Apa Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Pada Orang Dewasa? Apa Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Pada Orang Dewasa? | dr. Herbs Apa Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Pada Orang Dewasa? | dr. Herbs

Apa Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Pada Orang Dewasa?

Apa penyebab mimisan? Bagaimana cara mencegahnya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan saya jawab pada uraian kali ini. Ketika kita mimisan, atau anak kita, banyak sekali hal yang dapat meresahkan fikiran. Tidak aneh memang, karena mimisan ini bersangkutan langsung dengan darah yang notabene membawa perasaan mengerikan dan terkesan penyakit berat. Padahal jika kita telah mengetahui penyebab pastinya mungkin tidak akan sekhawatir itu, bisa jadi atau bahkan kebanyakan disebabkan oleh penyakit ringan. Berikut penyebab selengkapnya...

Apa Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Pada Orang Dewasa?

Penyebab Mimisan Semua Umur

Penyebab mimisan terkadang tidak diketahui, tiba-tiba keluar saja darah dari hidunf kita. Penyebab mimisan antara lain:
  • Iritasi kimia
Bahan kimia dalam asap rokok, amonia, asam sulfat, bensin dan lain-lain bisa menyebabkan iritasi hidung, sehingga Anda menjadi mimisan
  • Pada rongga hidung terdapat tumor
Faktor penyebab mimisan adalah dirongga hidung terdapat tumor atau benjolan. Hal ini yang mimisan bakalan terjadi. Benjolan akan ada, jika hidung terdapat baketi atau yang memiliki penyakit polip. Karena penyakit polip adalah penyakit yang dialami oleh hidung, yang didalamnya terdapat benjolan seperti daging.
  • Operasi hidung
Efek samping yang umum dari operasi hidung adalah mimisan dan dapat berkisar dari mimisan ringan sampai parah.
  • Kekurangan kalsium
Jika Anda telah mengalami banyak mimisan belakangan ini, mungkin itu merupakan indikasi bahwa Anda memiliki masalah kekurangan kalsium. Periksa dengan dokter Anda dan konsumsi beberapa suplemen jika Anda pikir ini mungkin menjadi penyebab mimisan Anda.
  • Benturan pada kepala
Jika Anda jatuh, ada benda keras mendarat di kepala Anda, ada yang memukul kepala Anda, atau jika Anda menerima trauma kepala, ini dapat menyebabkan mimisan.

Jika mimisan yang Anda alami tidak termasuk beberapa penyebab mimisan diatas mungkin disebabkan oleh suatu penyakit yang cukup lama bersarang dalam tubuh Anda, seperti alergi, panas dalam, hipertensi dan sebagainya. Berikut penyebab lain yang biasanya dapat menimbulkan pendarahan pada hidung:
  • Perubahan Cuaca
Salah satu faktor penyebab terjadinya mimisan yaitu karena cuaca yang ekstrim. Dengan adanya cuaca yang tidak menentu bagi anda yang kurang memiliki daya tahan tubuh maka kemungkinan anda akan mengalami beberapa penyakit salah satunya yaitu mimisan.
  • Penyakit Infeksi
Jika anda mempunyai penyakit infeksi yang disertai dengan demam tinggi secara mendadak seperti demam berdarah. Maka kemungkinan anda juga akan mengalami mimisan.
  • Efek samping obat
Pengunaan obat obatan kimia memang bisa menimbulkan efek samping pada tubuh dan salah satu efek samping yang di dapatkan bisa menjadi penyebab mimisan terjadi. Oleh sebab itu jika ingin menggunakan obat kimia sebaik nya lebih hati hati.
  • Kebiasaan Membersihkan Hidung
Bagi anda yang memiliki kebiasaan membersihkan hidung secara terus menerus ada baiknya anda harus melakukan nya secara berhati-hati dan hindari masuk ke hidung bagian dalam.
  • Penyakit kanker darah
Penyakit kanker darah atau leukimia adalah penyakit yang terjadi bagian darah yang mengalami kelainan. Bagi penderita penyakit kanker darah ini, biasanya rambut yang terdapat pada bagian tubuh, akan mengalami kerontokan, sehabis melakukan radiasi. Faktor penyebab mimisan bisa diakibatkan dengan penyakit kanker darah. Jadi bagi yang menderita penyakit kanker darah, sudah pasti akan mengalami mimisan.
  • Lemahnya pembuluh darah
Beberapa orang memiliki pembuluh darah di hidung yang mudah berdarah, biasanya karena udara kering dan panas, atau setelah berolahraga. Kadang-kadang sesuatu telah mendorong hidung, dan merusak pembuluh darah. Ada juga dalam kasus yang jarang ada perdarahan atau masalah pada pembekuan darah contohnya hemofilia.
  • Penyakit hati
Penyakit hati adalah penyakit yang terjadi pada bagian hati, yang hati tersebut mengalami pembengkakan atau pembesaran karena adanya suatu masalah. Penyakit hati ini, dapat dikaitkan dengan penyakit liver dan penyakit kuning. Yang penyakit hati ini, akan semakin membesar, apabila tidak diatasi dengan gerakan yang cepat. jika kalian tidak ingin, mengalami hal yang seperti ini, bisa dengan menjaga tubuh, agar tetap sehat selalu. Tubuh yang tidak sehat, umumnya dapat gampang sekali dalam terserang penyakit. Faktor penyebab mimisan karena penyakit hati yang ada didalam diri kalian. Mawas dirilah kalian, dalam penyakit apapun dan dalam penyakit sekecil apapun, jangan dianggap enteng.
  • Kronis atau akutnya penyakit sinusitis
Penyakit sinusitis sebenarnya sama saja dengan penyakit mimisan atau polip yang sama sama terjadi pada bagian hidung. Faktor penyebab mimisan adalah adanya penyakit sinusitis yang sudah akut dan kronis. Bagi yang mempunyai penyakit sinusitis yang akut sulit sekali untuk disembuhkan, karena bersifat menetap. Dan diantara kronis dan akut itu, yang paling parah adalah akut. Salah satu faktor ini, memang sudah sangat terkenal sekali dari faktor faktor yang lainnya. Penyakit sinusitis ini bisa juga dimasukkan kedalam kategori penyakit polip.
Baca juga: Obat Mimisan Di Apotik Pada Orang Dewasa Yang Ampuh
Itulah beberpa jawaban atas petanyaan "Apa penyebab mimisan" yang sering menghantui banyak orang karena mungkin masih awam. Semoga artikel ini bermanfaat dan lupa share ke teman Anda...Salam sehat! 

0 Response to "Apa Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Pada Orang Dewasa?"

Posting Komentar