10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami 10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami | dr. Herbs 10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami | dr. Herbs

10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya - Pusing akibat vertigo memang sangat mengganggu aktifitas kita, terlebih lagi bagi penderita yang tidak bisa santai dalam menjalani rutinitasnya. Oleh sebab itu kita perlu tahu darimana penyebab vertigo tersebut? Bagaimana langkah tepat untuk mengatasinya?

Patut kita ketahui bahwa dari sekian banyak penyakit yang dapat mengganggu aktifitas kita ini sebahagian besar akibat dari pola hidup kita sendiri. Ya, saya sarankan mulailah dari sekarang tidak untuk menyalahkan orang lain dan hapuskan pola hidup Anda yang buruk 'menurut Anda' dari mulai hari ini!

10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

Ok, next. Kali ini sesuai dengan judul kita, saya kan membahas sedikit informasi mengenai sakit kepala vertigo dimulai dari penyebab-penyebabnya yang jarang orang mengetahuinya. Berikut uraian mengenai sakit kepala yang memutar-mutar penglihatan ini:

10 Penyebab Vertigo

Hal yang termasuk sering dialami oleh orang-orang adalah vertigo. Vertigo merupakan rasa pusing dari beberapa gejala penyakit yang berbeda pada organ dalam kepala. Pada umumnya, vertigo ini akibat dari masalah ketidak-seimbangan dari dalam teling, tapi vertigo juga bisa karena masalah lain seperti peradangan suatu penyakit.

Dari 10 penyebab ini, terbagi menjadi dua kategori besar, yakni vertigo perifer dan vertigo sentral.

1. Masalah telinga bagian terdalam

Sebagian besar kasus penyakit vertigo terjadi ketika penderitanya tiba-tiba mengubah posisi kepala, seperti ketika bangun atau berdiri dengan cepat. Vertigo jenis ini diakibatkan karena adanya masalah yang terjadi di telinga bagian dalam, yang dikenal dengan sebutan Vertigo Posisi Paroksismal Jinak ( Benign Paroxysmal Positional Vertigo / BPPV ). Inilah penyebab vertigo paling utama yang sering dijumpai.

Rasa pusing akibat Vertigo Posisi Paroksismal Jinak biasanya menghilang dalam beberapa menit. Gejala BPPV dapat dipicu oleh perubahan posisi kepala ketika tidur, berbaring, membalik atau duduk di tempat tidur. Penderitanya juga mungkin mengalami ketidakseimbangan ketika berdiri atau berjalan. Meskipun BPPV bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, tetapi jarang menjadi sangat serius, kecuali kemungkinan untuk menyebabkan penderitanya jatuh.

2. Akibat penyakit Meniere

Penyakit Meniere merupakan penyakit langka yang menyebabkan telinga bagian dalam kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Rasa pusing dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih lama. Penyakit ini bisa menyebabkan vertigo yang sangat parah, dimana penderita juga bisa mengalami kehilangan pendengaran.

Jika Anda menderita penyakit Meniere, serangannya akan datang secara tiba-tiba selama berjam-jam bahkan berhari-hari yang sering menyebabkan mual dan muntah. Penyebab penyakit ini belum diketahui, tapi gejala-gejalanya bisa dikendalikan dengan pola makan serta obat yang tepat dan jarang membutuhkan operasi sebagai tindak lanjut. 

10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

3. Peradangan atau infkesi dari virus dan bakteri

Peradangan atau Infeksi virus seperti pilek, flu, ataupun peradangan lainnya dapat mempengaruhi telinga bagian dalam sehingga akhirnya dapat mengakibatkan vertigo.

4. Terganggunya sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan sistem saraf pusat yang diakibatkan oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo. Solusi mengatasi penyakit vertigo jenis ini adalah dengan mengatasi penyakit penyebabnya serta dengan perbaikan sistem saraf pusat.

5. Cedera Bagian Kepala

Penyakit vertigo juga terkadang bisa timbul akibat cedera pada kepala. Segeralah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit jika terjadi gejala-gejala vertigo, setelah Anda mengalami cedera kepala.

6. Tumor sudut cerebellar-pontine

Tumor yang satu ini tumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga pada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan dan bukan vertigo akut.

7. Gangguan penglihatan

Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

8. Gangguan Serebelum

Gangguan atau masalah pada serebelum yang terletak di belakang otak besar atau batang otak (bagian bawah otak yang terhubung dengan saraf tulang belakang) dapat menyebabkan vertigo sentral. Penyebab vertigo sentral yang lain meliputi, sklerosis multipel, obat-obatan, serta tumor otak.

9. BPPV

BPPV merupakan suatu  pemicu paling lumrah bagi sakit kepala vertigo. Gejalanya ditandai dengan serangan vertigo yang singkat, intens, dan berulang (biasanya berlangsung selama beberapa detik atau beberapa menit). BPPV dapat terjadi saat Anda bergerak secara tiba-tiba, misalnya bangkit berdiri dari posisi jongkok, memutar atau menundukkan kepala, memutar tubuh, atau mendongak.

