Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya | dr. Herbs Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya | dr. Herbs

Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Anak Mimisan - Hidung berdarah yang kita kenal dengan mimisan sebenarnya hal yang tidak perlu dikhawatirkan, namun kita tahu yang membuat resah orang sekelilingnya itu adalah keluarnya darah yang dominan terhadap perasaan iba dan takut. Perlu Anda ketahui bahwa mimisan pada anak adalah hal yang boleh dibilang biasa, alasannya karena tubuh mereka belum sepenuhnya siap menghadapi caru-marutnya atmosfir dunia ini.

Kita pasti ingat dulu waktu kecil pun tidak sedikit dari teman yang mengalaminya. Memang tidak semua mengalami seperi penulis juga belum pernah mengalaminya, tapi masalah kesehaan berupa keluarnya darah pada hidung ini bisa mereda dengan sendirinya jika dengan keadaan sudah tenang. Terlepas dari iu semua, kita mesti tahu penyebab dan asal-muasalnya dan bagaimana langkah mudah mengatasi mimisan ini.

Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Anak Mimisan

Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan karena demam berdarah sangat berbahaya karena itu pertanda stadium berat. Jika mimisan karena infeksi di daerah hidung misalnya sinusitis dsb, tidak terlalu berbahaya dan penata laksanaannya dengan mengobati infeksinya. Terdapat bebeapa penyebab anak Anda mimisan, Mungkin salah sau pemicu dibawah ini yang membuatnya:

Penyakit kardiovaskular

Jenis penyakit kardiovaskular yang biasanya sering menjadi penyebab mimisan adalah hipertensi tekanan darah tinggi dan juga masalah pada kelainan pembuluh darah seperti yang terjadi pada penyakit arteriosklerosis, nefritis kronik, sirosis hepatis atau penyakit diabetes melitus yang mengakibatkan terjadinya mimisan. Epitaksis atau mimisan yang biasanya terjadi pada penyakit darah tinggi atau penyakit hipertensi biasanya seringkali terjadi dengan hebat dan bisa mengakibatkan suatu hal yang sangat fatal.

Kelainan darah

Kelainan darah yang terjadi akibat mimisan adalah penyakit leukemia, trombositopenia, dan juga macam-macam jenis penyakit anemia dan salah satunya adalah penyakit hemofilia.

Kelainan kongenital

Kelainan kongenital yang menjadi penyebab dari mimisan adalah teleangiektasis hemoragik herediter.

Infeksi sistemik

Penykit sistemik yang bisa menyebabkan penyakit mimisan adalah demam beradaqrah, demam tifoid, influenza dan juga morbili yang bisa disertai dengan mimisan.

Iklim panas

Ketika cuaca di sekitar panas bisa mngakibatkat kelembabanpun hidung berkurang dan menimbulkan setrum mengering yang menyebabkan iritasitasi sehingga keluar darah dari hidung.

Tumor

Mimisan juga bisa juga terjadi pada menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna meraMengatasi Mimisan

Saat Demam Berdarah

Dalam keadaan infeksi sistemik misalnya demam bedarah anak juga bisa menimbulkan atau mengalami mimisan, jika penderiata demam berdarah sempat mimisan ini merupakan pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif dan seserius munkin.
Demam berdarah kerap kali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan diakibatkan penyebab lainnya. Dari penyebab diatas bisa disimpulkan bahawa bahaya dan tidaknya mimisan pada anak atau orang dewasa adalah dilihat dari penyebab mimisan itu sendiri.

Trauma

Salah satu penyebab mimisan anak adalah akibat dari adanya suatu trauma yang ringan misalnya adalah akibat mengorek hidung, benturan yang terjadi dengan ringan, bersin, dan juga mengeluarkan ingus dengan cara yang terlalu keras atau juga akibat dari trauma yang terjadi dengan sangat hebat misalnya adalah akibat kena pukul, jatuh akibat kecelakaan lalu lintas. Dan selain itu juga bisa disebabkan karena adanya serangan benda asing tajam atau juga akibat trauma pembedahan. Mimisan biasanya sering kali terjadi karena terdapat spina septum yang sangat tajam. Pendarahan yang terjadi pada daerah spina iti sendiri adalah pada mukosa konka.

Kelainan pada pembuluh darah lokal

Penyebab mimisan pada orang dewasa bisa terjadi akibat adanya suatu kelainan pada pembuluh darah dan seringkali terjadi akibat adanya suatu kelainan kongenital atau juga akibat kelainan bawaan dimana pembuluh darah yang lebih besar, lebih tipis, dan jaringan ikat serta sel-selnya yang lebih sedikit jumlahnya.

Infeksi lokal

Penyebab mimisan bisa terjadi di dalam hidung yang mengalami infeksi dan sinus paranasal misalnya adalah seperti rinitis atau penyakit sinusitis. Atau bisa juga terjadi suatu infeksi yang lebih spesifik misalnya adalah seperti rinitis jamur, tuberkulosis, lupus, sifilis atau juga akibat penyakit lepra.

Penyebab-penyebab diatas bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi ini saya informasikan agar pembaca lebih berhati-hati dan lebih tepatnya memeriksakan diri ke dokter spesialis THT dan semacamnya. Tujuan utamanya tentu kita harus mencegah keberlanjutan mimisan yang Anda atau keluarga alami.

Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Mimisan pada Anak

Tubuh anak-anak terutama di usia balita masih sangat rentan terkena infeksi terutama pada saluran pernafasan. Virus influenza sering menyerang kelenjar pada hidung anak-anak sehingga terjadi peradangan. Peradangan pada kelenjar hidung akan mengakibatkan keluarnya lendir yang berlebihan yang akan menekan pembuluh darah pada lapisan mukosa yang sangat mungkin menimbulkan pendarahan.

Bagaimana cara mengatasi mimisan pada anak-anak? jika anak anda mengalami mimisan, jangan cemas. Lakukan hal-hal berikut ini sebagai langkah pertolongan pertama sebelum berkonsultasi ke petugas medis.
  • Dudukkan anak, agar hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan tidur telentang sebab aliran darah ke hidung bertambah deras dan darah dapat tertelan ke belakang.
  • Bungkukkan badannya ke depan sedikit, lalu beri instruksi agar bernafas dari mulut.
  • Tekan cuping hidung selama kurang lebih lima menit.
  • Pada hidung anak bisa diberikan kompres dingin untuk memperlambat aliran darah ke hidung.
  • Bila setelah lima menit mimisan belum berhenti, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit.
  • Jika masih tetap berdarah, bawalah anak ke rumah sakit terdekat.
  • Jangan lupa, akan lebih baik setelah melakukan pertolongan pertama, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter.
Baca juga: Cara Menghentikan Mimisan Pada Anak Dengan Cepat
Setelah Anda mengetahui segala tentang penyebab dan cara mengatasi mimisan anak ini, saya harapkan Anak Anda tidak mengalaminya lagi. Semoga membantu!

0 Response to "Penyebab Anak Mimisan Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar