Gejala Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional Gejala Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional | dr. Herbs Gejala Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional | dr. Herbs

Gejala Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional

Obat sakit maag - Maag (dispepsia), merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak asing lagi di telinga. Kondisi ini terjadi berawal ketika radang terjadi pada dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang sering atau terus-menerus berlangsung membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga terbentuklah luka yang disebut tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit maag.

Gejala  Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional

Penderita sakit maag di Indonesia

Di Indonesia, sakit maag merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum dan bisa diderita siapa saja. Menurut data yang diperoleh dari International Data Base tahun 2004 saja, diperkirakan setidaknya 3 juta orang dari 238.452.952 total penduduk Indonesia menderita tukak lambung.

Gejala Maag

Untuk pengidap sakit maag, rasa nyeri akan bisa muncul setelah makan. Berbeda tipis dengan penderita tukak duodenum atau radang usus halus, mumnya sakit akan terasa 2-3 jam setelah selesai makan. Karena itu tidak jarang penderita kondisi ini terbangun di malam hari karena rasa sakit yang kambuh.

Perih dan ngilu atau sensasi panas pada bagian dalam perut selama beberapa menit atau bahkan jam merupakan gejala sakit maag yang paling umum. Tanda tersebut juga bisa terasa dari leher hingga daerah pusar dan bahkan punggung. Sakit maag berasal dari radang atau luka pada dinding dalam lambung yang terpapar zat asam.

Namun tidak jarang pula gejala khas dari sakit maag tidak terasa ketika kondisi tersebut sedang kambuh. Bahkan sakit maag kadang-kadang tidak menimbulkan nyeri sama sekali. Ini berarti, seorang pengidap sakit maag bisa saja terkena komplikasi (misalnya pendarahan) tanpa merasakan apa-apa sebelumnya.

Selain gejala umum di atas, ada juga gejala sakit maag yang lebih kurang umum. Di antaranya adalah mual, hilang nafsu makan, perut panas, dan gangguan pencernaan (beberapa penderita bahkan susah mencerna makanan berlemak).

Penyebab sakit maag

Terdapat dua penyebab utama sakit maag, yakni bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Bakteri H. pylori merupakan bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.

Gejala  Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional

Obat Sakit Maag Alami

Untuk obat sakit maag tentunya akan lebih baik menggunakan bahan-bahan yang alami untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi maag, yaitu:

1. Kacang hijau

Anda yang gemar mengonsumsi aneka olahan dari kacang tersebut berarti juga dapat menjaga kesehatan organ lambung, mengingat kandungan yang ada di dalamnya cukup efektif dapat mencegah maag. Namun bagi yang sudah terlanjur terkena penyakit maag juga tak perlu khawatir. Cukup dengan menghaluskannya dan mencampur dengan air kemudian diminum. Paling tidak lakukan pengobatan ini 3 kali dalam sehari dengan dosis 1 sendok makan tiap konsumsinya.

2. Susu kambing

Selama ini kita mungkin hanya sekedar mengenal susu yang berasal dari sapi saja, bukan kambing, adapun mungkin bukan untuk dikonsumsi melainkan digunakan sebagai bahan untuk kecantikan seperti sabun, masker, lulur atau juga body lotion. Padahal manfaatnya sangat bagus juga untuk mengatasi sakit maag, cukup dengan mengonsumsinya dalam keadaan yang segar secara teratur, bisa dikonsumsi saat gejala maag tersebut mulai terasa.

3. Lidah buaya

Bukan lidah buaya yang sebenarnya, namun tanaman yang biasanya juga difungsikan sebagai hiasan di taman-taman rumah. Tanaman tersebut selain dapat menjaga kesuburan rambut juga efektif untuk mengatasi masalah lambung seperti maag, caranya cukup mudah yaitu dengan merebusnya dengan air dan mengonsumsi air rebusan tersebut.

4. Daun keji beling

Tanaman keji beling biasanya dijadikan sebagai pagar pembatas kebun di perkampungan. Namun siapa sangka, tanaman pagar ini mempunyai khasiat untuk mengobati sakit maag. Ambil daun keji beling yang segar sebanyak 3-5 lembar, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum air rebusannya lalu makan daunnya sebagai lalapan.

5. Kunyit

Kunyit sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dengan mudah di temui, kandungan bermanfaat didalamnya diantaranya adalah kurkumin dan kurkuminoid, bahan-bahan tersebut secara efektif dapat meredakan gejala maag. Cara mengonsumsinya cukup mudah yaitu dengan membuat sari dari kunyit tersebut dan mengonsumsi secara teratur, cukup efektif untuk meredakan rasa perih di lambung.

6. Daun alpukat kering

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tidak erlu diragukan lagi, sebab kandungan nutrisinya begitu melimpah. Namun, perlu anda tahu bahwa daun alpukat juga memiliki khasiat tak kalah hebat. Salah satunya sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit maag. Caranya, ambil beberapa lembar daun alpukat kering kemudian dirajang kasar. Ambil 1 sendok rajangan daun alpukat tersebur kemudian diseduh dengan segelas air panas. Minum air tersebut selagi hangat.

7. Jeruk nipis peras (Jeniper)

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah bisa mengobati sakit maag dan asam lambung. Caranya ambil satu buah jeruk nipis kemudian belah dua. Ambil satu bagian dan peras jeruk nipis tersebut ke dalam 1 gelas air hangat. Tambahkan beberapa tetes madu, aduk lalu minum selagi hangat. Lakukan pengobatan ini pada pagi hari setelah bangun tidur, sebelum makan. Ingat, gunakan air hangat, jangan air dingin.

8. Biji pala

Pala merupakan salah satu bumbu dapur yang berkhasiat bagi kesehatan, salah satunya mengobati sakit maag alias tukak lambung. Ambil 1 gram serbuk biji pala dan 6 gram serbuk buah pisang batu, kemudian diseduh dengan 100 ml air panas. Aduk dan minum air ramuan tersebut selagi masih hangat. Ulangi pengobatan tersebut sevara rutin.

9. Pisang raja

Semua jenis pisang memang banyak kandungan gizinya, namun hanya pisang raja yang kaya akan pektin, pektin ini adalah suatu zat yang dapat melindungi selaput lendir yang ada dalam lambung. Mengingat selaput tersebutlah yang berhubungan dengan asam lambung secara langsung jadi sangat mudah terkikis, jika sudah menipis maka akan menyebabkan rasa perih jika HCL diproduksi dalam jumlah yang berlebih.

10. Temulawak

Sama seperti kunyit, temulawak merupakan salah satu bahan untuk pengobatan tradisional yang kaya khasiat. Bisa dibaca dalam artikel tentang khasiat temulawak. Untuk mengobati sakit maag, ambil 1 rimpang temulawak kemudian diiris tipit-tipis. Rebus dengan 7 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin airnya disaring dan diminum sekali sehari sebanyak 1 gelas.
Artikel sebelumnya: Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional
Semoga tulisan dari kami yang singkat mengenai obat sakit maag ini dapat sedikit memberi kontribusi bagi Anda yang menderitanya. Semoga sembuh!

0 Response to "Gejala Dan Obat Sakit Maag Alami Dan Tradisional"

Posting Komentar