Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh | dr. Herbs Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh | dr. Herbs

Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh

Obat Tradisional Diabetes ~ Diabetes adalah kondisi penyakit tubuh yang dapat dilihat dari cirinya dengan masalah pada sistem metabolisme. Dimana gejala umumnya seperti merasa haus dengan terus menerus, menjadi sering buang air kecil, merasa lapar, dan juga penurunan berat badan, kenaikan tekanan darah serta hiper-glikemi yang bisa menimbulkan terjadinya berbagai komplikasi kronis yang penyebabnya adalah akibat dari kelainan sekresi insulin, cara kerja insulin dan bisa juga keduanya. Ada pula gejala lain seperti pandangan yang kabur, sakit kepala, fatigue, penyembuhan luka yang lambat, dan gatal-gatal. Penyakit diabetes disebut juga sebagai the great imitator karena penyakit ini bisa menyerang semua bagian tubuh dan keluhan serta gejalanya bisa bervariasi.

Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh

Untuk menangani penyakit diabetes melitus bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya adalah pengobatan secara medis dan non-medis/alami. Namun sering kali orang melakukan pengobatan dengan cara yang tradisional, hal ini dikarenakan pengobatan melalui cara ini lebih aman dan bebas akan efek samping. Berikut ini tanaman obat diabetes melitus yang sering digunakan untuk pengobatannya:
  • Kumis Kucing 

Tanaman kumis kucing dikenal sebagai tanaman hias dibandingkan sebagai tanaman obat diabetes melitus tipe-2. Ini karena tanaman kumis kucing memiliki bentuk bunga yang cukup unik. Akan tetapi tanaman kumis kucing memiliki khasiat dalam menurunkan gula darah tinggi. Kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya dapat membantu menurunkan gula darah dengan merangsang sel beta pancreas untuk menghasilkan insulin. Selain itu khasiat dari tanaman kumis kucing juga dapat menjadi anti peradangan sehingga dapat mencegah amputasi akibat ulkus diabetes.
  • Gingseng

Tanaman herbal ini menjadi salah satu obat yang dapat mengobati penyakit diabetes melitus jenis ini. Gingseng mempunyai kandungan yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi air rebusan gingseng setiap hari, maka akan membantu menurunnya kadar gula dalam darah dan kadar insulin.
  • Sambiloto

Daun dari tanaman sambiloto dikenal sebagai bahan jamu tradisional yang memiliki rasa pahit, namun memiliki khasiat yang cukup baik dalam hal mengobati DM tipe-2. Khasiat dari daun sambiloto untuk penurun gula darah, karena daun ini memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi yang mampu mengurangi produksi glukosa darah.Manfaat dari tanaman obat diabetes melitus lainnya juga dapat mengaktifkan dan meningkatkan aktifitas kelenjar tubuh, khususnya pada pankreas sebagai penghasil insulin yang cukup banyak.
  • Daun Salam 

Tanaman salam sering dimanfaatkan daunnya untuk bumbu masakan, selain itu daun salam menjadi salah satu tanaman obat diabetes melitus yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi tubuh. Kondisi ini akan membuat fungsi tubuh akan kembali optimal, khusunya dalam metabolisme glukosa. Hal ini membuat glukosa tidak akan tetap berada di dalam aliran darah tetapi dapat masuk kembali ke dalam sel untuk diproses menjadi energy.

Penjelasan Diabetes Melitus Tipes 2   

Diabetes melitus adalah salah satu keluhan penyakit dimana tubuh manusia tidak bisa menghasilkan hormon pengatur gula darah ( insulin ) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu akan menimbulkan keluhan gula darah meningkat saat melakukan pemerikasaan kepada dokter. Perlu diketahui bahwa diabetes memiliki 2 jenis yang pertama Diabetes tipe 1 ( DM 1 ) dan Diabetes Tipe 2 ( DM 2 ). Tapi sebelum masuk kedalam penjelasan diabetes melitus tipes 2 yang akan dibahas di artikel ini, saya akan sedikit penjelasan tentang diabetes melitus tipes 1 supaya anda lebih mengerti tentang diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2.

Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 adalah dimana keadaan tubuh manusia sudah lama tidak dapat memproduksi hormon insulin, sehingga pasien diabetes melitus harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. sebagian besar penderitanya adalah anak-anak, remaja, dan dewasa (semua umur).  Inilah sedikit penjelasan tentang diabetes melitus tipe 1 (DM 1).

Diabetes Melitus Tipe 2

Perlu diketahui bersama menurut hasil pengamatan oleh para ahli dan dokter bahwa keluhan penyakit diabetes melitus tipe 2 adalah keluhan penyakit yang sering terjadi hampir 70% warga indonesia memiliki keluhan diabetes melitus tipe 2 ini, Karena kurangnya menjaga kesehatan tubuh dan makanan.
Diabetes tipes 2 ( DM 2 ) tidak jauh dari diabetes tipe 1 yaitu karena adanya penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak menjadi maksimal atau tubuh mulai menjadi kura peka terhadap insulin. Reaksi ini sering dikenal dengan resistansi terhadap insulin. Menurut hasil penelitian dan pengamatan bahwa diabetes tipe 2 biasanya sering menyerang kepada orang-orang yang sudah berusia 40 tahu ke atas. Tapi pada jaman sekarang banyak anak anak muda mengidap keluhan dengan diabetes tipes 2 ( DM2 ) terutama orang orang muda asia.

Gejala Yang Timbul Pada Diabetes Melitus 2 

Gejala pada pasien diabetes melitus tipes 1 dan tipe 2 setiap orangnya berbeda-beda dan berikut ini gejala umu pada diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2:
  • Selalu haus
  • Sering lelah
  • Sering kecing, terutama pada jam malam
  • Konsentrasi menurun
  • Berkurangnya massa otot
  • Berat badan mengurang
Apabila anda sudah mengeluhkan dengan diabetes melitus tipes 2 atau sudah merasakan gejalanya dan lebih-lebih anda sudah terdiagnosis oleh dokter terkenan diabetes melitus 2. Sebaiknya segera ambil pengobatan yang cepat dan tepat karena diabetes kalau dibiarkan rentan menimbulkan komplikasi.
Ucapan banyak terimakasih yang sebanyak-banyaknya dari semua pembaca artikel Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh. Salam sehat selalu semoga sembuh.

0 Response to "Tanaman Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 2 yang Paling Ampuh"

Posting Komentar