Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional | dr. Herbs Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional | dr. Herbs

Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional

Obat Sakit Pinggang - Kata sehat itu berasal dari bahasa arab ‘shihhah’ yang berarti mulus. Entah dari kapan kata sehat ini hal yang sangat mahal nilai dan harganya, kewajiban kitalah untuk senantiasa menjaga tubuh agar selalu dalam keadaan sehat.

Sebagimana yang telah kita ketahui bahwa terdapat banyak hal yang menjelma menjadi suatu jenis yang bernama penyakit telah siap menyerang tubuh kita kapan dan dimana pun, sedikit saja kita lengah akan kewaspadaan, penyakit itu telah siap untuk menghampiri.

Maka dari itu, kita harus tetap siap siaga untuk membentengi tubuh kita dengan berbagai macam asupan yang disebut 4 sehat 5 sempurna. Tujuan utamanya idak lain karena kita membutuhkan sehat, salah satunya menghindari diri dari sakit pinggang.

Siapa yang tak kenal dengan gejala penyakit yang satu ini, tak hanya kalangan tua, kaum muda pun kini telah banyak merasakan ‘keganasannya’. Jika kita tidak tahu penyebab dan cara menanganinya, tentu penyakit ini akan sangat akrab dengan kita.

Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional

Penyebab Sakit Pinggang

Walaupun tergolong sebagai penyakit yang lumrah dan umum, sebaiknya Anda jangan menyepelekan penyakit pinggang, karena dikhawatirkan bisa menjadi awal penyakit berbahaya lainnya. biasanya gejala dari penyakit ini adalah merasakan ketegangan otot pada saat melakukan aktivitas, baik itu jenis aktivitas biasa atau juga aktivitas berat seperti mengangkat beban. Nah berikut ini beberapa penyebab dari sakit pinggang, yaitu:

  • Umur
Mereka yang sudah termasuk kategori tua/berumur, tentunya berbeda dengan yang masih muda, berbagai macam masalah kesehatan sangat rentan menjangkiti, salah satunya adalah bagian sendi yang sudah tak seaktif dulu, sedikit saja gerakan salah maka berakibat buruk pada tulang mereka.
  • Pengapuran
Osteoporosis merupakan hal yang sangat umum dialami oleh manusia di usia senja, apalagi oleh wanita, keadaan ini dapat Mengakibatkan jepitan yang terjadi pada syaraf belakang sehingga menimbulkan rasa yang sakit.
  • Otot tegang
Pinggang akan terasa sakit apabila kita pada saat melakukan aktifitas seperti bekerja dan olahraga karena kurang melakukan pemanasan sehingga otot-otot tubuh menjadi tegang.
  • Salah gerak
Saat kita terlalu lama dalam posisi yang sama kemudian dengan tiba-tiba melakukan gerakan yang keras otomatis bagian tubuh seperti pinggang belum sempat untuk meresponnya sehingga memicu rasa sakit.
  • Penggunaan alas tidur yang tak rata
Khususnya jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan bantal pada pinggang saat tidur, jika berlangsung secara terus-menerus dapat menyebabkan postur tulang belakang berubah dan memicu rasa sakit.

Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Kami menganjurkan sebelum mengonsumsi obat sakit pinggang, Anda sebaiknya mengenal dengan menghindari konsumsi jenis makanan-makanan tertentu yang tak baik bagi tulang karena banyak mengandung zat purin. Zat yang juga dapat memicu timbulnya asam urat pada manusia, berikut ini beberapa diantaranya:

Kacang-kacangan
Makanan ini selain mengandung vitamin E yang cukup tinggi kandungan zat purin yang ada di dalamnya juga berlimpah sehingga sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan rasa nyeri pada tubuh, baik itu asam urat atau yang lainnya. tak hanya kacang saja melainkan juga aneka olahan dari bahan tersebut.

Jeroan
Makanan yang juga dikenal dengan organ-organ hewan ini memang cukup enak, namun selain kaya akan zat purin ternyata juga dapat memicu penyakit berbahaya yang lainnya.

Daging merah
Termasuk di dalamnya adalah daging sapi, kerbau dan juga daging kambing

Makanan Kaleng
Segala jenis makanan yang dikalengkan memang kurang baik bagi tubuh, selain kandungan vitamin san gizi yang ada di dalamnya sudah hilang juga karena banyak bahan pengawet yang digunakan.

Santan
Baik itu konsumsi santan secara langsung atau olahan yang mengandung santan tak baik bagi mereka yang memiliki sakit pinggang.

Alkohol
Jangan salah karena minuman seperti alkohol ternyata mengandung zat purin yang cukup banyak di dalamnya.

Durian
Selain memiliki wangi yang menggugah selera rasanya juga sangat enak, namun tak dianjurkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan tulang.

Melihat dari penyebabnya tersebut sakit pinggang memang terlihat hanya dialami oleh orang-orang yang sudah tua saja, namun pada kenyataannya anak-anak juga bisa terkenal hal tersebut, karena salah melakukan gerakan atau mungkin posisi sehari-hari seperti tidur dan juga duduk yang salah sehingga bagian syaraf belakang terjepit dan mengakibatkan rasa sakit.

