Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui | dr. Herbs Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui | dr. Herbs

Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Obat sakit kepala alami - Berubahnya hormon bisa mengakibatkan sakit kepala saat hamil dan menyusui, seperti kepala terasa sakit, tegang dan migrain.
Namun, mengingat pada masa kehamilan dan setelah melahirkan Anda tidak bisa mengonsumsi sembarang asupan, termasuk obat-obatan, masih ada cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meredakan kondisi yang mengganggu tersebut.
Sakit kepala saat posisi hamil dapat memburuk pada minggu-minggu awal masa kehamilan begitupun bagi Ibu yang sedang menyusui, akan tetapi Ibu tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak berpengaruh kepada janin dan bayi. Sakit kepala bisa membaik atau hilang pada enam bulan terakhir ketika hormon umumnya sudah stabil.

Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Sebelum membahas cara mengatasinya, mari kita perjelas penyebab sakit kepala pada sebagian ibu hamil, terutama selain masalah hormon.
Sebenarnya para pakar kedokteran belum mengetahui secara pasti kenapa sebagian ibu hamil bisa mengalami sakit kepala. Meski begitu, meningkatnya produksi dan aliran darah pada masa awal kehamilan dan terkurasnya darah pada air susu, diduga bisa menjadi salah satu dari pemicunya.
Sakit kepala lebih mungkin terjadi dan terasa lebih buruk bagi mereka (Ibu-ibu) yang sebelum masa kehamilan rentan terjangkit sakit ini.
Selain perubahan hormonal, ada beberapa alasan lain mengapa sakit kepala atau migrain memperburuk keadaan saat hamil dan setelah melahirkan yaitu :

Kurangnya cairan

Kondisi kurangnya cairan akibat pengeluaran melalui ASI, urin dan juga keringat tidak seimbang dengan asupan cairan tubuh sehingga kondisi kurangnya cairan atau dehidrasi akan mengakibatkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena adanya kepekatan darah sehingga aliran darah keseluruh tubuh menjadi terhambat.

Anda kurang mendapatkan waktu istirahat

Kehadiran bayi anda akan membentuk perubahan pola tidur. Pada umumnya anda membutuhkan waktu tidur 7-8 jam perhari. Apabila waktu istirahat tidak terpenuhi maka tekanan darah menurun sehingga peredaran darah menuju kepala akan terhambat, sehingga menimbulkan sakit kepala migren.

Posisi menyusui yang salah

Apabila melakukan posisi yang salah atau berbaring tidak tepat sehingga membuat saraf di leher dan kepala tidak nyaman, memicu anda mengalami sakit kepala/ migren. Salah satu posisi yang salah misalnya  anda menyusui dengan posisi duduk dan bahu melengkung atau anda duduk tidak menggunakan sandaran.

Mengalami tekanan /stres

Perasaan yang menekan anda baik secara pekerjaan atau psikis ketika sedang menyusui akan menimbulkan sakit kepala. Pada proses menyusui, anda dapat mengembangkan sakit kepala misalnya dengan perasaan khawatir bayi anda tidak dapat memenuhi ASI atau mengalami kejenuhan. Stres akan menghambat aliran darah di dalam tubuh terutama di kepala dan menimbulkan unsur kimia yang memicu stres di dalam tubuh anda. 

Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Obat Sakit Kepala Alami yang Aman

Terdapat erbagai kemungkinan yang dapat membantu meredakan dan sebagai obat sakit kepala alami pada ibu hamil dan menyusui, seperti:
  • Banyak Istirahat
Ibu sebaiknya berbaring pada tempat tidur dengan kondisi ruangan yang gelap (tidak wajib pada Ibu menyusui) dan sebaiknya hening. Lalu pejamkan mata Anda agar tubuh dan kepala terasa rileks.
  • Pijat
Pijatan lembut pada bagian sekitar kepala yang terkena sakit juga bisa Anda lakukan. Bisa juga minta tolong pada orang lain untuk memijat pundak dan leher Anda guna agar dapat mengatasi ketegangan. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda dianjurkan mengunjungi tempat pijat profesional agar bisa mendapatkan pijak relaksasi pada seluruh tubuh.
  • Kompres
Anda bisa mengompres wajah, mata, dan kening dengan serbet/handuk kecil yang telah direndam air panas. Atau bisa juga mengompres bagian belakang leher dengan handuk dingin.

