Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies | dr. Herbs Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies | dr. Herbs

Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies

Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies


Obat-obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies, Seperti dikutip MayoClinic dan Webmd, luka pada kulit dapat menimbulkan penyakit serius, salah satunya Jamur, Exim dan Scabies. Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Keradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak anak terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan.

Adapun scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh semacam tungau yang memiliki nama sarcoptes scabiei. Gejalanya berupa rasa gatal yang terutama terjadi pada malam hari, menimbulkan luka atau bintik-bintik kecil pada kulit yang terkena, terkadang bisa meluas dan bernanah. Skabies seringkali menyerang bagian kulit yang memiliki lapisan tipis seperti daerah perut, selangkangan, sela sela jari, dan daerah-daerah lipatan. scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh semacam kutu yang memiliki nama sarcoptes scabiei.

Pencegahan

Munculnya penyakit kulit dapat dihindari dengan melakukan beberapa tips dibawah ini :
  1. Jaga kelembaban kulit.
  2. Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.
  3. Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.
  4. Kurangi Stress.
  5. Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain lain.
  6. Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.
  7. Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.
  8. Hati hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi. 

Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies


Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies

Penulis mengingatkan akan pribahasa yang menyebutkan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Jadi kita tak perlu khawair dengan apa yang kita derita, karena selain ada obatnya, sembuh juga butuh waktu dan keelatenan. Berikut kami informasikan beberapa jenis obat yang telah dipercaya secara turun-temurun dapat mengobati penyakit kulit:
Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies
  • Sulfur atau Belerang

Obat klasik yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit kulit ini adalah sulfur/belerang. Sulfur juga merupakan obat tradisional penyakit kulit yang disebabkan oleh ringworm/jamur dan wabah kutu. Mandikan kucing dengan shampoo/sabun yang mengandung sulfur, kemudian dicelup (dip) dengan cairan sulfur 2-3 %. Mandi dan dip sulfur dilakukan setiap tujuh hari sampai sembuh. Setidaknya diperlukan 6-8 kali mandi hingga penyakit sembuh.
Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies
  • Bunga Teratai 

Obat penyakit eksim ini biasanya dibuat dari helaian mahkota dari bunga teratai yang dibakar. Sehingga akan menghasilkan abu yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Cara pengobatan dengan menggunakan abu teratai ini adalah dengan pengobatan dari luar, caranya yaitu dengan mengoleskannya di daerah sekitar kulit yang terinfeksi.
Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies
  • Tanah Liat

Mengherankan memang, bahan dasar yang sering digunakan bahan bangunan dan aneka perabotan ini ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi obat kulit tradisional. Tanah liat mampu mengatasi iritasi pada kulit dan juga rasa gatal, terutama rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur dan gigitan atau sengatan serangga. Tanah liat bekerja dengan cara menyedot racun-racun yang ada pada kulit sehingga rasa sakit atau rasa gatal akan berkurang. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan tanah liat dengan air sehingga menjadi seperti selai kacang atau setengah lumpur lalu oleskan pada bagian yang gatal. Bisa juga menggunakan tanah liat dioleskan di kain kasa terlebih dahulu baru kemudian ditutupkan pada bagian yang gatal.
Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies
  • Lengkuas

Nama lengkuas tidak asing ditelinga kita, tumbuhan ini sering dan tidak jauh dengan yang namanya bumbu masak. Nama lain lengkuas yang kita kenal juga yaitu Laos. Lengkuas adalah tumbuhan yang berjenis umbi. Sudah kita ketahui biasanya fungsi utama dari lengkuas adalah untuk bumbu memasak. Namun untuk fungsi lainya dapat digunakan sebagai pengobatan medis yang alami. Pemanfaatan lengkuas sebagai obat kurap dikenal dengan pengobatan tradisional dikalangan masyarakat. Namun untuk istilah pengobatannya disebut obat tradisional.

Penting untuk dibaca : Obat Tradisional Kolesterol Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebenarnya masih banyak jenis obat-obatan alami penyakit  Kulit Jamur, Exim dan Scabies ini. Tapi karena keterbatasan kami dalam menyampaikannya, mungkin dilain aritkel kami pasti menambahnya. Salam sehat selalu semoga sembuh!

0 Response to "Obat Obatan Tradisional Untuk Penyakit Kulit Jamur, Exim dan Scabies"

Posting Komentar