Obat Sakit Perut Alami Dan Tradisional Paling Ampuh Obat Sakit Perut Alami Dan Tradisional Paling Ampuh | dr. Herbs Obat Sakit Perut Alami Dan Tradisional Paling Ampuh | dr. Herbs

Obat Sakit Perut Alami Dan Tradisional Paling Ampuh

Obat Sakit Perut Alami - Seolah belum sempurna menjadi manusia jika belum merasakan yang namanya sakit perut. Sebagian besar penderita tidak memiliki penyebab serius. Akan tetapi, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. 

Kita harus bisa mengenali dulu gejala sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang tepat. Sakit perut yang terjadi pada bagian abdomen dapat mengakibatkan munculnya kram perut atau pun sakit perut biasa. 

Kondisi semacam ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun apabila sakit perut muncul secara tiba-tiba dan berpusat pada satu titik, harap waspada, biasanya ini pertanda keadaan darurat. Segera hubungi dokter terdekat jika mengalaminya. 

Obat Sakit Perut Alami

Penyebab Sakit Perut yang Umum Terjadi

  • Sakit perut karena diare: munculnya sakit perut ini disebabkan karena pengaruh bakteri, yang mana mereka mengakibatkan peradangan pada perut.
  • Kram perut akibat masuk angin: biasanya sakit perut ini disertai dengan kembung dan sering bersendawa. Sesuai namanya, penyebab sakit perut ini disebabkan adanya angin yang masuk ke dalam tubuh.
  • Sakit perut secara mendadak dan parah: ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit perut mendadak seperti radang usus buntu, batu ginjal, tukak peptik, divertikulitis, dan batu empedu. Segera hubungi dokter atau ahlinya jika kamu mengalami sakit perut ini.
  • Sakit perut kambuhan atau kronis: sakit ini muncul secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Beberapa penyebab sakit perut ini antara lain meliputi maag, menstruasi, kontipasi, dan infeksi saluran kemih.

Obat Sakit Perut Alami

Obat Sakit Perut Alami

Obat sakit perut alami mudah dibuat dan mudah dijumpai di sekitar kita. Jika anda takut dengan efek samping dari obat kimia yang digunakan untuk mengobati sakit perut anda bisa menggunakan obat yang alami. Obat alami selain tanpa efek samping juga aman untuk meringankan gejala sakit perut meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain murah meriah juga mudah dibuat, berikut ini adalah obat alami sakit perut yang bisa anda buat untuk meringankan gejala sakit perut yang anda alami :

1. Daun Jambu Biji
Bagi anda yang menderita sakit perut dikarenakan diare, anda bisa mengkonsumsi daun jambu biji untuk mengatasinya. Tidak hanya buah jambu biji saja yang bisa digunakan untuk kesehatan, namun daun jambu biji pun bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan atau masalah kesehatan yaitu untuk mengatasi diare. Jika anda menderita diare, sakit perut itu baru bisa hilang jika diare juga hilang. Oleh sebab itu anda bisa mengatasinya menggunakan daun jambu biji.

Daun jambu biji mengandung zat tanin dimana zat itu bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri e coli dan juga staphylococcus aureus. Bahkan daun jambu biji yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus pun memiliki kandungan tanin sampai dengan 17 persen. Cara mengobati sakit perut karena diare menggunakan daun jambu biji adalah sebagai berikut ini:
  • Keringkan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda.
  • Setelah kering tumbuk agar halus.
  • Setelah itu rebuslah menggunakan tiga gelas air dan saat direbus bisa di sisakan setengahnya.
  • Setelah disisakan setengahnya anda bisa meminum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
2. Jambu biji
Pengobatan alami yang bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi jambu biji, terutama untuk sakit perut akibat diare, makan pedas, dan sembelit. Jambu mampu meningkatkan penyerapan air pada bagian usus, sehingga cukup baik untuk mengatasi sakit perut akibat diare.

Kamu bisa mengonsumsi buah jambu biji secara langsung atau pun membuatnya dalam bentuk jus. Bila hasilnya tidak terlihat setelah tiga hari, konsumsi juga air rebusan daun jambu biji muda minimal satu kali sehari. Biasanya dalam waktu kurang dari seminggu sudah sembuh.

3. Daun Iler
Pernahkah anda melihat daun iler?, jika iya berarti anda telah menemukan obat alami untuk mengatasi sakit perut yang anda derita. Memang daun iler ini termasuk daun yang langka namun kelangkaannya bisa digunakan sebagai obat herbal yang manjur untuk mengatsi sakit perut. 

Obat Sakit Perut Alami

Daun iler ini bisa mengobati sakit perut mulas yang bisa disebabkan karena sembelit atau susah dalam buang air besar. Berikut ini adalah cara membuat daun iler yang bisa digunakan untuk mengobati sakit perut yang anda derita :
  • Siapkan sebanyak 6 lembar daun iler yang masih segar
  • Siapkan garam dan juga air hangat secukupnya.
  • Cara membuat ramuan dari daun iler ini sangat mudah sekali yaitu anda tinggal mencuci daun iler menggunakan air matang sampai daun itu benar-benar bersih.
  • Campurkanlah garam di daun iler kemudian anda bisa mengunyah daun iler bersamaan dengan garam itu.
  • Minum dan telan sari dari daun iler. Sari dari daun iler bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat mulas.
  • Anda bisa melakukan pengobatan itu sebanyak dua sampai dengan tiga kali dalam sehari.
  • Jika anda rutin melakukan cara tersebut dan meminumnya maka sakit perut yang anda derita segera menghilang.

