Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa | dr. Herbs Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa | dr. Herbs

Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa

Gejala Campak adalah tanda-tanda dengan datangnya penyakit campak ini. Penyakit Campak atau nama lainnya measles atau rebuola adalah penyakit akut yang sangat menular. Penyakit ini biasanya dialami oleh sipaa saja, dan tidak dibatasi oleh umur atau usia sekalipun.

Gejala Campak

Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa

Gejala campak pada orang dewasa yang paling jelas adalah munculnya ruam atau bercak-bercak merah pada tubuh. Kulit yang mulus tiba-tiba nampak menyerupai polkadot merah putih. Tentu saja pemilik kulit akan terganggu dengan kondisi ini.

Akan tetapi sesungguhnya, munculnya ruam-ruam merah bukanlah gejala awal sakit campak melainkan merupakan merupakan gejala puncak dari sakit campak. Ini artinya sebelum campak dengan bercak merah itu muncul, penderita harus sudah mengenal gejala lainnya yang mungkin terabaikan begitu saja.

Gejala campak pada orang dewasa memang akan muncul setelah 10-14 hari seseorang terinfeksi virus campak. Jadi, tidak akan terhilat gejala bintik merah sebelum 10-14 hari tersebut. Virus yang masuk ke dalam tubuh melalui udara yang dihirup akan masuk ke tenggorokan dan berkembang di dalam tenggorokan, lalu menyebar.

Penyakit campak ini bisa saja tertularkan dari orang lain dan mudah menular jika kondisi fisik sedang lemah atau tidak memiliki imun yang cukup kuat untuk menghalaunya. Selain dengan pernyataan yang ada diatas, ada beberapa gejala gejala penyakit campak yang terjadi. Dan gejala gejalanya adalah :
  • Timbulnya peradangan pada mata

Salah satu gejala penyakit campak adalah timbunya peradangan pada mata. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah menyerang pada tubuh atau badan Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya jika tidak diobati atau diatasi dengan penanganan dan tindakan yang cepat.
  • Timbulnya gejala batuk kering

Salah satu gejala penyakit campak adalah timbulnya gejala batuk kering. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak datang dengan mudah, yang pada intinya penyakit ini bisa berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang cepat .
  • Timbulnya sakit tenggorokkan

Salah satu gejala penyakit campak adalah timbulnya sakit pada bagian tenggorokkan. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar terhindar dari penyakit ini, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya jika tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang cepat.
  • Timbulnya hidung menjadi berair

Salah satu gejala campak adalah timbulnya hidung menjadi berair. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bia menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar terhindar dari penyakit ini, yang pada intinya penyakit ini bisa berbahaya jika tidak diatasi atau diobati dengan penanganan atau tindakan yang cepat.
  • Timbulnya bintik merah

Salah satu gejala penyakit campak adalah bisa timbulnya bintik merah di sekitar area muka. Hal inilah yang memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjag kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah menyerang pada tubuh atau bdan Anda, yang pada intinya penyakit ini bisa berbahaya jika tidak diatasi atau ditangani dengan penanganan atau tindakan yang cepat.
  • Menurunnya sel darah merah

Salah satu gejala penyakit campak adalah dengan menurunnya sel darah merah pada tubuh atau badan Anda. Gejala ini, bisa disebut dengan penyakit anemia. oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah kambuh dan datang, yang pada intinya penyakit ini bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau diobati dengan cepat dan segera.
  • Timbulnya sakit panas

Salah satu gejala campak adalah dengan timbulnya sakit panas pada tubuh atau badan Anda. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah datang, yang pada intinya penyakit ini bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi dan ditangani dengan tindakan atau penanganan yang cepat.

Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa

Penyebab Campak

Penyakit campak adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya kuman atau bakteri yang bersarang di dalam tubuh atau badan Anda. Untuk selanjutnya mengenai penyebab campak ini tersedia dalam topik berikut ini:

Campak, rubeola (bukan rubella=campak Jerman), atau measles (di beberapa daerah disebut juga sebagai tampek, dabaken atau morbili) adalah penyakit infeksi yang menular atau infeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kisaran 4 hari pertama sejak munculnya ruam. Campak disebabkan oleh paramiksovirus ( virus campak). Penularan terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air borne disease). Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.

Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah:
  • Bayi berumur lebih dari 1 tahun - bayi yang tidak mendapatkan imunisasi
  • Remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua

Cara Mencegah Campak

Upaya mencegah agar tidak tertular penyakit campak bisa dilakukan dengan tindakan-tindakan pencegahan lewat vaksin. Di Indonesia ada 2 jenis vaksin yang tersedia untuk mencegah wabah penyakit campak, yaitu Vaksin Campak dan Vaksin MMR (Mimps, Measles, dan Rubella).

Vaksin campak berisi virus campak yang sudah dilemahkan, cara pemberian vaksin campak yaitu dengan cara suntik, upaya ini dapat memberikan perlindungan dan pencegahan dari tertular sakit campak hingga mencapai lebih dari 95 %.

Vaksin campak diberikan 1 kali pada umur balita 9 bulan dan memerlukan booster (penguat) pada saat menginjak umur 5 tahun bila belum diberikan vaksim MMR pada usia 15 bulan. Vaksin MMR diberikan ketika usia anak 15 bulan dan upaya ini diulang pada usia anak 4-6 tahun.
Baca juga: Obat Campak Dewasa Tradisional Terbaru
Demikian artikel tentang gejala campak ini saya sajikan bagi Anda yang membutuhkannya. Semoga dapat memberi banyak manfaat...

2 Responses to "Apa Gejala Campak Pada Orang Dewasa"

  1. saya mengalami rasa gatal miripseperti campak,awalnya tenggorokan sebelah kiri sakit.tp blm nimbul merah2,setelah 3 hari baru muncul merah2 disertai rasa gatal yg amat sangat.saya pikir alergi saya kambuh.saya sudah minum obat alergi tp tidak hilang2.rasa gatal menyerang semua anggota tubuh.termasuk telapak tangan saya terasa sangat tebal dan panas.benarkah saya mengalami campak

    BalasHapus
  2. saya mengalami rasa gatal miripseperti campak,awalnya tenggorokan sebelah kiri sakit.tp blm nimbul merah2,setelah 3 hari baru muncul merah2 disertai rasa gatal yg amat sangat.saya pikir alergi saya kambuh.saya sudah minum obat alergi tp tidak hilang2.rasa gatal menyerang semua anggota tubuh.termasuk telapak tangan saya terasa sangat tebal dan panas.benarkah saya mengalami campak

    BalasHapus