10. Migrain

Migrain ialah rasa sakit kepala yang tidak mudah ditahan, terutama pada bagian depan atau di salah satu sisi kepala yang terkadang disertai mual dan sensitif terhadap cahaya (fotofobia). Migrain biasanya dialami oleh kalangan muda dan dianggap sebagai salah satu penyebab umum dari vertigo. Menghindari pemicu dan mengobati migrain biasanya dapat menyembuhkan vertigo.

10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

10 Cara Mengatasi Vertigo dengan Bahan Alami

1. Air Putih 

Air putih dapat membantu untuk mengontrol dan obat serangan vertigo. Ketika Anda mulai merasakan serangan vertigo, segera minum empat gelas air es dingin. Cara ini juga berfungsi untuk meredakan mual, muntah, letih dan pusing akibat vertigo.

2. Duduk atau Berbaring 

Hindari berdiri ketika Anda terkena vertigo. Segeralah duduk atau berbaring. Jika Anda memaksakan untuk berdiri, bisa-bisa Anda akan pingsan. Cara ini berguna untuk meredakan sensasi berputar dan pusing. Ketika duduk, posisikan kaki Anda lebih tinggi dari kepala agar sirkulasi darah di otak berjalan lancar.

3. Almond

Kacang Almond mengandung jumlah tinggi dari vitamin, asam lemak esensial, dan mineral. Nutrisi yang terdapat di dalam almond baik untuk mengobati sakit kepala dan kelelahan karena vertigo. Tambahkan bubuk almond bersama segelas susu hangat, kemudian minum di pagi hari.

4. Amla 

Tanaman ini bermanfaat untuk meredakan gejala vertigo seperti mual dan muntah. Minumlah jus amla beberapa kali dalam sehari. Kandungan vitamin C di dalamnya juga akan membantu Anda untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya. 

5. Jahe 

Jahe sudah terbukti sejak dahulu kala sebagai obat untuk mual dan muntah. Di samping itu, jahe juga sangat efektif dalam mengobati gejala vertigo. Pasalnya, jahe meningkatkan aliran darah di otak sehingga perasaan pusing dan kepala berputar akan hilang.

6. kayu manis

Bila tak terlalu menyukai aroma jahe, mungkin kayu manis bisa menjadi pilihan lain. Cara meramunya juga begitu mudah. 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram daun seledri, direbus bersamaan dengan 600 cc air, hingga tersisa 200 cc. Setelah itu, saring air rebusannya terlebih dahulu, dan segera dinimum selagi hangat.

Rasa kayu manis yang pedas, wangi dan hangat, memiliki banyak sekali kandungan. Seperti tanin, damar, minyak atsiri, kalsium oksanat, safrole, zat penyamak dan sinamadehide. Sama seperti khasiat jahe, ramuan kayu manis juga berfungsi untuk memberikan rasa hangat dan mengurangi rasa mual akibat vertigo.

7. Ginko Biloba

Tanaman Ginko Biloba mampu melancarkan sirkulasi darah pada telinga tengah, sehingga menjaga keseimbangan tubuh. Vertigo yang sering menimbulkan mual dan pusing, dapat diredakan dengan mengkonsumsi ginko biloba.

10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

8. Lada dan Lemon 

Gejala dini serangan vertigo biasanya sakit kepala, mual dan pusing. Jika Anda mengalami hal ini dan tahu jika Anda punya riwayat penyakit vertigo, campurkan garam atau merica dalam jus lemon hangat lalu segera diminum. Resep ini sangat manjur untuk mencegah serangan vertigo.  

9. Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Tanaman herbal yang dapat menyembuhkan penyakit vertigo adalah kulit manggis dan daun sirsak. Seperti diketahui, kulit manggis mengandung antioksidan tinggi (xanthone), vitamin B1, B2 dan C, serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi. Xanthone pada kulit manggis juga mempunyai sifat anti-depresi, anti kanker, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga stamina tetap prima, dan masih banyak lagi.

Sedangkan daun sirsak memiliki kandungan seperti acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. Senyawa acetogenins dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, stress, serta depresi. Kandungan ini juga dapat menyeimbangkan system syaraf yang kurang baik, dan berguna untuk mengobati penyakit vertigo.

10. Minyak Wijen 

Ini adalah salah satu cara alami yang mudah dan efektif untuk mengobati vertigo. Campur minyak wijen dengan bubuk kapulaga, lalu tempelkan di kepala Anda. Cara ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah otak.
Artikel penting: Penyebab Sering Sakit Kepala Dan Mual Terus-Menerus Saat Berkendaraan
Semoga uraian mengenai 10 penyebab vertigo dan cara mengatasinya diatas dapat memuaskan bagi siapa saja yang sedang mengalami dan membantu mempermudah dalam penggalaian informasi seputar itu. Semoga sembuh!

0 Response to "10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar