Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala | dr. Herbs Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala | dr. Herbs

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Cara menyembuhkan sakit kepala - Pakar kesehatan menyebut sakit kepala ini dengan sebutan cephalalgia yang menyebabkan munculnya sakit pada bagian otak sampai menjurus pada leher belakang dan bahkan sampai bagian punggung atas.

Sementara sakit kepala sebelah saja (kanan atau kiri) dalam mereka menyebutnya sebagai sakit kepala migrain. Penyebab dari keduanya tentulah berbeda, pada kenyataanya sebagian besar dari kita menganggap sama. Tapi disini kita membahasnya penyebab secara keseluruhan saja.

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Penyebab Umum Sakit Kepala

Sakit kepala muncul secara tiba-tiba tanpa kita ketahui sebelumnya. Sebenarnya munculnya sakit kepala tersebut bisa disebabkan karena hal-hal yang cukup sepele. Bahkan kamu tidak menyangka bahwa hal sepele tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. Dilansir dari Panadol.com, berikut ada beberapa pemicu terbesar sakit kepala yang wajib kamu ketahui.
  • Iklim tidak stabil

Sakit kepala dapat muncul disebabkan karena adanya pengaruh cuaca setiap hari. Meskipun tidak ada jenis cuaca yang bisa dikatakan sebagai penyebab sakit kepala, namun yang pasti perubahan cuaca dalam waktu cepat dapat menimbulkan munculnya rasa sakit kepala.

Misalnya, ketika kita sedang berada di ruangan ber-AC yang cukup dingin. Setelah kita keluar dari ruangan tersebut dan berada di luar yang panas, secara otomatis proses kimiawi dalam otak berubah. Dari sinilah muncul rasa sakit kepala tersebut.
  • Stres berkelanjutan

2/3 orang menganggap stres sebagai pemicu munculnya sakit kepala yang sebenarnya. Biasanya mereka akan berkata “aku sakit kepala karena sedang stres dan banyak pikiran”. Padahal dalam dunia medis, sakit kepala sebenarnya muncul setelah stres tersebut hilang.

Hal ini dapat terjadi karena saat stres hilang tubuh sebenarnya telah memproduksi hormon pelawan stres tersebut, namun karena sudah sembuh hormon tersebut tidak berguna dan akhirnya menyebabkan munculnya pelebaran pembuluh darah pada otak.
  • Hormon menstruasi

Penyebab sakit kepala pada wanita sebagian besar dapat muncul karena pengaruh sistem hormonal dalam tubuh. Ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi, hormon estrogen dalam tubuh mereka naik cukup drastis. Hormon inilah yang kemudian menjadi pemicu sakit kepala.

Kamu tidak bisa menghindari siklus menstruasi agar tidak terserang sakit kepala, bahkan menggunakan bantuan dokter sekalipun. Sebab sakit kepala tersebut muncul dikarenakan gejala secara alamiah.
  • Kurang nutrisi dari program diet

Jika kamu sedang melakukan diet sehat, pastikan makanan yang dikonsumsi itu cukup gizi dan nutrisi untuk tubuh. Sebab 9 dari 10 orang yang menjalani diet mereka mengalami sakit kepala mencengkram akibat kurangnya konsumsi makanan-makanan bernutrisi.

Adapun jenis makanan yang dapat memicu munculnya sakit kepala antar lain seperti buah-buahan masam, kacang-kacangan, makanan ber-MSG tinggi, daging awetan, makanan instan, junkfood, dan masih banyak lagi. Hindarilah makanan-makanan tersebut sebisa mungkin.
  • Kekurangan cairan

Dehidrasi dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah. Untuk mengatasinya kamu dapat mengonsumsi cairan sebanyak mungkin. Namun konsumsi cairan tertentu malah justru memicu sakit kepala, seperti konsumsi teh dan kopi.

Lebih baik kamu mengonsumsi air putih saja, karena air ini 100 % murni dan tidak menyebabkan munculnya gangguan. Bahkan para ahli mengatakan air putih dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kamu. Usahakan minimal konsumsi air putih sebanyak 10 gelas.
  • Telat makan

Terlambat makan (terutama ketika sarapan) dapat menyebabkan menurunnya kadar gula dalam darah secara cepat. Kondisi semacam inilah yang menjadi penyebab sakit kepala. Selain itu konsumsi makanan secara berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala muncul, karena konsumsi makanan berlebih menyebabkan kadar gula darah naik cukup drastis.

