7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri 7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri | dr. Herbs 7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri | dr. Herbs

7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri

Penyebab sakit kepala bagian belakang - Pandangan dunia medis menilai bahwa sakit kepala bagian belakang kini semakin marak diderita oleh banyak orang-orang, terutama yang bekerja ekstra dengan mengeluarkan tenaga dan pemikiran.

7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri

Kedengarannya memang penyakit yang satu ini tidaklah begitu memberi efek terlalu berbahaya. Namun kita tahu efek yang paling menonjol dari sakit kepala adalah banyaknya aktifitas yang terhambat olehnya, sehingga terkadang orang menilai kinerja kita kurang profesional.

Padahal bukan kita tidak sungguh-sungguh, tapi karena masalah inilah yang membuat tidak bisa berbuat banyak. Dari penyebab yang kecil ini, efeknya akan fatal jika melihat akibat kelanjutan dari kinerja kurang baik tadi, bisa jadi kita sampai dikeluarkan dari pekerjaan kesayangan kita, atau minimal citra kita didalam situasi ruangan kerja menjadi menurun.

Oleh karena itu, kita disini akan menjelaskannya seputar penyebab-penyebab sakit kepala bagian belakang yang mengganggu ini, berikut uraiannya:

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

1. Posisi Kerja

Di dalam bekerja, anda seringkali terpaku pada satu posisi. Biasanya anda melakukan itu dalam waktu yang cukup lama. Kekakuan yang cukup lama ketika anda sedang bekerja dapat menimbulkan ketegangan dari otot-otot leher anda. Tegangnya otot akan memberikan efek kepada sakit kepala bagian belakang anda, sehingga timbullah sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, tetap berikan waktu bagi tubuh anda untuk relax, seperti berjalan-jalan sebentar setelah 1 atau 1 jam duduk menghadap pekerjaan. Langkah seperti ini sangat dianjurkan untuk mengurangi ketegangan pada otot anda sehingga dapat mencegah timbulnya sakit kepala bagian belakang yang justru dapat mengganggu aktivitas kerja anda.

2. Migrain Basilar

Migrain basilar berbeda dengan migrain pada umumnya yang hanya menyerang kepala bagian sebelah. Sedangkan Migrain Basilar akan menyerang kepala bagian belakang atau letaknya dibagian artileri Basilar. Gejala yang dialami antara lain telinga berdengung, pusing disertai mual, hingga mengaburkan pandangan. Meski gejalanya cukup mengganggu. namun sakit kepala ini tidak membuat penderitanya menjadi lemah. Tapi tetap saja hal ini harus di antisipasi agar tidak semakin parah. Jika Anda sudah mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya lekas ke Dokter untuk penanganan lebih lanjut.

3. Tegang

Patut diketahui bahwa sakit kepala bagian belakang muncul akibat adanya ketegangan antara otot-otot bagian leher dan pundak terasa begitu berat dan kencang. Penyebab kencangnya otot ini timbul karena beberapa hal seperti stres yang berlebih, kurang tidur, posisis tidur anda yang salah, kecemasan, dan sakit gigi. Dengan mencermati penyebab tegangnya otot-otot anda, maka anda dapat menemukan solusi paling tepat untuk dapat mengatasi sakit kepala bagian belakang yang anda derita. Seperti contoh, faktor penyebab sakit kepala anda adalah karena stres yang berlebih, sehingga menimbulkan ketegangan pada kepala anda. Maka, ada baiknya anda melakukan relaksasi bisa dengan refreshing atau dapat pula dengan melakukan pijat refleksi sehingga tingkat stres anda dapat berkurang dan sakit kepala bagian belakang yang anda derita dapat hilang dengan sendirinya.

7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri

4. Neuralgia Oksipital (Occipital Neuralgia)

Neuralgia oksipital dipicu oleh gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala. Gangguan ini muncul akibat adanya tekanan atau iritasi dari saraf oksipital karena cedera, radang ataupun saraf terjepit. Sakit kepala ini kadang dianggap migrain karena gejalanya yang hampir sama. Rasa sakit yang dirasakan pada neuralgia oksipital umumnya seperti sengatan listrik yang tajam yang menusuk pada kepala dan leher.

5. Darah Tinggi

Hipertensi atau dikenal oleh masyarakat awam dengan sebutan tekanan darah tinggi, ternyata dapat menyebabkan si penderita mengalami sakit kepala belakang, khususnya apabila hipertensi sudah termasuk pada ketegori yang berat dan menyebabkan pertumbuhan tumor di kelenjar adrenal. Sakit kepala belakang telinga bisa menjadi menjadi daerah dimana titik pusat sakit kepala itu muncul. Perlu dilaksanakan analisa kimia darah dengan segera serta pemeriksaan pada ginjal untuk pengobatan lebih lanjut.

6. Ganguan Tulang Leher Belakang

Hal yang dapat menyebabkan anda mengalami sakit yang teramat sangat pada kepala bagian belakang adalah karena adanya gangguan tulang belakang pada leher. Bisa jadi tulang belakang dan leher anda mengalami disfungsional sehingga otot-otot leher mengalami ketegangan. Apabila anda mengalami sakit kepala bagian belakang akibat dari gejala ini, segeralah periksakan sakit anda ini ke dokter karena akan sangat berbahaya bila anda membiarkannya, hal terburuk yang dapat terjadi adalah dapat menyebabkan gangguan tulang belakang kronis dan menyebabkan peradagan pada otak dengan ciri nyeri yang amat sangat pada kepala Anda.

7. Kecapean Berlebih

Sakit kepala ini disebut pula exertional yang dipicu oleh aktivitas fisik yang berlebih, dan bisa makin parah jika jenis kegiatannya cukup berat, seperti berlari, berhubungan seks, batuk atau mengencangkan otot perut saat buang air besar lantaran konstipasi. Sakit kepala exertional bisa terasa di bagian belakang kepala, tepat di belakang mata atau di seluruh bagian kepala. Rasa sakit ini biasanya berlangsung sekitar 20 menit. Umumnya sakit kepala ini tidak mengindikasikan masalah serius, namun mungkin bisa juga merupakan tanda gangguan pembuluh darah pada otak, meskipun ini sangatlah jarang terjadi. Meskipun begitu, segeralah konsultasikan dengan dokter jika Anda sering sekali terserang penyakit ini.
Artikel menarik: 10 Penyebab Vertigo Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami
Anjuran kami jika sakit kepala Anda berlanjut, harap segera diatasi dengan berbagai obat kepercayaan Anda atau jika sangat parah jangan ragu untuk menghubungi dokter. Mungkin hanya ini yang bisa kami informasikan, semoga dengan mengenal 7 penyebab sakit kepala bagian belakang ini dapat membantu meringankan resiko dari efek kelanjutan yang merugikan semua pihak keluarga tercinta kita.

0 Response to "7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Kanan Dan Kiri"

Posting Komentar