk mengecilkan pembuluh darah [vasokonstriksi] sehingga dapat membantu menghentikan pendarahan.
    • Menghentikan mimisan dengan cara sederhana yaitu, dengan memencet kedua lubang hidung [cuping] dengan ibu jari dan telunjuk [jangan terlalu keras], kemudian suruh anak anda untuk menahan nafas kira-kira 3 sampai dengan 5 menit, kemudian buang nafas perlahan-lahan melalui mulut. Jika masih berdarah, lakukan berulang-ulang dengan jeda waktu sampai pendarahan berhenti.
    • Menghentikan mimisan dengan cara mengompres, Kompres hidung anak anda dengan menggunakan handuk setelah dibasahi dengan es, hal ini bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah, sehingga membantu pendarahan cepat berhenti.
    • Jika pada tenggang waktu kurang lebih 10 menit pendarahan [mimisan] belum ada tanda-tanda berhenti [masih berlangsung] dengan disertai suhu panas yang tinggi pada tubuh, sebaiknya segera di bawa kedokter untuk mendapatkan diagnosa apakah terindikasi adanya penyakit yang lebih serius, untuk segera ditangani dan mendapatkan pengobatan.
    • Usahakan selama perjalanan menuju ke dokter posisikan anak tetap pada posisi duduk tersandar dengan hidung tetap disumbat menggunakan sapu tangan atau handuk bersih, untuk menyumbat pendarahan sementara.

    Cara Mencegah Mimisan

    Setelah mengetahui penyebab dan cara menghentikan mimisan pada anak, maka langkah selanjutnya yang tak kalah penting yaitu bagaimana cara mencegah agar mimisan tak kembali terjadi:
    • Jaga kuku anak agar selalu pendek untuk mencegah cedera pada hidung. 
    • Jaga bagian dalam hidung selalu lembab dengan saline nasal spray. 
    • Melembabkan ruangan atau kamar tidur dengan vaporizer (atau humidifier) jika udara di rumah kering. 
    • Pastikan anak-anak memakai alat pelindung hidung ketika mengikuti olahraga yang berpotensi menyebabkan cedera hidung. 
    • Sebaiknya hindari bermain di luar pada saat udara kering dan panas. 
    Bahkan ketika langkah pencegahan sudah dilakukan, mungkin mimisan pada anak Anda masih bisa terjadi sesekali. Walau demikian, cobalah untuk tidak panik, karena mimisan pada anak biasanya tidak berbahaya dan hampir selalu mudah berhenti.
    Baca juga: Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Pada Anak 
    Inilah artikel mengenai cara menghentikan mimisan pada anak yang bisa saya sampaikan, semoga memuaskan dan pendarahan mimisan anak Anda segera terhenti.

    0 Response to "Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat"

    Posting Komentar