Apa Penyebab Umum Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Kiri? Apa Penyebab Umum Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Kiri? | dr. Herbs Apa Penyebab Umum Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Kiri? | dr. Herbs

Apa Penyebab Umum Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Kiri?

Rasa sakit pada pinggang adalah keluhan kebanyakan orang dewasa, utamanya mereka yang memiliki segudang aktivitas untuk memenuhi tanggungjawab rumah tangga. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi kalangan orang remaja kebawah juga bisa terkena serangan sakit pinggang. Umumnya sakit yang dirasa antara kanan, tengan dan kiri, baik itu terjaadi secara tiba-tiba atau perlahan yang jelas kesemuanya sangat tidak nyaman. Sangat jelas jika yang demikian terjadi pasti dikarekan ada sebuah penyakit didalamnya. Dari sini lah kita wajib mengetahui penyakit apa saja yang menjadi penyebab sakit pinggang tersebut.

Apa Penyebab Umum Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Kiri?

  • Tegang Otot

Mungkin ini adalah penyebab yang paling sering dan umum untuk sakit pinggan baik secara tiba-tiba (akut) atupun perlahan. Alasannyanya bisa karena mengangkat barang-barang berat yang berlebih atau bisa dikarenakan bergerak dengan tiba-tiba dan tidak biasa dilakukan. Ada kesamaan apabila otot lumbal kanan atau kiri  menegang sering terasa sakit pada pinggang kita.
  • Masalah Empedu

Kram yang meradang pada kantung empedu rasa sakitnya juga bisa menjalar ke pinggang sebelah kanan. Penyebab ini juga tidak kalah dengan yang tadi, sebab sakit pinggang tidak jarang dikarenakan oleh peradangan batu empedu ini. Penting bagi penderita penyakit batu empedu ini untuk segera menyadari jika sakit pinggang yang dirasakan disertai dengan sakitnya perut yang melilit dan terasa mual ingin muntah, maka segera ke dokter, karena penyakit ini termasuk kategori darurat medis yang memerlukan penanganan intensif.
  • Sciatica

Penyebab sakit pinggang dari penyakit Sciatica ini memang jarang dialami namun kita harus waspada akan kejadiannya. Iritasi atau kompresi saraf skiatik (saraf skiatik kejepit) merupakan arti dari istilah medis sciatica ini. Jika yang terlibat adalah saraf skiatik sebelah pingang sebelah kanan bagian bawah (panggul) maka akan menyebabkan sakit yang menjalar sampai ke kaki, karena saraf skiatik ini adalah saraf terpanjang yang dimiliki tubuh.
  • Ginjal

Batu ginjal dan infeksi ginjal merupakan penyakit ginjal yang menjadi salah satu penyebab pinggang sakit. Keterlibatanya tergantung dari letak sakit itu sendiri, jika sebelah kanan berarti ginjal kanan yang bermasalah, dan begitu sebaliknaya. Pada infeksi ginjal selain keluhan dan tanda diatas ditambah lagi dengan adanya demam, menggigil, mual, muntah dan gangguan buang air kecil. Jika Anda mengalami sakit pinggang yang seperti ini segeralah mencari pertolongan medis. Sedikit berbeda pada batu ginjal, rasa sakit biasanya nyeri pada tumpul (kemeng) dan terasa sakit pada pengetukan (nyeri ketok) di area costovertebra angle (pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter) dan tak jarang rasa sakit menjalar ke perut hingga selangkangan. 
  • Herpes Zoster

Karena herpes zoster ini menyerang saraf maka mungkin saja saraf pada pinggang sebelah kanan terkena sehingga akan timbul rasa nyeri, panas, terkadang disertai rasa kesemutan yang biasanya menjalar sampai perut sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster ini hanya menyerang sebelah tubuh yakni kanan saja atau kiri saja.
Penyakit lain yang menjadi penyebab sakit pinggang ini diantaranya Strain, Kista ovarium, umor fibroid, masalah pencernaan seperti iritasi usus, penyakit ulkus peptikum (tukak lambung) atau peradangan pankreas Stenosis Spinal Herniated Disc dan Skiatika.

0 Response to "Apa Penyebab Umum Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Kiri?"

Posting Komentar