Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab | dr. Herbs Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab | dr. Herbs

Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab

Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab, Pada umumnya kita tau bahwa batuk merupakan suatu penyakit, padahal bukan. Batuk ini ialah mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lender dari dalam, makanan, debu, asap dan sebagainya. Dikarenakan ada suatu rangsangan, barulah bruk itu terjadi, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab


Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab

Secara umum, jenis batuk itu terbagi menjadi 3, yaitu: Berdahak, kering dan berdarah. Berikut penjelasannya:

Batuk Berdahak dan Pengobatannya

Batuk berdahak dalam bahasa inggris disebut productive cough artinya batuk tersebut menghasilkan dahak atau lendir baik yang mudah atau bisa dikeluarkan atau dahak yang sulit dikeluarkan. Lendir atau dahak tersebut sampai ditenggorokan karena berasal dari hidung/sinus, dan paru-paru. Sebaiknya batuk berdahak ini jangan ditekan atau dihentikan (dengan obat-obatan misalnya) karena seperti sudah disebut diatas batuk ini adalah proses untuk membersihkan paru-paru.

Inilah beberapa macam obat-obatan alami yang berguna meredakan batuk berdahak:
  • Jus Wortel

Beta-karoten yang terkandung di dalam wortel dikonversi menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan daya tangkap mata, melindungi kulit dari terpaan sang mentari, dan berbagai penyakit kulit. Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.

Karena diperkaya vitamin dan nutrisi penting, wortel bisa juga mengobati batuk berdahak yang sedang menimpa Anda. Berikut ini langkah pengobatannya.
  1. Bersihkan 4 wortel, kemudian masukkan dalam gelas blender, jangan lupa tuang air seperlunya.
  2. Tambahkan beberapa sendok teh madu untuk memberikan rasa manis.
  3. Blender hingga menjadi jus nikmat yang siap konsumsi.
  4. Minumlah sehari tiga hingga empat kali sampai batuk mereda.
  • Kacang Almond

Belum banyak yang tahu kalau ternyata biji atau kacang almond dapat mengatasi batuk berdahak. Langsung saja dicermati cara menghilangkan batuk secara alami dengan kacang almond

- Sediakan 8 butir kacang almond.
- Rendam di dalam air selama 12 jam (bisa malam hari sembari ditinggal tidur).
- Tumbuk kacang almond hingga menjadi pasta lembut. Tambahkan sesendok teh mentega.
- Buat jadwal tiga hingga empat kali konsumsi perhari.
- Makan pasta hingga batuk hilang.
  • Jeruk Nipis dan Kecap

Cara mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis dan kecap turun temurun dipercaya dan masih sering digunakan oleh masyarakat kontemporer. Memang benar, beberapa orang mengaku sembuh dalam waktu singkat hanya dengan rutin mengonsumsi obat batuk tradisional ini.

- Sediakan satu buah jeruk nipis, kecap secukupnya, dan sendok makan.- Peras jeruk nipis ke atas sendok, tuang pula sedikit kecap, lanjut dengan mencampurkan kedua bahan sebelum diminum.
- Minum sehari dua sampai tiga kali selama batuk belum berhenti.

Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab

Batuk Kering dan Pengobatannya

Batuk kering merupakan suatu batuk yang tidak memproduksi mukus (dahak) atau sering juga disebut batuk tidak berdahak. Batuk merupakan suatu usaha tubuh untuk menjaga jalan nafas bebas dari zat yang menyumbat atau menganggu agar dapat bernafas secara efektif.

Sebagian orang dapat menjadi batuk jika menghirup udara yang panas dan kering. Hal ini dapat disebabkan oleh alergi. Batuk kering tipe ini akan lebih terlihat terutama jika terpapar polusi udara seperti asap rokok ataupun polusi dari kendaraan bermotor.
Hal yang paling penting diperhatikan pada batuk kering adalah diagnosis yang benar. Diagnosis berkaitan dengan penyakit yang mendasari terjadinya batuk kering. Terkadang diperlukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan jantung, pemeriksaan tenggorokan (untuk melihat ada tidaknya tanda-tanda infeksi atau inflamasi). Pada kasus di mana tidak ditemukan adanya penyebab terjadinya batuk kering dapat dipertimbangkan foto rontgen (X-ray) dada untuk memastikan ada tidaknya kelainan yang dapat menyebabkan batuk kering.

