Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan | dr. Herbs Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan | dr. Herbs

Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan

Cara mengatasi sakit kepala - Tak bisa disangkal lagi kalau hampir semua dari kita pasti pernah mengalami sakit kepala baik itu kalangsn tua maupun muda. selain disebabkan penyakit, sakit kepala juga bisa muncul secara tiba tiba. Namun perlu Anda ketahui bahwa sakit kepala yang Anda alami memiliki ragam jenisnya tentunya dengan pengobatan yang berbeda-beda pula. 

Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan

Perbedaan sakit kepala migrain dan vertigo

1. Jenis Rasa sakit
Rasa sakit kepala lebih kepada pusing ringan yang masih memungkinkan penderitanya melakukan aktivitas sehari-hari. Sedangkan migrain merupakan rasa nyeri mencekam pada salah satu atau kedua sisi kepala dan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman dan memungkinkan penderitanya untuk menghentikan aktivitas-nya sementara. Kemudian, vertigo adalah penyakit kepala yang membuat seseorang menjadi pusing berputar-putar dan dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Karena itulah penderitanya harus berbaring agar penyakit ini segera hilang dan sembuh.

2. Waktu kambuh yang berbeda
Sakit kepala merupakan hal biasa yang paling sering dialami oleh seluruh lapisan masyarakat disegala usia. Timbulnya hanya beberapa waktu dan biasa berulang ketika kondisi tubuh sedang tidak baik. Sedangkan migrain dapat datang sewaktu-waktu kemudian lenyap. Biasanya orang yang sering mengalami migrain dapat mengalaminya sebanyak 8 kali dalam waktu satu bulan. untuk vertigo, munculnya sewaktu-waktu dan akan hilang kemudian muncul lagi beberapa saat.

3. Gejala yang menyertai
Sakit kepala tidakk memiliki gejala lain yang menyertai. Sedangkan migrain biasanya timbul dengan gejala lain seperti pandangan yang menjadi berkunang-kunang dan merasa mual dan ingin muntah. Untuk penyakit vertigo, gejala yang menyertainya adalah kehilangan keseimbangan tubuh dan membuat penderitanya merasa mual dan ingin muntah.

4. Penyebabnya
Penyebab dari sakit kepala adalah ketegangan otot. Otot yang tegang akan menimbulkan sakit kepala ringan. Selain itu, sakit kepala juga biasa dialami oleh seseorang yang kurang tidur. Sedangkan penyebab migrain adalah adanya salah satu yaraf di otak yang mengalami tekanan akibat suatu hal yang memberatkan. Untuk vertigo, merupakan penyakit yang biasa timbul karena kondisi tubuh yang sedang tidak baik. 

Migrain juga bisa dipicu dari beberapa hal seperti:
  1. Alkohol
  2. Faktor-faktor lingkungan: cuaca, tinggi, zona perubahan waktu
  3. Pengerahan tenaga
  4. Makanan yang mengandung: Kafein (misalnya, kopi, cokelat), Monosodium glutamat (MSG, digunakan untuk meningkatkan rasa dalam makanan olahan), Nitrat (ditemukan dalam makanan olahan), Pemanis buatan (misalnya, aspartam)
  5. Silau, pola yang kontras
  6. Perubahan hormonal pada wanita
  7. Kelaparan
  8. Kurang tidur
  9. Obat (over-the-counter dan resep
  10. Parfum
  11. Tekanan
Penyebab lain dari vertigo berikut rinciannya:
  • Trauma di dalam telinga. Di antara gangguan telinga bagian dalam, vertigo paling sering karena mabuk.
  • Kelainan di telinga bagian dalam (sistem vestibular perifer) atau saraf vestibular, batang otak dan cerebellum (sistem vestibular sentral).
  • Kelompok abnormal partikel kalsium di telinga bagian dalam, yang dikenal sebagai benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, dan gangguan saraf vestibulocochlear juga bisa menyebabkan vertigo.
  • Gangguan lain dari telinga bagian dalam atau saraf yang bertanggung jawab untuk koneksi vertigo, termasuk infeksi bakteri, dan tumor saraf seperti tumor saraf pendengaran. Obat-obatan tertentu seperti antibiotik, antikanker, antiepilepsi, dan obat-obatan antipsikotik bisa merusak dalam telinga.
  • Penurunan suplai darah ke batang otak dan otak kecil dapat menyebabkan vertigo
5. Waktu penyembuhan
Waktu penyembuhan yang paling cepat adalah sakit kepala. Sedangkan yang paling lama adalah migrain dan vertigo. Hal ini disebabkan karena migrain dan vertigo biasanya terjaddi bersama dengan penyakit lain sehingga penyembuhannya sedikit memakan waktu yang lama.
Demikian ulasan mengenai perbedaan sakit kepala, migrain dan vertigo. Jika sakit kepala Anda tak kunjung sembuh dan merasakan sakit yang cukup parah sebaiknya konsultasikan hal ini ke Dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan

Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan

1. Mengatasi Migrain
Ada beberapa cara mengatasi sakit kepala migrain secara alami yang bisa sobat coba untuk dilakukan dirumah.
  • Atasi dengan teh jahe hangat
Minuman hangat akan membantu melancarkan peredaran darah tubuh. Terlebih teh jahe, minuman ini mengandung zat anti inflamasi untuk melawan senyawa yang menjadi penyebab timbulnya migrain. Sobat bisa menambahkan dengan sedikit madu atau susu kedalam minuman ini.
  • Atasi dengan makanan yang kaya magnesium
Dengan memperbanyak konsumsi maagnesium akan membantu mengurang gejala migrain. Makanan yang banyak mengandung magnesium misalnya adalah kacang-kacangan. Magnesium berfungsi untuk mengendorkan sara yang tegang.
  • Atasi dengan hidroterapi
Hidroterapi merupakan teknik untuk menyembuhkan migrain dengan menggunakan media air. Caranya cukup rendam kaki dengan air dingin dan gunakan kain hangat untuk mengompres daerah leher. Hal ini akan membantu meningkatkan  aliran darah dari kepala menuju ke kaki karena suhu di kaki lebih rendah daripada suhu pada kepala.

2. Mengatasi Vertigo
Anda dapat melakuka latihan vestibular untuk mengatasi vertigo. Latihan vestibular sebagai berikut.
  1. Berdiri tegak, buka mata dan kemudian tutup. Lakukan 5 kali.
  2. Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan 3 kali.
  3. Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan dan lakukan 3 kali.
  4. Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri. Tahan sampai 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya. Ulangi setiap bagian telinga masing 3 kali.
  5. Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Lalu berdiri. Pada saat Anda berdiri, tutup mata dan Ulangi 3 kali.
  6. Melatih gerakan bola mata Anda ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masing 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal.
  7. Lakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada obyek stasioner. 
Sakit kepala/pusing belum tentu disebabkan karena migrain dan vertigo saja. Kondisi yang sedang dialami tersebut mungkin disebabkan karena tekanan darah rendah (hipotensi), lapar, atau perasaan cemas. Semoga artikel tentang cara mengatasi sakit kepala ini dapat banyak bermanfaat bagi siapapun. Semoga lekas sembuh ya!

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo Yang Berkepanjangan"

Posting Komentar