Ibu hamil dan menyusui bisa dan aman untuk mengonsumsi obat alami jika diminum sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. Namun hindari mengonsumsi obat sakit kepala lainnya tanpa rekomendasi dari dokter.

Anda juga bisa mencegah rasa sakit di kepala dengan melakukan hal-hal berikut:
  • Banyak mengonsumsi air putih.
  • Tidur tepat waktu tiap harinya.
  • Hindari dan kelola stres dengan baik.
  • Konsumsi makanan dengan porsi sedikit, namun lebih sering.
  • Rutin melakukan aktivitas fisik, seperti jalan kaki, aerobik, atau olahraga yang bisa merelaksasi tubuh seperti yoga.
  • Hindari pemicu sakit kepala, seperti makanan yang mengandung MSG dan pemanis buatan, ikan asap, makanan yang difermentasi, bebauan yang menyengat, asap rokok, suara bising, cahaya silau, serta cuaca panas atau dingin berlebihan.
Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Anda juga bsebaiknya menggunakan cara berikut:
  • Pola Minum
Sama seperti makanan, minuman yang dikonsumi ibu hamil pun harus dijaga. 
Pertama, pastikan ibu minum air 8 gelas per hari atau 2 liter per hari untuk mencegah timbulnya sakit kepala. 
Kedua, kurangi konsumsi kafein saat hamil. Selain berperan sebagai obat sakit kepala untuk ibu hamil, mengurangi konsumsi kafein juga wajib dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan janinnya. 
Dosis maksimal kafein yang boleh dikonsumsi adalah 2 gelas kopi instan per harinya.
  • Pola Makan
Karena sakit kepala dapat dicetuskan dari makanan, maka menjaga pola makan agar tetap sehat merupakan hal yang harus Anda lakukan.
Pertama, kadar gula darah yang rendah dapat mencetuskan terjadinya sakit kepala, sehingga Anda disarankan makan dalam frekuensi yang sering namun porsi yang kecil.
Sedia juga snack sehat untuk mengganjal rasa lapar Anda seperti buah, yogurt atau biskuit gandum.
Anda juga harus makan berbagai macan jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil, seperti protein, zat besi, mineral seperti magnesium dan kalium serta nutrisi lainnya.
  • Mandi Air Dingin
Bila migraine adalah hal yang mengganggu Anda saat hamil dan setelah melahirkan, cobalah mandi dengan air yang dingin (bukan dari water heater). Air dengan suhu dingin akan mengecilkan pembuluh darah di kepala Anda yang umumnya merupakan penyebab sakit migraine.
Sedangkan bila sakit kepala yang Anda rasakan seperti menekan atau memeras kepala Anda, cobalah mandi dengan air hangat.
Baca juga: Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Cepat
Sakit kepala yang terjadi pada masa awal masa kehamilan dan menyusui merupakan hal yang masih dalam kolidor normal, namun sebaiknya lebih waspada jika kondisi ini terjadi di akhir kehamilan. 
Umumnya sakit kepala yang terjadi di akhir kehamilan bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kondisi kesehatan serius, seperti tekanan darah tinggi atau preeklamsia.

Jika tidak ditangani dengan salah satu obat sakit kepala alami diatas, kondisi tersebut berisiko berkembang menjadi preeklamsia, yaitu suatu keadaan yang bisa mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan dan proses melahirkan sang ibu. Segera hubungi dokter jika sakit kepala saat hamil belum mereda atau berkelanjutan.

0 Response to "Obat Sakit Kepala Alami Aman Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui"

Posting Komentar