Inti dari pengobatan batuk kering adalah mengobati penyakit yang mendasarinya. Meskipun demikian, terdapat obat-obatan alami yang dapat membantu meringankan batuk kering seperti : 
  • Air Putih

Perbanyak minum air putih memang punya banyak manfaat. Pada batuk kering, air putih membantu meredakan rasa gatal dan kering pada tenggorokan serta bisa menghindarkan tenggorokan dari lecet.
  • Belimbing Wuluh

Kegunaan belimbing wuluh sebagai batuk kering belum banyak diketahui. Rasa asam pada belimbing wuluh memberikan rasa nyaman pada gatal tenggorokan setelah meminumnya. Cara mengolahnya sebagai obat herbal batuk kering yaitu :
  1. Bersihkan dan parut 10 buah belimbing wuluh
  2. Campurkan dengan segelas air lalu saring
  3. Bisa tambahkan garam sesuai selera
  4. Anda bisa meminumnya 2 kali sehari secara rutin
  • Jahe
Rempah yang terkenal menghangatkan tubuh ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Anda bisa memasukannya dengan teh, sehingga lebih nikmat. Caranya yaitu : bersihkan dan tumbuk kasar jahe, kemudian campurkan dengan segelas the hangat. Minum 2 kali sehari hingga batuk reda.
  • Daun Pegagan

Daun pegagan juga dapat dijadikan sebagai obat herbal batuk kering. cara mengobati batuk kering alami dengan daun pegagan yaitu :
  1. Siapkan 30 gr daun pegagan
  2. Gula batu secukupnya
  3. 150cc air hangat
  4. Tumbuk/Blender daun pegagan bersama gula batu dan air hingga halus
  5. Setelah halus, saring dan minum rutin 2 kali sehari
Batuk kering yang tidak diobati dapat menyebabkan banyak masalah. Oleh karena itu, disarankan untuk segera berobat ke dokter jika batuk berlangsung lebih dari 2 minggu dan tidak membaik dengan obat-obatan herbal.

Batuk Berdarah dan Pengobatannya

Batuk Darah adalah kondisi dimana terjadinya batuk yang disertai dengan adanya darah yang keluar ketika batuk, ini merupakan gejala atau adanya tanda-tanda dari adanya penyakit infeksi. Batuk darah diakibatkan dari adanya perdarahan yang terjadi di saluran napas yang terjadi dibawah laring, atau darah yang keluar dari saluran napas dibawah laring. Batuk darah merupakan dari adanya gejala dan tanda adanya penyakit dasar yang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan teliti.
  • Kembang Sepatu

Cuci kembang sepatu hingga bersih, lalu remas-remas dalam wadah berisi 2 gelas air masak. Biarkan tertutup semalaman. Saring air ramuan pada pagi harinya dan tambahkan madu. Minumlah ramuan ini pada pagi hari sebelum sarapan.
  • Rimpang Teratai

Langsung saja ke caranya, yaitu: Cuci rimpang teratai, kemudian buat jus dengan cara memblendernya. Saring ramuan sampai air terkumpul 200 cc. Ramuan siap untuk digunakan. Minum ramuan sekaligus. Lakukan 3-5 hari berturut-turut.
  • Daun Sendok

Cuci herbal daun sendok hingga bersih, lalu masukkan kedalam wadah berisi air bersih dan biarkan sampai terendam. Tambahkangula batu, kemudian tim sampai mendidih selama 15 menit. Minum sekaligus selagi hangat. 
Semua resep tersebut disarankan menambahkan madu sebagai pengantar senyawa pada tumbuhan dan untuk memberi rasa. Mengapa madu yang dipilih? Tentu karena madu telah terbukti secara empiris efektif mengobati segala jenis batuk. Semoga artikel dari kami dapat banyak membantu semua penderita. Salam sehat selalu semoga sembuh!

0 Response to "Tumbuhan Obat Herbal Batuk Berdahak, Kering dan Berdarah Yang Mujarab"

Posting Komentar