Solusinya, adalah dengan kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah cukup. Baik dari segi porsi makannya ataupun jumlah kalori. Utamakan sebelum kamu melakukan aktivitas, sarapanlah setiap pagi harinya.
  • Kurang tidur

Pola tidur yang tidak diatur dengan baik, akan menyebabkan munculnya sakit kepala yang berdenyut-denyut. Oleh karennya perbaiki waktu tidur kamu dengan tidak begadang setiap malam dan usahakan bagun secara rutin sesuai kebiasaan setiap harinya.

Selain memperbaiki waktu tidur, kamu juga tidak diperkenankan untuk tidur terlalu banyak. Sebab dengan tidur banyak otak akan mengalami gangguan penegangan. Menurut para ahli waktu tidur idealnya adalah 8 jam sehari.
  • Kecapean

Olahraga memang merupakan aktivitas fisik yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun memforsir olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan sirkulasi darah pada bagian otak dan leher meningkat, sehingga menimbulkan munculnya sakit kepala.

Para ahli menyarankan agar kita tidak melakukan olahraga secara berlebihan maksimal 4 kali dalam seminggu. Masing-masing olahraga tersebut lebih baik kamu lakukan 30 menit saja.
  • Postur malas

Apa itu postur malas? Postur ini merupakan sebuah kondisi dimana seseorang menekuk beberapa bagian tubuhnya. Postur inilah yang menghambat proses aliran darah dari tubuh menuju ke otak. Akibatnya sakit kepala mudah sekali muncul.

Selain menekuk tubuh, hindarilah posisi tubuh yang selalu sama dalam setiap waktu. Karena posisi yang sama dapat menimbulkan munculnya reaksi otak yang menegang dan akhirnya sakit kepala menyerang.

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Anda kesulitan mencari beberapa bahan untuk dijadikan obat sakit kepala? Kenapa tidak berpikir untuk cara menyembuhkan sakit kepala tanpa harus ketergantungan obat? Cobalah beberapa tips mengatasi pusing atau nyeri kepala tanpa obat berikut:

Makan Kari
Aneh tapi ajaib, mungkin cocok dikatakan untuk saran yang satu ini. Sebuah hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Rowett Research Institute, Skotlandia memaparkan bahwa rempah-rempah pada kari bisa menjadi penghilang rasa nyeri alami. Anda bisa makan kari ayam hangat agar perut kenyang dan sakit kepala hilang.

Minum Teh Hangat
Anda bisa minum teh hangat atau beli jahe yang diseduh, kemudian minumlah airnya selagi hangat. Jika ingin pakai teh saja, seduh dengan suhu hangat dan campurkan sedikit gula atau madu, aduk dan nikmati kehangatannya. Pada kafein yang tesimpan dalam teh ternyata mampu mengurangi pembengkakan pembuluh darah penyebab sakit kepala.

Minyak Kayu Putih
Anda bisa menghirup minyak aromatherapy yang berbau-bau mint agar tubuh jadi rileks dan pernapasan merasakan hangat. Juga bisa mengoleskan minyak kayu putih atau minyak peppermint di sekitar leher atau kedua kening samping. Bawalah kedua minyak jitu ini ketika berpergian jauh, sebab keduanya bisa juga dipakai untuk mencegah mual atau mabuk perjalanan.

Hindari Dehidrasi
Tubuh yang kekurangan cairan akan sulit konsentrasi, sehingga berisiko lebih tinggi terserang migren. Oleh sebab itu butuhi asupan cairan harian Anda, setidaknya 5 liter sehari.
Itulah ulasan singkat mengenai penyebab dan cara menyembuhkan sakit kepala baik itu migren ataupun cephalalgia. Jika rasa nyeri tak kunjung membaik, cepatlah konsultasi ke dokter agar mendapatkan pengobatan lebih lanjut dan aman.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala"

Posting Komentar