Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita | dr. Herbs Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita | dr. Herbs

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita - Keputihan (Fluor Albus) merupakan sekresi vagina pada wanita. Dari sifat dasarnya keputihan dapat dikelompokan menjadi dua golongan umum yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal (fisiologis dan patologis). keputihan fisiologis merupakan keputihan yang rutin terjadi setiap bulannya, umumnya muncul sebelum dan sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis bisa diakibatkan oleh infeksi yang disertai rasa gatal di dalam vagina dan sekitar mulut vagina luar. Hal yang paling sering menjadi sebab keputihan ini diantaranya bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini bisa mennyebar dan menimbulkan peradangan ke saluran urin, sehingga ketika si penderita buang air kecil, maka rasa pedih akan timbul.

Gejala keputihan

Keputihan normal (fisiologis) sebenarnya berwarna bening, sehingga kurang pas untuk disebut keputihan. Kebanyakan ditimbulkan akibat dari sistem hormonal, sehingga sedikit-banyaknya cairan/sekret vagina sangat bergantung pada siklus bulanan dan stress yang juga dapat mempengaruhi siklus bulanan itu sendiri.  

1. Keputihan normal (fisiologis):

  • Keluar sekret encer, tidak encer & berwarna bening yang tidak bau menyengat.
  • Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau urin.
  • Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.
  • Keputihan yang normal biasanya tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya kurang baik. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.
  • keputihan tidak mengherankan bagi wanita hamil, karena pada saat itu kekebalan tubuhnya akan menurun.
  • Pada orang tua juga ketika kekebalan tubuhnya sudah menurun dapat pula timbul keputihan
  • Pada waktu menopause dimana keseimbangan hormonalnya terganggu.

2. Keputihan abnormal (patologis)

  • Keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, lengket dan kadang-kadang berbusa.
  • cairan ini mengeluarkan bau yang menyengat.
  • Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya serta dapat mengakibatkan iritasi pada vagina.
  • Merupakan salah satu ciri-ciri penyakit infeksi vagina yang berbahaya seperti HIV, Herpes, Candyloma.

Penyebab keputihan

Secara umum, keputihan disebabkan oleh berbagai faktor, berikut klarifikasinya:
  • Ketidak-seimbangan hormon
  • Efek dari penyakit lain
  • Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman (ph) lingkungan vagina
  • Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar
  • Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis (bukan katun), sehingga berkeringat dan memudahkan timbulnya jamur
  • Sering menggunakan WC Umum yg kotor
  • Tidak mengganti panty liner
  • Membilas vagina dari arah yang salah, yaitu dari arah anus ke arah depan vagina
  • Sering bertukar celana dalam/handuk dengan orang lain
  • Kurang menjaga kebersihan vagina
  • Kelelahan yang amat sangat
  • Stress
  • Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi
  • Sering membasuh vagina, yang harus dibsuh adalah vulva (bagian yang menggembung) dan bukan vaginanya
  • Tidak mejalani pola hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
  • Lingkungan sanitasi yang kotor.
  • Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
  • Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex
  • Kadar gula darah tinggi
  • Sering menggaruk vagina
Perhatian khusus pada bentuk keluarnya keputihan
  • Infeksi kencing nanah, misalnya, menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.
  • Keputihan yang disertai bau busuk dapat disebabkan oleh kanker.
  • Keputihan akibat jamur Candida albicans, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna putih seperti susu,cairan kental,  bau tak sedap dan sangat gatal, terkadang dapat menimbulkan radang pada vagina sehingga kelihatan kemerahan.
  • Keputihan akibat bakteri Vaginosis atau Gardnerella, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna abu-abu, tidak terlalu kental,  cairan berbuih, mengeluarkan bau yang amis, dan gatal yang mengganggu.
  • Keputihan akibat parasit Trichomonas vaginalis, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna kehijauan atau kuning,  cairan berbuih dan bau amis, tidak menimbulkan gatal, tetapi saat ditekan, vagina akan terasa sakit. keputihan ini dapat ditularkan melalu hubungan seks yang tidak sehat, perlengkapan kamar mandi atau kloset.
  • Keputihan akibat virus, Keputihan jenis ini dapat diakibatkan oleh virus, HIV, Herpes atau Candyloma. keputihan yang diakibatkan oleh jenis ini dapat memicu kanker rahim, pada keputihan herpes biasanya disertai tanda-tanda herpes seperti luka yang melepuh, sedangkan pada keputihan candyloma disertai tanda-tanda candyloma berupa kutil-kutil yang tumbuh di vagina atau rahim. Penyakit herpes atau candyloma terkadang tidak terdeteksi secara dini, karena umumnya tanda-tandanya tidak mudah terlihat, karena muncul di dalam vagina.

