Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif | dr. Herbs Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif | dr. Herbs

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif

Kata sakit mata adalah istilah yang masih umum, kebanyakan orang takut terlular jika ada salah satu kerabatnya yang terkaena sakit mata, padahal tidak semua penyakit mata dapat menular. Penyebab dan gelanya yang berbeda-beda dan tentunya cara pengobatan dan pencegahannya pun berbeda yang akhirnya menyebabkan pengelompokan jenis sakit mata yang dapat kita jumpai diantaranya seperti konjungtivitis, miopi, trakoma, presbiopi dan lain sebagainya.

konjunctivitis, skleritis, glaucoma, uveitis, dan sebagainya.

Bersumber dari: Sakit Mata – Penyebab, Gejala dan Pengobatannya | Mediskus.com
Berikut adalah tips untuk melindungi dan mencegah sakit mata: 

* Lindungi mata dari debu, asap dan zat iritan lainnya.
* Jangan memegang atau mengucek mata berlebihan.
* Hindari penggunaan makeup pada sekeliling mata.
* Mencuci tangan dengan sabun ketika sebelum dan setelah menyentuh area mata.
* Jika Anda pengguna lensa kontak, maka lepaslah selama sakit mata belum sembuh.

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif

Disini peulis akan menjelaskan dari mulai jenis, penyebab, gejala dan yang paling penting adalah cara penanganan sakit mata yang efektif, berikut ulasaan singkatnya:
  • Viral Conjunctivitis (Konjungtivitis Virus)

Penyebab utama dari penyakit mata yang satu ini tidak lain dikarenakan ada virus yang menyerang atau menular seperti flu. Karena disebabkan dari penularan, jenis sakait mata inipun sangat gampang menular, tetapi biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari tanpa perlu perawatan medis. Gejala atau tanda-tanda konjunctivitis karena virus ini antara lain gejala konjunctivitis secara umum ditambah dengan sekret atau cairan mata encer dan bening.

Pengobatan Konjungtivitis Virus

Obat antivirus mungkin diperlukan ketika dokter menentukan bahwa konjungtivitis virus yang Anda alami disebabkan oleh virus herpes simplex. Akan tetapi secara umum kasus konjungtivitis virus ini tidak memerlukan pengobatan khusus. Sakit mata karena virus ini hanya memerlukan waktu untuk penyembuhannya yakni sampai dua atau tiga minggu. Viral conjunctivitis sering dimulai pada satu mata dan kemudian dalam beberapa hari menginfeksi mata sebelahnya.
  • Konjungtivitis Bakteri

Tidak jauh dari namanya, yaitu sakit mata konjunctivitis yang disebabkan oleh serangan bakteri. Jenis penyakit ini bisa menjadi sebab ruksaknya mata yang serius tentunya jika kita tidak serius pula menanganinya. Berbeda dengan virus, konjunctivitis bakteri akan bergejala sekret tebal yang berwarna kuning kehijauan (belekan). Namun hati-hati, karena penyakit ini sama-sama cepat menular.

Pengobatan Konjungtivitis Bakteri

Dokter pun biasanya memberikan obat anti-botik untuk mengobati mata yang terinfeksi bakteri ini. Tergantung keakuratan anti-biotik tersebut, jika tepat dan cocok, maka tidak akan lama matapun akan sembuh kembali, dengan syarat yaitu tentunya harus pemakaian sesuai anjuran dan aturan yang berlaku pada obat tersebut, karena hal ini sangat penting demi infeksi bakteri tidak kambuh kembali. Selamat mencoba.
  • Konjungtivitis Alergi

Konjungtivitas alergi merupakan jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penderita yang alergi untuk berhadapan dengan alergen seperti bulu binatang peliharaan, debu (dapat terjadi sepanjang tahun) dan serbuk sari (konjungtivitis alergi musiman). Sedikit berbeda dengan kedua konjuntivitis tadi, sakit mata ini ramah alias tidak menular. Gejala yang terjadi pada konjungtivitis alergi ini, biasanya dibarengi gatal-gatal pada mata serta gangguan pada hidung seperti kesumbat, bersin-bersin dan meler.

Pengobatan Konjungtivitis Alergi

Umumnya jika dokter memvonis atau kita mengetahui gejala tadi bahwa sakit mata ini berjenis konjungtivitas alergi, maka biasanya resep yang paling tepat adalah obat tetes anti-alergi yang sangat banyak dipasaran. Selain itu, jika memungkinkan agar sembuh dari alerginya biasanya dokter memberikan obat minum penyembuh alergi seperti antihistamin,  atau obat-obatan yang membantu mengendalikan peradangan, seperti dekongestan, steroid dan tetes anti-inflamasi. Memang penting juga untuk menjauhi segala apapun yang menyebabkan kita alergi.
  • Konjungtivitis Iritasi

Iritasi pada mata yang terjadi akibat dari percikan atau kelilipan bahan kimia atau benda asing juga berhubungan dengan konjungtivitis. Tanda dan gejala sakit mata karena iritasi ini, antara lain: mata berair dan terkadang sedikit kental, biasanya akan sembuh dengan sendiri dalam waktu sekitar satu hari, tidak perlu pengobatan yang serius, kalau mau cukup dengan dibersihkan dengan air bersih atau obat tetes biasa.
Demikian uraian yang penulis bisa sampaikan mengenai Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif, mungkin ada baiknya kita berwaspada akan segala kemungkinan yang akan terjadi. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Selalu Semoga Sembuh!

0 Response to "Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Sakit Mata Yang Efektif"

Posting Komentar