Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya | dr. Herbs Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya | dr. Herbs

Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya


Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya

A. Gejala dan Penyebab Darah Tinggi

obatherbalasia.com Kali ini akan meneruskan tema yang masih bersangkutan dengan artikel sebelumnya yaitu seputar Obat Alami Penyakit Darah Tinggi yang kebetulan salah satu dari keluarga penulis ada beberapa sodara yang terjangkit penyakit ini sejak memasuki umur 40-an. Silahkan ikut menyimak. Semoga bermanfaat!

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Terdapat beberapa gejala umum atau kondisi yang mengawali darah tinggi adalah seperti rasa sakit kepala yang hebat, bahu yang berat, tidak memiliki semangat, selalu ingin tidur dan emosi yang tinggi. Semua gejala awal ini bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi setiap penderita.

Apa Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi sebenarnya juga tidak memiliki penyebab khusus. Beberapa orang bisa mendapatkan tekanan darah tinggi karena faktor emosi atau kondisi fisik lain. Namun salah satu hal yang sering disalahkan dengan masalah tekanan darah tinggi adalah gaya hidup yang tidak baik. Berikut ini adalah penyebab tekanan darah tinggi.
  • Faktor Penyakit Lain

Selain penyakit tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit komplikasi, maka beberapa jenis penyakit juga bisa memicu tekanan darah tinggi. penderita penyakit gagal ginjal, diabetes, tinggi kolesterol juga memiliki resiko tekanan darah tinggi yang lebih besar.
  •  Faktor Usia

Di Indonesia orang yang menderita tekanan darah tinggi biasanya termasuk dalam golongan usia tua. Hal ini sebenarnya disebabkan karena semakin bertambahnya usia dan terus melakukan kebiasaan yang tidak sehat maka merusak sistem tekanan darah. Akibatnya maka tekanan darah tinggi akan muncul saat sudah tua.
  • Pola Hidup Kurang Baik

Salah satu penyebab utama yang paling sering ditemukan adalah pola atau gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa kebiasaan yang memicu tekanan darah tinggi adalah seperti kebiasaan makan asin, konsumsi serat yang kurang, kurang olahraga, kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kebiasaan buruk ini jika sering di lakukan dalam waktu lama bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Faktor Genetik

Banyak kasus yang paling sering ditemukan adalah riwayat penyakit tekanan darah tinggi dalam keluarga. Jika salah satu orang tua menderita tekanan darah tinggi maka anggota keluarga juga memiliki potensi yang sama.

B. Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya 

Bagi yang telah bosan dengan obat kimiawi dan tanpa ada reaksi atau sedikit dalam membantu menurunkan tekanan darah. Kami sajikan berbagai tumbuhan, buah dan sayuran yang sangat baik untuk mengatasi hipertensi ini dengan cepat dan aman tentunya. Berikut rangkaiannya:

Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya

Obat Alami Penyakit Darah Tinggi

  • Sayuran Hijau

Anda pernah minum jus brokoli? Anda menyukai rasanya? Sebagian mungkin menjawab, "Iya! Saya suka." Sebagian lain menjawab, "Argh! tak enak sama sekali." Wajar, karena tidak semua orang suka sayur.
Brokoli hanya satu contoh sayuran hijau yang mengandung potasium tinggi, tapi rendah sodium. Selain brokoli Anda bisa pilih sayuran hijau lain yang disukai, bayam bisa jadi salah satu alternatif.

Sekarang, Anda boleh senang karena ternyata ada beberapa jus nikmat yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk mengatasi darah tinggi. Tapi, tunggu dulu! Jus yang sehat dan menyehatkan ini akan lebih bermanfaat dan bisa mengatasi darah tinggi jika Anda mengolahnya tanpa gula. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam perjuangan melawan tekanan darah tinggi.
  • Tomat

Saiapa yang tak kenal dengan buah yang sangat banyak disekitar kita ini. Mungkin salah satu dari Anda adalah pecinta makan buah tomat mentah-mentah? Makan tomat mentah-mentah dan bulat-bulat mungkin tidak semua orang suka. Lebih nikmat kalau tomat dijus dan dicampur dengan buah lain. Tetapi, porsi terbesar harus buah ini, karena di dalam tomat terdapat potasium, vitamin C dan serat, dan dalam satu mangkuk tomat terkandung 9 mg sodium saja.

