Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya | dr. Herbs Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya | dr. Herbs

Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya

Mimisan Pada Anak - Kita juga pasti ingat, masa kanak-kanak dulu biasanya rentan terhadap segala macam pernyakit karena tingginya tingkat aktivitas atau sensitivitas mereka terhadap lingkungan, itu adalah normal bagi mereka untuk mengalami mimisan.

Bagian depan hidung mengandung banyak pembuluh darah rapuh yang mudah rusak. Sebagian besar mimisan pada anak-anak terjadi di bagian depan hidung dekat dengan lubang hidung. Mimisan dapat menjadi kejadian yang menakutkan, tapii biasanya tidak berbahaya.

Istilah medis untuk mimisan adalah epitaksis. Mereka cukup umum terjadi pada anak-anak, terutama di daerah beriklim kering atau selama bulan-bulan musim dingin ketika panas kering di dalam rumah dapat menyebabkan pengeringan di dalam hidung.

Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya

Mimisan akan terjadi secara tiba tiba dan tidak bisa diketahui secara pasti karena tidak ada gejala dari tubuh jika ingin terjadi mimisan. Dalam kondisi tubuh yang sakit atau dalam keadaan sehat mimisan bisa terjadi, karena itu siapa pun dialami. Mimisan yang secara tiba tiba terjadi tidak akan menyebabkan rasa sakit atau apapun selain hanya darah saja yang dikeluarkan.

Penyebab Mimisan

Jangana tidak mengetahuinya mengapa hal ini terjadi pada anak. Karena penyebab mimisan pada anak sangat banyak, yang perlu diketahuinya.
  • Dehidrasi
Sebaiknya air putih itu, diminum sebanyak dua liter atau setara dengan delapan gelas perharinya. Dan ini sudah menjadi kewajiban Anda untuk meminumnuya, agar tidak mengalami kelemasan pada tubuh, sehingga berujung dengan dehidrasi. Air putih ini sangat aman untuk dikonsumsi. Dan jika dikonsumsi dengan baik akan terjadinya penyebab mimisan pada anak anak. Air putih memilikoi kegunaan yang sagat banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Tulang yang kuat, bagian tubuh dalam tidak terdapat bakteri, itu semuanya karena air putih yang bekerja dengan cara baik.
  • Minus Vitamin C
Vitamin C itu banyak terdapat dimana mana. Dibuah dan sayur ada yang mengandung vitamin C. Buah yang terkandung vitamin C adalah buah jeruk dan buah jambu biji yang buah buah tersebut fungsinya bisa mengatasi sariawan dan susah bab. Peranan vitamin C ini sangat penting, dan jika tubuh tidak mencerna atau menyerap vitamin ini akan terjadinya timbulnya pendarahan pada bagian hidung, inilah yang dinamai dengan penyebab mimisan pada anak dan orang dewasa sekaligus. Jadi jika tidak ingin terjadi kejadian seperti ini, yang dapat dilakukan adalah cukup dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C.
  • Polusi yang kotor
Polusi yang kotor terdapat dimana mana. Dijalan, dirumah atau dimana saja, yang terdapat polusi kotor ini, bisa berefek pada penyebab mimisan pada anak ataupun dewasa. Polusi ini, bukan hanya saja menyebabkan hidung berdarah, tetapi juga bisa menyebabkan hal hal lain. Seperti batuk, sesak nafas. Kekusaman pada muka, sehingga bisa menimbulkan jerawat pada mukan, dan masih banyak lagi. Jadi, jika ingin melakukan kegiatan atau aktivitas yang ada diluar, gunakanlah penutup hidung atau masker. Karena penanganan ini sangat aman untuk siapa saja dana bagi yang menggunakannya.
  • Pancaroba
Cuaca dan kondisi yang sering mudah berubah ubah akan mudah terserang penyakit. Apalagi situasi cuaca yang musim hujan, pasti timbul penyakit yang menyerang tubuh, seperti flu, dan demam, dan lain lain. penyebab mimisan pada anak bisa dengan situasi yang berubah ubah. Jadi jangan heran, kalau Abda akan terserang penyakit, sekaligus bisa menyebabkan penyakit demam berdarah sekalipun. Penyakit demam berdarah sangat berbahaya sekali, yang berakibatkan tubuh tidak berdaya, sehingga bisanya hanya berbaring ditempat tidur saja. Kematian akan terjadi, apabila penyakit demam berdarah tiudak segear diatasai atau dalam melakukan penangana sangat terlambat sekali, serta nantinya pasti akan berujung dengan kata
  • Infeksi
Infeksi ini bisa terjadi dalam hal apa saja. Bisa saja dengan pengorekkan hidung terlalu dalam atau juga bisa memakai obat obattan kimia sehingga bisa menyebabkan hidung berdarah. Karena penyebab mimisan pada anak bisa oleh adanya infeksi. Jika terdapat infeksi seperti ini, segeralah lakukan pengoabatan, agar infeksi tersebut tidak semakin parah. Infeksi umumnya, bisa terjadi dimana mana, bukan hanya didalam hidung saja, tetapi ada tempat tempat lain, yang kemungkinan akan mengalami infeksi juga. Pada mata, tenggerokkan, luka, atau dalam tubuh, juga bisa terserang infeksi.
penyesalan.
  • Jatuh yang terkena bagian hidung
Bagi yang pernah terjatuh dari apapun, sehingga mengenai pada bagian hidung itulah yang harus perlu diwaspadai. Karena penyebab mimisan pada anak bisa terjadi karena jatuh. Jatuh itu merupakan moment yang memang sering terjadi pada setiap manusia, termasuk saya. Tetapi dalam jatuh tersebut berbedar, ada yang mengeni kaki, kepala, atau yang lain. jadi kalian jika, tidak ingin mengalami kejadian seperti ini, harus hati hati dalam melakukan tindakan dan kegiatan. Biasanya trauma ini, bisa terjadi akibat jatuh, yang ujung ujungnya juga bisa mendatangkan hidung menjadi berdarah.
  • Membersihkan hidung terlalu dalam
Jika hidung mengalami kotor atau merasakan hal yang tidak enak, bersihkanlah. Memang bagus sekali untuk memberihkan hidung. Tetapi dalam membersihkannya, diusahakan jangan terlalu dalam, karena bisa terjadinya hidung berdarah. Penyebab mimisan pada anak bisa dengan melakukan hal seperti ini. Penyebab inilah yang sering banyak terajdi pada penderita hidung berdarah. Makannya pembersihan hidung itu, dilakukannya jangan teralu dalam, untuk menghindarinya.

Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya

Bahaya Mimisan

Mimisan pada anak tidak selamanya membahayakan apalagi bila anak anda mengalami fisik yang sehat. Mimisan yang dialami pada kondisi anak sehat disebabkan karena trauma pada bagian hidung dalam atau mengalami muktosa hidung yang kering hingga masuknya benda asing.

Berbeda lagi dengan anak yang mengalami mimisan ketika kondisi badan anak anda demam tinggi, anda harus melakukan antisipasi dan waspada. Ini dapat menjadi salah satu tanda yang membahayakan apabila kondisi anak anda demam dan mengalami mimisan, seperti berikut ini :
  • Anak anda mengalami sulit bernafas
  • Jumlah darah yang keluar sangat banyak
  • Anak merasa lemas dan pucat
  • Mengalami benturan di wajah dan disertai nyeri dada atau denyut nadi menjadi berkurang , cepat lelah.
Kondisi seperti inilah yang menjadi tanda bahwa anak anda yang mengalami mimisan menjadi berbahaya. Pada beberapa kasus anak yang mengalami demam tinggi dan mengalami mimisan dapat disebabkan karena penyakit seperti demam berdarah hingga penyakit leukemia.

Mencegah Mimisan

Karena selain ada nya faktor penyakit yang menyebabkan mimisan, ada faktor lain nya. maka bisa di cegah dengan melakukan beberapa tips di bawah ini :
  • Menggunakan penutup hidung
Penutup hidung sangat di perlukan untuk mencegah mimisan. Penutup hidung akan mencegah udara yang terdapat bakteri dan kotoran masuk ke dalam hidung. Oleh sebab itu gunakan pelindung hidung jika ingin berpergian keluar rumah, sehingga tidak akan menyebabkan mimisan terjadi.
  • Mengorek hidung hati hati
Hati hati lah jika ingin membersihkan hidung dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan alat. Karena jika tidak hati hati bisa menyebabkan hidung terluka dan terjadi nya mimisan pada hidung.
  • Hindari rokok
Rokok ataupun asap bisa menyebabkan hidung mengalami pendarahan. Karena hidung harus lembab, tetapi jika merokok akan mengurangi kelembaban hidung dan akhir nya bisa mengalami pendarahan. Oleh sebab itu baik nya tidak mengkonsumsi rokok dan juga jauhi asap rokok.
  • Tidak minum alkohol
Jika ingin terhindar dari penyakit liver dan juga mimisan sebaik nya tidak lagi mengkonsumsi alkohol.karena alkohol bisa menyebabkan mimisan akan terjadi. Minum alkohol sedikit ataupun banyak tidak baik untuk di lakukan.
  • Hati hati membuang ingus
Jika sedang flu yang akan menghasilkan lendir yang berlebih atau ingus. Maka untuk membuang nya tidak dengan cara yang kasar atau berlebihan yang akan menjadi hidung akan mengeluarkan darah.
Baca juga: Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Mimisan Di Hidung Dengan Cepat
Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya

Obat tradisional Mimisan

  • Akar Teratai
Sediakan 200 gram akar teratai, lalu ditumbuk sampai halus. Gunakan airnya sebagai obat tetes hidung, sebanyak 3 tetes air. Silahkan minum sisanya.
  • Rambut Jagung
Ambil 50 gram rambut jagung, kemudian rebus bersama 400 cc air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu, airnya disaring. Minumlah airnya selagi hangat.
  • Akar Alang-Alang
Sediakan 60 gram akar alang-alang, kemudian direbus bersama 400 cc air sampai mendidih. Biarkan airnya menyusut hingga setengahnya. Minum airnya selagi hangat.
  • Pegagan
Ambil 60 gram pegagan, kemudian direbus ke dalam 400 cc air. Biarkan airnya mendidih selama beberapa menit, sehingga tersisa setengahnya. Segera minum airnya selagi hangat.
  • Kangkung segar
Sediakan 25 gram kangkung segar dan air secukupnya, kemudian masukkan ke dalam blender. Jus kangkung dapat diminum secara teratur untuk mengatasi mimisan yang sering dialami.
  • Kacang Tanah
Siapkan 25 gram kulit kacang tanah, kemudian rebus bersama 400 cc air. Setelah airnya berkurang setengah dari semula, disaring. Minum airnya ketika hangat.
  • Daun sirih
Ambil sehelai daun sirih muda, kemudian diremas dan digulung membentuk kerucut. Sumbat hidung pasien dengan daun sirih, biarkan selama beberapa menit. Posisi wajah menghadap tengadah. Cara ini bertujuan agar pembuluh darah menyusut.

Saran terbaik kami, jika pendaran mimisan anak berkelanjutan, sebaiknya segera temui dokter, tapi jika dengan cara-cara dengan obat tradisional mimisan pada anak diatas sudah mereda, saya ucapkan selamat!

0 Response to "Bahaya Mimisan Pada Anak Dan Obat Tradisionalnya"

Posting Komentar