4. Biji Jati Belanda
Biji jati belanda selama ini banyak digunakan untuk bahan obat herbal, begitupula untuk mengobati sakit perut bisa menggunakan ramuan dari bahan dasar biji jati belanda. Untuk membuat obat sakit perut menggunakan biji jati belanda inipun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini:

Obat Sakit Perut Alami

  • Siapkanlah biji jati belanda sebanyak 13 butir.
  • Siapkan setengah gelas air panas.
  • Cara pembuatan obat herbal itu sangat mudah sekali yaitu dengan menyangrai biji jati belanda sampai sedikit hangus, kemudian tumbuk biji jati belanda itu agar benar-benar halus.
  • Saat biji jati belanda telah halus, seduhlah biji jati belanda yang halus itu menggunakan air panas yang telah disiapkan.
  • Aduk agar semua bahan tercampur secara merata, saat sudah merata minumlah ramuan tersebut sebanyak satu kali dalam sehari.

5. Kunyit
Siapa yang tidak kenal dengan kunyit, kunyit merupakan bahan herbal yang selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selama ini kunyit bisa dijadikan sebagai obat cacar air yang paling ampuh.

Kandungan antibiotik pada kunyit dipercaya mampu meringankan sakit perut saat menstruasi dan bisa meredakan sakit perut dikarenakan bakteri. Tidak mengherankan jika ada ramuan tradisional khusus wanita yang dikemas dalam botol menggunakan bahan dasar kunyit. Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari kunyit yang bisa digunakan untuk meredakan sakit perut karena menstruasi dan karena bakteri :
  • Siapkan tiga buah rimpang kunyit dengan ukuran yang sedang.
  • Siapkanlah sebanyak 10 gram asam yang masih segar.
  • Kupas kunyit kemudian cuci bersih.
  • Setelah dicuci bersih anda bisa memeras kunyit tersebut dan diambil sari patinya.
  • Rebuslah sari pati kunyit itu menggunakan tiga gelas air. Masukkan 10 gram asam ke dalam air rebusan itu. Setelah itu sisakan setengahnya.
  • Anda bisa mengkonsumsi ramuan tradisional itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan malam hari.

6. Air kelapa
Air kelapa sangat nikmat dan segar apabila kita konsumsi saat udara panas, apalagi sambil liburan di tepi pantai. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga memiliki kandungan berbagai mineral alami dan elektrolit yang dapat mengatasi sakit perut.

Menurut beberapa penelitian, kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun penyebab sakit perut. Dengan demikian, air kelapa bisa menjadi obat sakit perut akibat keracunan makanan tertentu. Minumlah minimal 1 gelas sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Pepaya
Dulu saya sudah pernah share manfaat pepaya, yang mana salah satunya dapat menghilangkan sakit perut. Buah ini diperkaya dengan kandungan serat tinggi, jadi bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun hati-hati, tidak semua jenis sakit perut bisa diobati dengan buah ini.

Apabila kamu mengalami sakit perut akibat kembung, sebaiknya jangan konsumsi buah pepaya. Kandungan serat tinggi dapat meningkatkan produksi angin dalam tubuh. Nah, bukannya sembuh justru perut kembung kamu semakin parah. Sedangkan jika penyebabnya lain, kamu boleh mengonsumsi pepaya.

8. Jahe
Siapa yang tidak kenal dengan rimpang yang satu ini, jahe merupakan tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan gingerol dan zingiberin pada jahe dipercaya bisa meredakan sakit perut yang disebabkan oleh bakteri.

Jahe dipercaya bisa digunakan sebagai obat batuk dan juga digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung yang efektif. Tidak hanya itu saja jahe juga bisa digunakan untuk meredakan sakit perut yang disertai dengan rasa mual.

Kandungan pada jahe bisa meredakan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan atau juga karena hamil. Untuk mengatasi sakit perut menggunakan jahe sangat mudah sekali yaitu dengan membuat air jahe. Berikut ini adalah cara membuat air jahe yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut:
  • Sangrai dua buah rimpang jahe yang berukuran sedang.
  • Setelah itu geprek jahe yang telah disangrai agar aroma jahenya keluar.
  • Rebus dengan menggunakan empat gelas air dan sisakanlah setengahnya.
  • Setelah itu anda bisa mengkonsumsi air jahe itu saat masih hangat. Rasa hangat pada jahe bisa digunakan untuk menghangatkan perut dan mengobati perut yang sakit.


9. Daun Waru
Alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut yang anda derita bisa menggunakan daun waru.

Obat Sakit Perut Alami

Berikut ini adalah cara membuat ramuan tradisional obat sakit perut menggunakan daun waru :
  • Bahan bahannya, anda bisa menyiapkan 5 lembar daun waru yang telah dicuci bersih. Bawang merah sebanyak dua siung dan satu sendok teh madu.
  • Cara pembuatannya adalah dengan mencuci bersih daun waru dan kupas bawang merah. Kemudian anda bisa menghaluskan semua bahan-bahan tersebut. Peras dan ambil sari patinya. Anda bisa meminum sari pati itu sebanyak tiga kali dalam sehari sehingga sakit perut yang anda derita segera menghilang.
Semoga informasi dari kami mengenai obat sakit perut alami ini menjadi sebagian kecil sebagai solusi tepat bagi Anda yang mengalaminya. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Obat Sakit Perut Alami Dan Tradisional Paling Ampuh"

Posting Komentar