Minuman ini bisa jadi diet sodium yang sehat karena kebutuhan Anda akan sodium tetap terpenuhi tapi dalam jumlah yang minimal. Tentu tidak membahayakan kondisi kesehatan Anda. Sebisa mungkin pilihlah tomat segar untuk dijus, karena tomat olahan yang dijual di supermarket sering kali mengandung sodium yang lumayan tinggi.
  • Buah Beri

kamu meski tau apa saja yang termasuk dalam kategori buah beri? kamu tinggal sebutkan satu per satu yang kamu kenal; strawbery, blueberry, blackberry, dan raspberry. Di era modern ini tidak ada yang susah bagi kamu yang ingin membeli tapi belum kenal dengan buah-buahan yang saya sebuitkan tadi. Bahkan anda tak perlu keluar rumah untuk mendapatkannya, apalagi harus menanam terlebih dahulu. Kita tinggal memesan di toko-toko online saja.

Tak hanya bentuknya yang menarik, buah beri dikenal kaya manfaat karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Satu mangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium. Berapa banyak potasium yang Anda butuhkan untuk mengatasi darah tinggi? Per hari setidaknya dibutuhkan 4.700 mg asupan potasium, jadi sekitar 23 mangkuk buah beri yang Anda butuhkan dalam sehari. Tak sulit memakan buah sebanyak itu asal Anda mengolahnya dalam bentuk jus segar. Selain potasium, buah beri juga mengandung serat dan vitamin C.


Pantangan Penyakit Darah Tinggi

Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya

Dalam berbagai macam hal sering ditemukan kondisi bahwa penderita tekanan darah tinggi tidak bisa memiliki kehidupan seperti orang lain yang normal. Hal ini sebenarnya dilakukan agar tekanan darah bisa berada dalam kondisi normal. Menjaga agar tekanan darah tidak terlalu tinggi adalah salah satu usaha untuk menurunkan resiko beberapa komplikasi penyakit yang selalu mengancam penderita darah tinggi. Dibawah ini adalah beberapa hal yang dilarang bagi penderita darah tinggi.

Dalam rangka usaha untuk menurunkan tekanan darah tinggi maka mengatur menu makanan adalah kewajiban utama. Konsumsi berbagai jenis makanan yang memicu tekanan darah tinggi akan meningkatkan resiko komplikasi seperti stroke dan serangan jantung.

Berikut ini beberapa aturan dalam memilih makanan untuk penderita darah tinggi:
  • Kebiasaan Minum Alkohol

Alkohol adalah salah satu pantangan besar bagi semua penderita tekanan darah tinggi. Alkohol juga berpotensi merusak dinding arteri sehingga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol bagi penderita tekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius. 
  • Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. asupan lemak trans atau jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung.
  • Makanan Olahan / Makanan Cepat Saji

Semua jenis makanan olahan atau makanan cepat saji sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. biasanya semua jenis makanan kemasan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam dan berbagai bahan perasan tambahan lain. Hal ini juga bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.
  • Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. asupan lemak trans atau jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung.
  • Pizza

Pizza adalah salah satu jenis makanan yang sangat lezat. Namun berbagai jenis campuran dalam pizza ternyata bisa meningkatkan resiko pada penderita tekanan darah tinggi. Beberapa jenis bahan tambahan seperti daging merah, keju, roti dan berbagai isi lain bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. selain itu olahan pizza juga banyak mengandung garam jadi sebaiknya harus dihindari oleh semua penderita tekanan darah tinggi.
  • Daging Berlemak

Daging berlemak segar seperti daging sapi dan daging domba sangat dilarang untuk penderita darah tinggi. Daging merah yang mengandung lemak juga bisa mengandung berbagai jenis racun yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat.
  • Jangan Konsumsi Makanan Asin

Mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan banyak garam adalah pantangan yang sangat utama bagi penderita tekanan darah tinggi. menambahkan garam secara langsung ke berbagai jenis masakan juga sangat dilarang. Makanan untuk penderita tekanan darah tinggi harus minimal garam dan jika perlu gunakan garam khusus. Garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. 

Kami rasa artikel mengenai Obat Alami Penyakit Darah Tinggi ini sudah lebih ari cukup dengan harapan semoga selalu sehat dan salam sembuh saja!

Baca pula: Tips Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat Turunkan 

0 Response to "Obat Alami Penyakit Darah Tinggi Dan Pantangannya"

Posting Komentar