Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Bangun Tidur, Obatnya Apa ? Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Bangun Tidur, Obatnya Apa ? | dr. Herbs Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Bangun Tidur, Obatnya Apa ? | dr. Herbs

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Bangun Tidur, Obatnya Apa ?


Ketidak nyamanan saat bangun tidur itu sangat beragam, ada yang merasa pusing, ada yang mual dan termasuk yang sering dirasakan yaitu terasa sakit tenggorokan. Hal-hal tersebut terkadang membuat kita malas untuk melakukan kewajiban aktivitas. Maka dari itu, obat herbal alami kali ini akan mencoba membahas mengenai tenggorokan sakit saat bangun tidur. Semoga bermanfaat.

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Bangun Tidur, Obatnya Apa ?


A. Penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur

Agar kita mengetahui cara mengantisifasi sakit tenggorokan ini, sebaiknya kita mempunyai pengetahuan tentang sebab-sebabnya terlebih dahulu, supaya tepat dalam mengobati dan tentunya jangan sampai kambuh kembali. Berikut uraiannya:
  • Tenggorokan kering

Penyebab sakit tenggorokan saat terbangun dari tidur yang paling lazim terjadi di masyarakat kita baik anak-anak ataupun yang sudah dewasa adalah dikarenakan oleh keringnya tenggorokan. Jika yang demikian terjadi, maka tidak aneh ketika kita bangun dari tidur akan terasa sakit tepat di tenggorakan kita. Faktor yang menjadi alasan ternggorakan kering saat bangun tidur ini biasanya diakibatkan ketika kita tidur itu mulut terbuka. Wajar memang jika ini terjadi, karena ketidak-sadaran kita saat tidur, walaupun saat hendak mau tidur mulut kita tertutup. Apalagi jika lingkungan tempat tidur kita kotor, mungkin debu dan kotoran ada yang terhisap, karena kebanyakan orang yang tidurnya dengan mulut terbuka itu 50 : 50 % nafasnya hidung dengan mulut.
  • Pengaruh cuaca

Pengarus cuaca disekitar kita juga akan menimbulkan rasa nyeri pada tenggotokan saat kita bangun. Dimusim penghujan terutamanya, sangat rentan terhadap pengaruh suhu tubuh kita. Bila raga kita normal, maka semakin dingin cuaca yang kita alami, semakin panas suhu yang dikeluarkan tubuh (secara ototmatis). Atau jika kita telah biasa bertempat didaerah panas, tiba-tiba harus pindah ke daerah yang iklimnya dingin terutama malam hari, biasanya keesokan hari saat bangun tidur, kita akan dihadapkan dengan sakit tenggorokan.
  • Penyakit sinusitis

Penyebab lain dari rasa dakit yang kita rasakan ketika bangun tidur ialah tidak lain kita mengidap penyakit sinusitis. Peradangan yang terjadi pada rongga sinus merupakan artikata dari sinusitis, kebanyakan diderita oleh pengidap penyakit hay-fever (pilek menahun) yang alergi terhadap wangi sari bunga atau debu, dan jika non-infeksi biasanya alergi terhadap iritasi akibat obat kimiawi. Segera berobat ke dokter THT yang biasa kita temui, biasanya suka diberikan beberapa metode pengobatan.

Obat Dan Pencegahan tenggorokan sakit saat bangun tidur

Ketika kita mengalami hal demikian, maka jangan panik dulu! Karena banyak hal yang mesti kita coba. Penulis menyarankan agar kita sebelum dan sesudah tidur harus menggosok gigi terlebih, minum air yang banyak terutama kepada perokok aktif, karena perokok itu jika ia merokok tepat sebelum tidur, hampir dipastikan nanti ketika bangun tidurnya akan terasa sakit pada tenggorokan.

Sebaiknya sediakanlah air didekat tempat tidur kita, agar ketika bangun terasa sakit, kita tidak kerepotan mencari air. Jika sudah terjadi, maka meminum air hangat biasanya bisa meredakan rasa sakit tersebut, lebih bagusnya kita banyak mengonsumsi madu asli, karena khasiat dari senyawa yang dikandung madu ini tidak diragukan lagi, yaitu dapat mengobati segala jenis penyakit. Atau jika ingin lebih nikmat, silahkan membuat teh manis yang panas. Ini bisa menjadi solusi terbaiknya. 

Perlu diperhatikan juga lingkungan tempat tidur kita, jangan sampai banyak kotoran yang berserakan. Ini membuat banyak masalah, selain sakit tenggorokan, banyak juga potensi penyakit yang akan kita alami, apalagi jika kita salah satu penderita alergi debu. Bagi pengidap penyakit alergi wewangian seperti pewangi ruangan, jangan coba-coba ruangan kita disimpan hal demikian. Jika ingin wangi, pakailah minyak pavorit kita pada seprey kasur yang kita sedang digunakan.

Baca juga : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif

Baik, mungkin itu saja ulasan dari kami tentang penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu semoga sembuh!

0 Response to "Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Bangun Tidur, Obatnya Apa ?"

Posting Komentar