Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya | dr. Herbs Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya | dr. Herbs

Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

Salah satu penyakit yang ramai menjadi keluhan masyarakat adalah sakit perut sebelah kanan. Hal ini berdasarkan beragam akibat yang dirasakannya, mulai dari sakit yang tidak mengganggu, kram, hingga rasa sakit tajam yang terasa menusuk.

Selain itu, terdapat jenis sakit perut yang perlahan-lahan bisa terasa tidak tertahankan, lalu mereda kembali. Kondisi ini juga perlu dicermati 'Apakah rasa sakit menjalar ke arah tertentu beserta gejala-gejala lain yang mengiringi?'

Sakit Perut Sebelah Kanan


Penyebab

Beberapa kondisi yang umumnya dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan, berbeda dengan sakit perut sebelah kiri. Berikut ini ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab timbulnya sakit pada perut sebelah kanan, diantaranya yakni:
  • Batu empedu – Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas dan terasa menjalar hingga punggung bagian atas, bahu dan dada. Selain itu, gejala juga bisa diiringi dengan mual dan muntah.
  • Hepatitis – Bila Anda mengalami gejala nyeri perut dibagian kanan atas bisa jadi bahwa Anda terkena penyakit hepatitis. Gejala biasanya disertai dengan mual, muntah, selera makan menurun, warna feses pucat dan urine berwarna keruh. 
  • Penyakit Hati (liver) -  Hati terletak pada perut bagian kanan atas oleh karena itu apabila ada gangguan berupa peradangan (hepatitis), kanker, abses hepar (liver abcess), maka dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan atas. Tanda dan Gejala lain yang dapat menyertainya berupa badan lemas, mual hingga muntah, demam (hepatitis dan abses hepar), pembesaran hati, mata dan kencing menjadi kuning pekat (hepatitis).
  • Radang usus buntu (apendisitis) – Kondisi ini terjadi ketika usus buntu mengalami infeksi sehingga terjadinya pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Radang usus buntu ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah disertai mual, muntah dan demam.
  • Kehamilan etopik – atau kehamilan yang terjadi di luar rahim. Sakit yang dirasakan biasanya dibagian bawah perut sebelah kanan namun juga dapat terasa di bagian kiri. Rasa sakit tergantung dari mana posisi menempelnya sel telur yang sudah terbuahi.  
  • Kista ovarium – Kista yang terbentuk dalam rahim adalah salah satu alsan infertilitas selain dapat menyebabkan kanker ovarium. Rasa sakit yang dikeluhkanpun beragam, mulai dari rasa sakit tingkat menengah hingga parah pada perut sebelah kanan bawah. Rasa sakit ini kemudian menyebar ke perut bagian bawah dan selangkangan atau pangkal paha. 
      Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

      Penyebab Lain

      Selain lima penyebab umum di atas, sakit perut sebelah kanan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan lokasi, yaitu di atas atau di bawah.
      Untuk sakit perut sebelah kanan bagian bawah dapat disebabkan:
      • Cedera.
      • Gangguan leher rahim.
      • Endometriosis.
      • Batu ginjal.
      • Hernia inguinalis.
      • Gastroenteritis akibat virus.
      Sedangkan, sakit perut sebelah kanan bagian atas dapat disebabkan oleh:
      • Gastritis.
      • Hernia hiatus.
      • Tukak lambung.
      • Pneumonia atau radang paru-paru.
      • Batu ginjal, infeksi atau kanker pada ginjal.
      • Radang saluran empedu atau kolangitis.
      • Radang atau kanker pankreas.
      • Kanker kantung empedu.

      Gejala Bahaya

      Sakit perut harus segera mendapat pertolongan dokter atau tenaga medis jika terjadi akibat trauma seperti cedera atau kecelakaan, atau sakit perut yang bersamaan dengan rasa sakit atau menekan pada dada.

      Demikian juga jika sakit perut yang terjadi sangat parah sehingga Anda tidak mampu duduk, ataupun sakit perut yang diiringi buang air besar berdarah, mual dan muntah berkelanjutan, kulit berwarna kuning,  atau bengkak pada perut.

      Segera konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan, terutama jika terjadi secara berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, hindari pula upaya mengatasi sakit ini dengan mengonsumsi obat-obatan bebas karena jika tidak cocok berisiko membuat kondisi sakit menjadi lebih parah.

      Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

      Upaya Tepat untuk Mengatasinya

      Beragam penyebab dapat memicu sakit perut sebelah kanan. Bisa saja hanya merupakan sakit perut biasa ataupun infeksi virus atau bakteri, namun tidak tertutup adanya kemungkinan disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius.

      Untuk membantu meringankan rasa sakit pada perut, coba lakukan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti aspirin atau ibuprofen, yang justru dapat memperparah rasa sakit.

      Obat yang kami sarankan lebih kepada yang alami dan mudah didapat saja, seperti air hangat yang dicampur garam, ekstrak daun sirsak, mahkota dewa, kulit dari buah manggis dan juga yang lainnya yang bagus untuk usus dan empedu. Jika sakit perut tidak mereda dan terus berkelanjutan, segera konsultasikan kepada dokter. Hindari menunda-nunda pemeriksaan.



      Mengobati sakit perut sebelah kanan juga akan tergantung pada diagnosis. Pemeriksaan fisik lengkap harus dilakukan untuk membuat diagnosa yang tepat. Pemeriksaan penunjang seperti CT Scan, X-ray, USG dan sinar-X (rongsen) mungkin juga diperlukan untuk membuat penilaian yang lebih tepat. 

      Setelah penyebab sakit perut sebelah kananditentukan, Anda akan diberitahu tentang pengobatan yang dianjurkan termasuk apakah perlu operasi atau tidak. Intinya saran terakhir dari kami adalah jangan tergesa-gesa ketika makan, karena faktor pemicunya makanan dan makan pun ada tata tertibnya.

      0 Response to "Penyebab Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya"

      Posting Komentar