Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh | dr. Herbs Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh | dr. Herbs

Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh

Obat Maag Tradisional ~ Maag  merupakan suatu penyakit yang menyerang lambung yang umumnya dikarenakan telatnya asupan makanan, maka terjadi luka atau peradangan pada lambung yang mengakibatkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Menurut medis maag itu dapat disembuhkan tetapi tidak bisa total, penyakit ini dapat kambuh apabila si penderita tidak memilik jadwal makan yang baik, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Umumnya untuk menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat baik herbal ataupun kimiawi, tapi pencegahan datangnya maag itu paling baik, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan sering jajan sembarangan.

Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh

Makanan Pantangan Penyakit Maag

Tidak ada gunanya obat seampuh apapun klaim dari informasi yang anda dapat jika tidak melakukan tidakan pencegahan yang serius dan disiplin, karena penyakit maag ini memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi. Berikut uraiannya:
  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain: mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda), sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol, buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon, dan makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan.
Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok aktif.

Resep Obat Maag Tradisional

Setelah Anda bisa mengatur untuk menjauhi makanan dan minuman tadi, sebaiknya menggunakan bahan-bahan tradisional yang akan kami krarifikasikan dibawah ini. Berikut diantara bahan yang bisa dijadikan pengobatan yang sangat aman bagi penderita penyakit maag ini:
  • Daun Jambu

Daun jambu biji biasanya dipakai untuk mengobati sakit perut dan sariawan, namun daun jambu biji yang kaya akan astrigent dalam daun jambu biji bersifat anti-bakteri, alkasi, anti-oksidan, saponin, minyak atsiri, tanin, anti mutagenic, flavonoid, dan alkaloid juga memiliki fungsi yang ampuh mengobati penyakit maag. Cara membuat obat maag alami ini mudah, sediakan 8-10 lembar daun jambu biji segar lalu cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam 1,5 liter air, lalu didihkan. Setelah mendidih, tiriskan ramuan dan saring daunnya. Cairan rebusan diminum setiap hari sebanyak 3 kali sehari.
  • Buah Pisang

Buah ini handal dalam membentengi selaput lendir akibat peningkatan asam lambung karena mengandung anti-tukakpeptik. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, pilih pisang yg sudah tua tetapi belum matang. Potong pisang tersebut kecil-kecil menyerupai keripik. Jemur potongan tersebut dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, blender atau tumbuk hingga terlihat seperti tepung. Cara mengkonsumsinya cukup campur 2 sendok bubuk pisang tadi dengan madu asli, setelah itu diminum pada pagi dan malam hari..Pisang digunakan sebagai makanan diet untuk melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut dan lunak. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa kesulitan dalam kasus tukak lambung kronis. Pisang juga menetralkan kebihan asam dan mengurangi iritasi dengan cara melekatkan diri untuk menjaga lambung.
  • Biji Pala

Biji pala biasanya digunakan sebagai penyedap masakan oleh masyrakat Indonesia. Ternyata biji pala bukan hanya dapat memperenak rasa makanan namun senyawa yang menjadi unggulan biji pala ini  (Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C) dapat menjadi obat maag tradisional. Caranya cukup mudah, ambil 1 gram serbubuk biji pala lalu tambahkan dengan 6 gram serbuk buah pisang batu. Dua macam serbuk tersebut diseduh dengan air hangat 100 ml, lalu minum. Dianjurkan untuk diminu selama 30 hari.
  • Kunyit

Zat aktif :Kurkumin (terdiri dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin), minyak asitri (turmeron, keton sesquiterpen, 60% tumeon, 25% zingiberen, sabinen, felandren, sineil, dan borneon), 1-3% lemak, 3% Karbohidrat, 30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta garam-garam mineral (zat besi, fosfor, kalsium). Dari kekayaan serat berharga ini, kunyit mempunyai daya mumpuni untuk mengatasi masalah lambung yang menyebabkan maag tadi. Untuk tutorialnya, ambil dua ruas kunyit setelah itu kupas kulitnya lalu cuci sampai bersih. Kunyit yang sudah bersih kemudian di parut lalu diperas untuk diambil sarinya dengan bantuan air matang. Minumlah sari kunyit tersebut 2 kali sehari pagi dan sore. Khasiatnya akan dirasakan dalam waktu dekat dengan catatan, jangan melebihi 2 kali sehari.
  • Daun Salam

Sama seperti tumbuhan diatas, peran daun salam paling terkenal sebagai penyedap masakan seperti memasak makanan balado, pepes, makan ditumis dan pindang. Daun salam juga terkenal dapat menjadi obat kencing manis. Namun ternyata selain itu, kandungan karbohidrat, mineral, vitamin A - B6 - B9 - C dan kalori dari daun salam juga dapat mengobati maag yang tepat dan cepat. Caranya mudah, ambil 15-20 lembar daun salam, lalu masukkan ke dalam air 500 ml. Didihkan air bersama daun salam hingga mendidih. Boleh ditambahkan gula batu agar memberikan rasa pada ramun. Minum ramuan ini setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.
  • Kedelai

Kacang kedelai memang enak sebagai camilan dan bila dibuat susu. Namun kedelai juga dapat menjadi obat sakit maag tradisional yang cukup ampuh mengatasi penyakit maag. caranya iaaha menyiapkan 0,5 kg biji kedelai yang telah disangrai (digoreng tanpa minyak). Setelah disangrai, tumbuk kedelai sampai halus. Bubuk kedelai ditambahkan segelas air panas. Ramuan ini diminum selama 3 kali sehari rutin selama 2 minggu.
  • Temulawak

Tanaman ini memiliki banyak manfaat di bidang obat herbal dan tradisional. temulawak dapat menjadi obat sakit pada sendi, kanker dan menjadi obat maag tradisional. Caranya cukup mudah, sediakan 1 rimpang temulawak lalu cuci bersih. Setelah dicuci, temulawak diiris tipis-tipis lalu dianginkan dulu sebentar. Rebus irisan temulawak dengan 5-7 gelas sampai mendidih. Tiriskan air rebusan, lalu disaring. Air rebusan diminum 1 gelas perhari sampai gejala penyakit maag menghilang.
  • Biji Pepaya dan Daun Pepaya

Buah pepaya memang enak dan terkenal dapat melancarkan pencernaan. Namun jangan membuang daun dan biji pepaya karena ternyata mempunyai khasiat mengatasi penyakit maag. Caranya, ambil biji pepaya secukupnya lalu jemur hingga kering. Setelah kering, ditumbuk sampai halus. Bubuk hasil tumbukan diseduh dengan air hangat lalu diminum 1 ketika ulu hati terasa nyeri. Bila terlalu pahit, biji pepaya dapat diganti dengan daun pepaya.

Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh

Gejala

  • Sering merasa lapar
  • Mual dan muntah
  • Perut kembung
  • Sakit saat buang air besar
  • Sering bersendawa
  • Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada

Penyebab

Pola makan yang tidak teratur merupakan penyebab utama penyakit maag, terkandung mikroorganisme yang meracuni tubuh, mengonsumsi kafein secara berlebih, atau banyak lagi sebab-sebab lainnya seperti kecanduan alkohol, pola istirahat yang tidak cukup dan bersahabat dengan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian ketika ia makan biasanya dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah kronis, penyakit maag ini sangat mengancam atau dapat menyebabkan kematian.
Demikianlah artikel memngenai Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh yang dapat kami informasikan. Semoga puas dan masalah Anda akan segera teratasi. Salam sehat selalu semoga sembuh!

0 Response to "Cara Membuat Resep Obat Maag Tradisional Paling Ampuh"

Posting Komentar