Obat Sakit Pinggang

Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional

Meski mungkin tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan sakit pinggang akan sangat mengganggu. Terutama bagi mereka yang kesehariannya harus melakukan pekerjaan berat. Untuk itu, berikut ini saya rangkum beberapa ramuan obat sakit pinggang dengan sajian tradisional:
  • Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat istimewa. Selain menambah rasa dan aroma masakan, bawang putih juga sangat berkhasiat untuk kesehatan. Dalam dunia pengobatan herbal, bawang putih kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk sakit pinggang. Siapkan 120 gram jahe merah, 150 gram bawang putih, dan bubuk cabai secukupnya. Semua bahan direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Cara ini cocok untuk yang mempunyai penyakit sakit pinggang kambuhan, karena harus disiapkan jauh-jauh hari. 
  • Jahe
Jahe memang tidak asing lagi ditelinga kita. Namun yang sedikit asing dan awam bagi kebanyakan orang adalah khasiat dari jahe itu sendiri. Dari dulu kita hanya tahu jahe sebatas rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan masakan, namun disisi lain ternyata jahe mempunyai banyak khasiat lo, mau tau apa saja khasiatnya? Nah salah satunya yaitu untuk obat sakit pinggang yang sering menyerang siapa saja. Untuk mengatasi sakit pinggang jahe dapat kita ramu sebagai berikut. Sediakan beberapa ruas jahe sesuai kebutuhan, air secukupnya, sedikit daram dan cuka. Cucilah jahe hingga bersih, lalu rebus jahe kemudian tambahkan garam dan cuka secukupnya. Selanjutnya rendamlah handuk atau kain yang bisa menyerap air rebusan tersebut. Kemudian tempelkan handuk tersebut pada daerah pinggang yang sakit, ulangi hingga beberapa kali.
  • Daun Sirsak
Beberapa tahun belakangan ini, daun sirsak menjadi perbincangan karena khasiatnya yang dianggap mampu mengatasi sel kanker. Namun, jauh sebelum itu, ternyata nenek moyang kita telah memanfaatkannya sebagai obat tradisional unuk mengatasi sakit pinggang. Rebus 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan daun sirsak tersebut setiap hari dengan dosis 3/4 gelas sekali minum.
  • Daun Landep
Daun landep biasa ditemukan pada ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi dan juga gusi bengkak/berdarah. Namun, perlu dketahui, daunlandep juga efektif untuk menghilangkan nyeri pinggang, rematik dan sakit kepala. Ambil segenggam daun landep segar, kemudian dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya, kemudian aduk hingga tercampur rata. Oleskan ramuan tersebut pada pinggang yang sakit.
  • Akar Beluntas
Selain digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan, tanaman beluntas juga dipakai sebagai obat untuk menghilangkan sakit pinggang. Namun bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya. Bahan-bahannya adalah 1 akar beluntas, 1 ibu jari kencur, 1 ibu jari temulawak, dan 1 ibu jari kunyit direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum sekaligus.
  • Kumis Kucing
Daun kumis kucing memiliki rasa yang pahit. Namun dibalik rasa yang pahit ini, daun kumis kucing mempunyai khasiat yang sangat lur biasa dalam menangani berbabagi penyakit dari jenis penyakit ringan hingga penyakit berat sekalipun seperti batu ginjal, diabetes,susah kencing dan salah satunya sakit pinggang. Nah untuk mengatasi sakit pingang, daun kumis kucing dapat diramu sebagai berikut. Sediakan 1 genggam daun kumis kucing, 4 cm kulit batang pepaya, dan 1 gelas air putih bersih. Cucilah semua bahan hinnga bersih, kemudian rebus dalam 1 gelas air yang sudah disediakan. Tunggu beberapa saat hingga air rebusan mendidih dan tersisa ½ gelas. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.
  • Buah angco
Buah angco sangat mirip dengan buah kurma. Karena itu sering dinamakan sebagai kurma China. Salah satu khasiat dari buah ini adalah mengatasi sakit pinggang. Caranya rebus 10 butir buah angco, 3 butir buah sun boi, 15 gram akar bawang merah segar, dan 25 gram jahe merah dalam 600cc air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Airnya disaring lalu diminum selagi hangat.
  • Daun Bakung
Daun bakung digunakan sebagai obat luar untuk meredakan nyeri pinggang. Bakung sendiri biasa ditanam di halaman rumah sebagai bunga hias. Ambil beberapa helai daun bakung lalu diolesi dengan minyak kelapa. Panggang di atas api hingga layu. Tempelkan pada pinggang yang sakit.
  • Akar Alang-alang
Alang-alang atau ilalang, telah berubah status dari hanya sekedar gulma menjadi saah satu tanaman berkhasiat untuk pengobatan. Salah satu khasiatnya adalah meredakan sakit pinggang. Ambil akar alang-alang secukupnya, lalu dibersihkan. Rebus dengan air hingga mendidih, saring airnya dan diminum saat agak dingin.
  • Buah Takokak
Takokak adalah nama buah yang sangat mirip dengan leunca atau ranti. Hanya saja warnanya lebih terang dan kulitnya agak keras. Berbeda dengan ramti yang cenderung kenyal. Dipadukan dengan bahan-bahan berkhasiat lain, takokak bisa dijadikan sebagai obat sakit pinggang tradisional. Sediakan 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar, 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian airnya disaring, lalu diminum selagi masih hangat.
  • Daun Kecubung
Kecubung merupakan salah satu tanaman yang keberadaannya harus dijauhkan dari anak-anak. Sebab, bunganya mengandung racun yang jika termakan bisa menyebabkan orang yang mengkonsumsinya berhalusinasi, seperti orang teller. Namun, ternyata daun tanaman ini bisa juga dijadikan sebagai obat. Haluskan 4 lembar daun kecubung, kemudian tambahkan kapur sirih secukpnya hingga membentuk sebuah adonan. Adonan tersebut dijadikan sebagai param untuk ditempelkan pada pinggang yang sakit.
Walhasil, jika siapapun diantara pembaca yang sedang mengalami sakit pinggang, maka hidari pantangan yang telah kami sebutkan diatas, dan barulah membuat ramuan-ramuan yang telah Anda pilih salah satu dari resep diatas untuk obat sakit pinggang tradisional tersebut.

0 Response to "Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional"

Posting Komentar