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita

Obat tradisional yang akan dijelaskan di bawah ini adalah ramuan herbal yang menggunakan bahan tanpa efek samping yang asli dari alam dan tentunya kaya akan kandungan. Kita akan merasakan sensasi aman jika tentunya mengonsumsi obat buatan sendiri. Bahkan bahan alami yang akan saya uraikan dapat dengan mudah ditemukan seperti bawang putih, daun sirih, dan bahan alami lain yang dijamin keampuhannya dalam mengobati keputihan gatal karena jamur yang kita derita. Berikut klasifikasinya:

1. Daun Sirih

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita

Daun sirih sejak dulu sangat diyakini ampuh mengusir bakteri jahat. Daun sirih juga menimbulkan bau yang tajam yang nantinya tepat untuk mengobati bau tak sedap. Kandungan seperti seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dapat menangani penyakit keputihan terutama yang abnormal. Adapun untuk cara membuat ramuan daun sirih ini adalah sediakan daun sirih secukupnya, air 2 hingga 3 gelas. Caranya, rebuslah daun sirih tersebut bersama air yang sudah disediakan hingga mendidih. Minumlah air rebusan daun sirih secara teratur 2-4 gelas perhari.

2. Kunyit

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita

Bahan dasar untuk obat keputihan selanjutnya adalah rempangan kunyit. Kunyit atau si kunir ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Senyawa yang berkhasiat untuk obat khususnya keputihan, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, Zingiberen, felandren, sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung lemak, Karbohidrat sebanyak, Protein, Pati, Vitamin C, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium. Cara penyajian ramuan tersebut yaitu: Sediakan beberapa rimpang kunyit, daun sambiloto 5 lembar dan buah delima secukupnya. Cara membuatnya, tumbuklah dan campurkan semua bahan dan rebuslah bersama air sebanyak 3 gelas. Penderita juga bisa menambahkan gula atau madu untuk perasa manis. Setelah itu, kita bisa mengonsumsi ramuan ini sebanyak 2 kali sehari untuk memaksimalkan hasilnya.

3. Bawang Putih


Obat tradisional keputihan yang pertama bisa dibuat dari bahan bawang putih. Ya, bawang putih terkenal sejak dahulu kala karena khasiatnya. Bawang putih mengandung beberapa zat penting yang diperlukan tubuh Anda. Bawang putih berperan sebagai anti biotik. Adapun cara membuatnya adalah sediakan beberapa siung bawang putih secukupnya. Haluskan bawang putih dan oleskan di sekitar daerah organ vital Anda. Anda bisa melakukannya secara rutin untuk menghilangkan bakteri jahat di organ vital Anda. Hal yang harus Anda perhatikan yakni bawang putih memiliki sifat pengencer darah, sebaiknya Anda juga berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

4. Biji dari Buah Mangga

Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita

Obat tradisional untuk penyakit keputihan berikut adalah ramuan dengan bahan dasar biji buah mangga. Ya, Anda bisa menggunakan tannin murni yang diekstraksi oleh Engels dari biji buah mangga yang ampuh meredakan keputihan. Gunakan bijinya untuk dibuat serbuk kemudian buatlah pasta halus untuk dioleskan ke organ vital. Lakukan secara teratur agar cepat sembuh.

5. Ramuan Campuran


Obat tradisional keputihan yang terakhir adalah pengkombinasian ramuan dari 1-4. Anda bisa mengcampurkan beberapa ramuan di atas sekaligus. Penggunaan ramuan campuran ini adalah yang terbaik, karen dapat mengkombinasikan semua kandungan bahan yang ada akan lebih komplit. Manfaat lainnya selain dari menuntaskan keputihan juga menjaga kondisi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Seperti menggunakan campuran pasta biji mangga dan bawang putih. Ambillah bahan-bahan tersebut untuk dioleskan ke daerah vital dengan mengambil zatnya saja dengan cara merebusnya. Untuk hasil yang maksimal, kita harus melakukannya secara rutin sehari 2-3 kali. Hasil akan lebih maksimal jika ditambahkan dengan bahan kunyit dan daun sirih.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Obat Asam Lambung Alami

Harapan kami dari tulisan tentang Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita tidak lain adalah untuk kemanfaatan bagi penulis khususnya, umumnya bagi pembaca semua.Salam sehat selalu semoga sembuh!

0 Response to "Ramuan Obat Tradisional Keputihan Gatal Karena Jamur Pada Wanita"

Posting Komentar