Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi | dr. Herbs Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi | dr. Herbs

Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

Pantangan asam urat - Tidak sedikit diantara kita yang masih awam terhadap kedua penyakit ini. Maka saya akan kutip sedikit tentang asam urat dan kolesterol agae rpembaca tidak kebingungan untuk memahami penjelasan selanjutnya. Berikut gejala yang menyerang penderita asama urat:
  • Sendi terasa ngilu, linu dan sering merasa kesemutan, bahkan jika parah bagian yang terkena asam urat akan memerah dan membengkak.
  • Saat pagi hari bangun tidur dan juga malam hari sebelum tidur sendi akan terasa nyeri.
  • Sering kali merasakan nyeri secara berulang kali. 
  • Sendi yang diserang yaitu sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul dan juga pergelangan tangan. 
  • Jika asam urat sudah parah maka persendian akan terasa sakit yang tidak tertahankan saat akan digerakkan.
Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

Penyakit asam urat memang banyak diderita oleh orang yang berumur 30 tahun keatas, walaupun tidak menutup kemungkinan juga menyerang orang yang berusia dibawah 30 tahun. Dari seluruh penderita asam urat, separuh darinya mengalami masalah dengan kolesterol atau mengalami kegemukan. Jangan biarkan asam urat menghantui hidup Anda.

Mengenai kolesterol, ada dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Sedangkan kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) merupakan salah satu penyebab utama pembentukan ateroma. Selain kolesterol baik dan jahat, ada lemak dalam bentuk lain dalam darah yang disebut trigliserida.

Salah satu gejala kolesterol tinggi adalah Anda akan merasa berat di bagian tengkuk dan merasakan pegal di bagian pundak. Kepala Anda akan merasa berat dan juga sering merasa pegal-pegal. Nah, gejala kolesterol seperti ini biasanya diakiatkan karena suplai oksigen yang kurang di dalam tubuh.

Kepala menjadi berat biasanya disebabkan karena pembuluh darah menyempit karena lemak tertimbun akibat kolesterol. Setelah itu asupan oksigen akan tersendat untuk menuju ke otak. Gejala lainnya adalah Anda sering merasa kesemutan. Kolesterol tinggi yang ada dalam tubuh Anda bisa mengakibatkan aliran darah mengental sehingga suplai oksigen menjadi berkurang.

Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

Jenis-jenis makanan dibawah ini merupakan sebuah pantangan yang wajib dihindari bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi guna untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah kedua penyakit ini kambuh kembali. Berikut rinciannya:

1. Sayuran zat purin tinggi
Penderita asam urat sebaiknya menghindari beberapa sayuran yang bisa meningkatkan zat purin dalam tubuh, seperti bayam, kangkung, kembang kol, buncis, asparagus, jamur kuping, daun pepaya dan daun singkong. Berbagai jenis makanan pantangan asam urat ini sangat berefek buruk, karena berlebihnya zat purin merupakan penyebab utama dari kedua penyakit ini terutama asam urat.

2. Daging berlemak
Penderita kolesterol maupun asam urat juga dilarang mengkonsumsi daging-dagingan yang berlemak seperti daging sapi dan juga daging kambing.

3. Makanan gorengan
Gorengan termasuk ke dalam makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Apalagi minyak yang digunakan merupakan sejenis lemak jenuh yang dapat mempercepat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Selain memicu asam urat dan kolesterol, gorengan juga dapat meningkatkan resiko penyakit kronis lainnya termasuk penyakit kardiovaskuler.

4. Makanan protein berlebih
Penderita asam urat dan kolesterol sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang kaya akan protein dan kadar lemaknya. Karena protein tinggi bisa meningkatkan zat purin yang memicu tingginya asam urat dalam tubuh. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga bisa memicu meningkatnya asam urat dalam tubuh.

5. Daging jeroan
Daging jeroan juga sangat dilarang bagi penderita kedua jenis penyakit ini. Contoh jeroan yang tidak diperbolehkan adalah limpa, ginjal, usus, babat, otak dan juga paru.

Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

6. Seafood
Bagi penderita asam urat dan kolesterol, sebaiknya menghindari makanan sejenis seafood atau makanan laut, yang diantaranya kerang, udang, cumi, kepiting, ikan sarden, remis dan lain sebagainya. Kandungan protein pada makanan ini tergolong cukup tinggi sehingga sangat mudah memicu terjadinya penyakit asam urat tinggi.

7. Makanan sejenis kacang-kacangan
Makanan pantangan asam urat dan kolesterol adalah sejenis kacang-kacangan, seperti oncom, tauco, tempe, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, emping dan tauge. Semua makanan ini bisa menimbulkan asam urat tinggi.

8. Makanan kaleng
Penderita asam urat maupun kolesterol sebaiknya menghindar berbagai jenis makanan kaleng, seperti sarden, kornet dan lain sebagainya. Makanan kaleng merupakan makanan yang sangat cepat meningkatkan kandungan kolesterol dan asam urat di dalam tubuh.

9. Buah-buahan tertentu
Penderita asam urat dan kolesterol juga dilarang mengkonsumsi beberapa buah-buahan seperti nanas, durian, serta air kelapa.
 Sebelumnya: Pantangan Ibu Hamil Menurut Islam Dan Menurut Adat Jawa Yang Anda Tahu
Selain makanan-makanan diatas, jenis-jenis seperti kaldu, keju, kuah daging, es krim, telur dan air kelapa juga sebaiknya Anda hindari sebagai pantangan asam urat dan juga tidak baik untuk penderita kolesterol tinggi.

0 Response to "Kumpululan Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi"

Posting Komentar