10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal dan Penjelasan Penyebabnya 10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal dan Penjelasan Penyebabnya | dr. Herbs 10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal dan Penjelasan Penyebabnya | dr. Herbs

10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal dan Penjelasan Penyebabnya

10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal  dan Penjelasan Penyebabnya
Disni kita akan membahas tuntan tentang Macam-Macam Penyakit Ginjal pada manusia sebelumnya perlu diketahi bahwa ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip kacang ginjal ini ada dua dalam setiap manusia . Ginjal merupakan Sebagai bagian dari sistem urin .Ginjal berada dalam rongga perut bagian belakang dan bisa dilihat dari tulang belakang dan terlihat bagian kiri dan kanan ginjal beratnya sekita 200 gram .

Adapun pungsi ginjal yaitu menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin namun jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik maka zat–zat metabolisme tubuh akan berkumpul dan menumpuk dalam tubuh sehinggga dapa menyebabkan berbagai aksi penyakit .Berikut ini Macam - macam penyakit ginjal :

10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal  dan Penjelasan Penyebabnya

1. Glikosuria
Glikosuria ditandai dengan adanya kandungan gula pada urin . Ini disiebabkan oleh keruskan badan malpigi tugasnya sebagai menyaring darah.


2. Polisistik

Penyaki Ginjal ini adalah kerusakan saluran ginjal yang mengakibatkan kista di sepanjang saluran ginjal.Polisistikjuga menyebabkan bagian ginjal yang berfungsi menyaring darah akan mengalami kerusakan


3. Ketosis

kondidi ini ialah ditemukannya senyawa keton pada darah. Kondisi ini bisa terjadi pada kita yang melakuan diet karbohidrat


4. Anuria

Anuria adalah kegagalan ginjal dalam memproduksi urin. penyakit ini disebabkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi darah pada ginjal . penyebab utama terjadinya penyakit ini adalah Penyempitan arterial efferent oleh hormon epinefrin dan radang .
Baca juga :  Obat Herbal Diabetes

5.Albuminaria

Ini dalah kelainan ginjal yang dikarenakan oleh naiknya tingkat permeabilitas membrane glomerulus. Permeabilitas bisa diakbitkan oleh iritasi pada sel-sel ginjal akibat eter,logam berat, bakteri, ,luka di membrane glomerulus akibat kenaikan darah, dan lainnya .


6. Hematuria

Adapun Hematuria adlah suatu kondisi dimana urin mengandung sel-sel darah merah ini karena adanyan iritasi atau radang pada sel-sel ginjal.


7. Nefritis Glomerulus

Nefritis glomerulus disbut juga dengan radang ginjal umumnya disebabkan oleh reaksi alergi terhadap racun yang diproduksi bakteri Streptococcus yang bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti tenggorokan. Penyakit Nefritis Glomerulus sendiri bisa memungkinkan sel-sel darah merah dan protein tercampur dengan urin. Jika penyakit ini parah pasien bisa gagal ginjal.


8. Bilirubinaria

Penyakit Bilirubinaria ditandai oleh tanda zat warna empedu atau bilirubin yang berlebihan di dalam urin . hal ini bisa karena adanya disfungsi hati.


9. Pielonefritis

Penyakit ini adalah terjadinya infeksi atau peradangan pada ginjal. Hal ini pada umumnya berawal dari bagian dalam ginjal (pelvis) dan akhirnya bisa menyabar ke seluruh bagian ginjal.ini juga dapat mengakibatkan gagal ginjal.


10. Kistitis

JikaPielonefritis peradangan di dalam ginjal itu sendiri sedangkan Kistitis iaalah danya peradangan pada kantung kemih . Adapun penyebab Kistitis itu sendiri dikabatkan infeksi bakteri, luka mekanis, atau infeksi bakteri.


Inilah 10 Macam-Macam Penyakit Ginjal semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semua dalam mengenal gannguan ginjal yang dialami oleh manusia .

0 Response to "10 Macam-Macam dan Jenis - Jenis Penyakit Ginjal dan Penjelasan Penyebabnya"

Posting Komentar