Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan | dr. Herbs Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan | dr. Herbs

Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan

Penyebab Sering Sakit Kepala - Kita awali postingan ini dengan senyuman, haha...ri gini masih muntah di mobil? halloww!!! Bagi sebagian orang pusing, mual dan sampai muntah di kendaraan adalah hal yang sulit untuk dihindari. Entah karena alasan apa dan perlu diketahui, penulis sendiri waktu sebelum masuk SD dulu ahlinya mabuk perjalanan. hehee.

Tapi kalau anak-anak sih bisa disebut wajar ya, innni udah punya 5000 orang cucu, masih aja mabok, kan malu-maluin ya. Tapi itulah kenyataan yang tak bisa dihindari. Maka dari itu, disini penulis ingin menyajikan wawasan seputar sakit kepala dan mual yang berkepanjangan saat berkendara terutama mobil tertutup serta akan memberi sedikit tips jitu untuk bisa sembuh dari kebiasaan ini.

Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan


Perbedaan dari yang suka mabuk dan yang tidak justru sangat menonjol. Kalau yang sudah terbebas dari kebiasaan ini jika berkendara justru enggan terkena angin, tapi kita tahu yang suka mabuk itu pengennya deket jendela terus biar kena angin, yakan? 'Pengalaman' he...

Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Saat Berkendaraan

Bagi orang yang susah menghilangkan kebiasaan ini pastilah ingin banget mengetahui penyebab-penyebab darinya, jika sudah tahu penyebabnya, kita bisa dengan mudah menghindari sakit kepala dan mual tersebut. Berikut ini beberapa faktor pemicu utama yang paling sering menjadi penyebabnya:

1. Motion sickness

Motion sickness adalah timbulnya rasa enek yang tidak enak pada tubuh saat terjadi suatu gerakan yang terus-menerus atau berulang-ulang karena jarak yang lumayan jauh, baik itu pada kendaraan darat, lebih-lebih kapal laut. Penyebab ini muncul tidak kepada semua orang, karena Alhamdulillah penulis sendiri sekarang sudah enjoy menghadapinya.

2. Masuk angin

Hampir dapat dipastikan bahwa sebagian besar dari kita menyangka bahwa penyebab sering sakit kepala dan mual saat berkendara adalah masuk angin, dan memang itu benar. Masuk angin ini merupakan ketidak meratanya udara/gas dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa mual yang berlebih. Selain karena cuaca, suasana juga dapat menjadi sebab terjadinya masuk angin, seperti angin jalanan saat berkendara.

3. Posisi duduk

Penyebab lainnya adalah posisi duduk yang tidak nyaman pada pengendara. Ini bukanlah penyebab utama, tapi terkadang memberi efek yang begitu terasa ketika misalkan didalam mobil kita berdesak-desakan sehingga posisi duduk kita tidak merasa nyaman dan akhirnya timbul rasa pusing dan mual.

4. Kondisi kendaraan

Faktor pemicu keidak nyamanan dari posisi duduk tadi adalah kondisi kendaraan. Kondisi kendaraan yang tidak kondusif juga menjadi faktor utama, karena sebahagian besar nyaman atau tidaknya saat berkendara adalah kendaan itu sendiri. Jika kendaraan atau sebut saja mobil itu kondisinya sangat buruk seperti terbukanya udara dari dalam mesin yang bau, dapat dengan wajar mempengaruhi kondisi dalam tubuh kita. Bahkan orang yang tidak suka mabuk juga bisa merasakan mual jika kondisinya seperti ini.

5. Alergi bau

Ya, bagi sebagian besar 'korban' mabuk kendaraan adalah ketidak nyamanan karena menghirup udara sejuta bau. Bau-bauan tertentu yang kita tidak suka dapat menjadi penyebab rasa mual tersebut. Biasanya ini timbul dari pengaruh macet dan sebagainya.

Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan

Tips Untuk Mengatasi Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan

  • Berdo'a
Sebelum Anda naik kendaraan tersebut, bacalah do'a seperti sholawat (jika muslim), tempelkan telapak tangan kita ke lantai penginjak pertama mobil tersebut sambil berdo'a tadi, lalu usapkan ke dada. Pengalamam saya dulu dengan cara ini Alhamdulillah hingga sekarang tidak lagi merasa mual saat berkendara.
  • Menggunakan koyo
Selain berdo'a, saya sampai sekarang jika akan berkendara jauh selalu menggunakan koyo untuk menutupi puser. Dengan cara ini akan memberi sugesti rasa nyaman walau kondisi mobil seburuk apapun. Karena menurut saya semua bermula dari kenyamanan.

Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan
  • Enjoykan fikiran
Sekali lagi, ingat! Bahwa faktor pemicu utama dari sakit kepala saat berkendara adalah rasa ketidak nyamanan. Maka dari itu, lepaskan fikiran Anda saat berkendara, fikirkan hal-hal yang menyenangkan seperti musik dll. Biarkan saja jika Anda ingin tersenyum, tersenyumlah! Jangan ragu! biar orang berkata apa, yang penting mual Anda bisa tertahan.
  • Minyak angin
Untuk memperkuat kenyamanan Anda, sediakanlah minyak angin seperti freshcare. Minyak angin sangat membantu tingkat keenjoyan/rasa santai kita saat berkendara, aroma terapi dari minyak angin ini sangat enak dirasakan ketika sakit kepala dan mual.
Artikel sebelumnya: 13 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala
Mungkin masih banyak penyebab dan tips yang mempengaruhi penyebab sering sakit kepala dan mual yang terus-menerus saat berkendara ini, tapi untuk sekarang, cobalah untk mengamalkan apa yang telah saya berikan. Semoga membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terimakasih!

0 Response to "Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan"

Posting Komentar