13 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala 13 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala | dr. Herbs 13 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala | dr. Herbs

13 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala

Cara menghilangkan pusing - Semua dari kita pasti pernah mengalami masalah pusing di kepala, entah itu tua ataupun muda. Dengan tidak mengenal usia inilah penulis ingin berbagi tips jitu cara menghilangkan pusing berkepanjangan yang lumayan agak membandel dan sulit untuk hilang.

Tidak hanya pusing berkepanjangan, obat yang akan saya tuliskan dibawah ini meliputi sebahagian jenis-jenis sakit kepala/pusing seperti: sakit kepala tenon, pusing yang disertai demam, claster, sinus, vertigo dan sejenisnya, simaklah uraiannya berikut ini:

Secara umum menurut peninjauan dari sisi gejala, pusing akibat sakit kepala terbagi menjadi dua kategori, ada jenis sakit kepala menyeluruh dan adapula yang menyerang sebagian seperti sebelah kanan, kiri serta belakang.

Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala

Penyebab Sakit Kepala Pusing

Beberapa faktor pemicu sakit kepala tidak hanya dikarenakan oleh naiknya tekanan darah (hipertensi), stres ataupun gangguan pada saraf motorik otak. Banyak hal sepele yang tidak diduga ternyata juga menjadi penyebab sakit kepala. Berikut ini misalnya.
  • Cuaca yang terik menerpa diri Anda selama beberapa jam.
  • Aroma parfum yang menyengat, bisa juga bau cat ataupun beberapa jenis bunga.
  • Latihan fisik yang berlebihan.
  • Aktivitas seks diluar batas dan terus ketagihan.
  • Mengikat rambut dengan tali rambut yang begitu kencang sehingga penghubung jaringan pada kulit kepala jadi tegang.
  • Salah bergerak, misalnya: Menjepit telepon dengan bahu dan pundak, duduk di atas kursi tanpa penyangga punggung dalam waktu yang lama.
  • Zat tiramin yang terdapat pada minuman beralkohol dan jenis keju.
  • Telat makan.
  • Hubungan percintaan.
  • Masalah ekonomi.
  • Nikotin dari asap rokok yang terhidup hidung, sangat mengancam kesehatan karena mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah pada otak.
  • Minum kopi berlebihan.
  • Kekurangan vitamin B2, D dan magnesium.
  • Kerja kelewat batas.
  • Kurang tidur.
  • Radiasi HP.
  • Tumor.
  • Infeksi pada hidung, kerongkongan dan telinga.
  • Luka di kepala.
  • Penyakit mata dan mata lelah.

Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala

Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan

Untuk mengatasi pusing akibat sakit kepala yang akut dan berkepanjangan ini, disini saya merekomendasikan dengan bahan-bahan alami yang telah banyak membuktikan diri untuk menghilangkan penyakit ini dan yang paling penting sudah aya coba sendiri. Berikut informasinya:

1. Air putih
Salah satu penyebab pusing adalah karena dehidrasi/kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita pun tentu sudah mengetahui bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat penting dalam tubuh. Maka dari itu, jika anda terserang pusing sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian biasakan minum air putih 8 – 10 gelas per harinya agar anda terhindar dari sakit kepala.

2. Teh hangat
Anda bisa minum teh hangat atau beli jahe yang diseduh, kemudian minumlah airnya selagi hangat. Jika ingin pakai teh saja, seduh dengan suhu hangat dan campurkan sedikit gula atau madu, aduk dan nikmati kehangatannya. Pada kafein yang tesimpan dalam teh ternyata mampu mengurangi pembengkakan pembuluh darah penyebab sakit kepala.

3. Minyak kayu putih
Anda bisa menghirup minyak aromatherapy yang berbau-bau mint agar tubuh jadi rileks dan pernapasan merasakan hangat. Juga bisa mengoleskan minyak kayu putih atau minyak peppermint di sekitar leher atau kedua kening samping. Bawalah kedua minyak jitu ini ketika berpergian jauh, sebab keduanya bisa juga dipakai untuk mencegah mual atau mabuk perjalanan.

4. Kentang
Selain disebabkan oleh kekurangan cairan/dehidrasi, sakit kepala/pusing juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium yaitu salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).

5. Pisang
Buah pisang mempunyai banyak manfaat, selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Nah, jika pusing menyerang, anda bisa memakan buah pisang untu mengurangi rasa sakit pada kepala.

6. Makan kari
Aneh tapi ajaib, mungkin cocok dikatakan untuk saran yang satu ini. Sebuah hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Rowett Research Institute, Skotlandia memaparkan bahwa rempah-rempah pada kari bisa menjadi penghilang rasa nyeri alami. Anda bisa makan kari ayam hangat agar perut kenyang dan sakit kepala hilang.

7. Es batu
Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala yang membuat pusing. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan / mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa pusing, sehingga akan mengurangi rasa pusing sakit kepala.

8. Teh pappermint
Nah, kalau cara ini lebih cocok jika pusing yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perutmenjadi mual dan pusing berkepanjangan. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dsb.

9. Kopi
Masih ingatkah anda dengan kalimat “Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik?” Nah, begitupun dengan kopi, jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar (tidak lebih dari 2-3 cangkir per-hari), ternyata kopi juga bisa jadi solusi tepat untuk cara menghilangkan pusing. Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati pusing sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu sakit kepala lagi, jadi minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir/harinya, bahkan sebaiknya cukup 1 gelas saja.

10. Biji wijen
Kandungan vitamin E dalam biji wijen dapat membantu menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat mencegah pusing akibat migrain. Selain itu biji wijen juga kaya akan magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.

11. Mengkonsumsi ikan
Mengkonsumsi ikan juga dapat membantu meredakan sakit kepala terutama untuk ikan yang beemak seperti ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain.

12. Semangka
Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.

13. Biji alpukat
Jika penyebab sakit kepala atau pusing anda disebabkan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam atau setiap anda tidur dimalam hari.

Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala

Langkah Pencegahan untuk Menghindari Pusing di Kepala

Selain Anda harus mengenal obat alternatif untuk sakit kepala pusing diatas, saya sangat menganjurkan beberapa metode pencegahan yang tidak kalah penting, berikut ulasan poin-poinnya:
  • Senam santai

Streching merupakan gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda pusing sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.
  • Tidur teratur

Tahuka anda terlalu banyak tidur itu salah, namuan kurang tidur juga tidak baik, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak bisa bekerja selama 24 jam, karena manusia buan robot (robot pun adakalanya berhenti). Usahakan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, misal 7-8 jam agar anda terhindari dari yang namanya sakit kepala pusing.
  • Hindari stress

Tak jarang pusing juga disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya karena terlalu banyak fikiran yang akhirnya menyebabkan stres dan sakit kepala. Jadi saran saya, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu anda untuk melakukan refreshing.
Penting: Gejala Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional
Sekian cara menghilangkan pusing yang dapat saya bagikan, semoga memberi kontribusi pada Anda yang sedang menderitanya di kepala. Selamat mencoba!

0 Response to "13 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan di Kepala"

Posting Komentar