Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus | dr. Herbs Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus | dr. Herbs

Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus

Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus, Maag/radang lambung/tukak lambung adalah suatu penyakit yang menyerang lambung dikarenakan telat asupan makanan, maka terjadilah luka atau peradangan pada lambung yang mengakibatkan sakit, mulas, dan perih pada perut.
Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus

Macam-macam Maag

Secara umum, penyakit maag terbagi menjadi 2 bagian berikut:
  • Gastritis Akut
    • Penyakit maag akut adalah inflamasi (respon tubuh terhadap mikro-organisme dan benda asing yg ditandai oleh nyeri, panas, bengkak, dan gangguan fungsi dari organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada bagian muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi susah diketahui penyebabnya.
  • Gastritits Kronis
    • Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.
Terdapat pula jenis penyakit maag yang khusus ditinjau berdasarkan tingkat keseriusan, dibedakan menjadi 4 perbedaan, diantaranya:
  • Kanker lambung
    • Kanker lambung akibat dari mikroorganisme yang membahayakan, yaitu Helycobacter pylori.
  • Maag kronis
    • Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Maag sedang
    • Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag ringan
    • Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.

Gejala

  • Sering merasa lapar
  • Mual dan muntah
  • Perut kembung
  • Sakit saat buang air besar
  • Sering bersendawa
  • Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada

Penyebab

Pola makan yang tidak teratur merupakan penyebab utama penyakit maag, terkandung mikroorganisme yang meracuni tubuh, mengonsumsi kafein secara berlebih, atau banyak lagi sebab-sebab lainnya seperti kecanduan alkohol, pola istirahat yang tidak cukup dan bersahabat dengan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian ketika ia makan biasanya dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah kronis, penyakit maag ini sangat mengancam atau dapat menyebabkan kematian.

Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus

Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus

Maag itu memang dapat sembuh tetapi tidak bisa total, penyakit ini dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan sering jajan di sembarang tempat.

Obat Herbal Maag

Berikut diantara bahan yang bisa dijadikan penolong penderita penyakit maag ini:
  • Lidah Buaya

Tanaman yang akrab sekali dipekarangan rumah ini terkenal bagus untuk menangani sakit maag karena mengandung resin, polisakarida, tanin serta aloin emodin. Selain itu, zat Aloctin A yang terdapat dalam lidah buaya juga mampu menghambat sekresi asam lambung. Cara menggunakannya: Ambil 1 batang lidah buaya yang agak besar. Kupas kulitnya hingga lendirnya tinggal sedikit lalu cuci sampai bersih. Setelah itu tinggal dimakan. Kalau tidak berani akan rasa pahitnya, bisa jga di blender lalu ditelan.
  • Buah Pisang

Buah ini handal dalam membentengi selaput lendir akibat peningkatan asam lambung karena mengandung anti-tukakpeptik. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, pilih pisang yg sudah tua tetapi belum matang. Potong pisang tersebut kecil-kecil menyerupai keripik. Jemur potongan tersebut dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, blender atau tumbuk hingga terlihat seperti tepung. Cara mengkonsumsinya cukup campur 2 sendok bubuk pisang tadi dengan madu asli, setelah itu diminum pada pagi dan malam hari..Pisang digunakan sebagai makanan diet untuk melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut dan lunak. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa kesulitan dalam kasus tukak lambung kronis. Pisang juga menetralkan kebihan asam dan mengurangi iritasi dengan cara melekatkan diri untuk menjaga lambung.
  • Kunyit

Zat aktif :Kurkumin (terdiri dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin ), minyak asitri ( turmeron, keton sesquiterpen, 60% tumeon, 25% zingiberen, sabinen, felandren, sineil, dan borneon ), 1-3% lemak, 3% Karbohidrat, 30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta garam-garam mineral ( zat besi, fosfor, kalsium). Dari kekayaan serat berharga ini, kunyit mempunyai daya mumpuni untuk mengatasi masalah lambung yang menyebabkan maag tadi. Untuk tutorialnya, ambil dua ruas kunyit setelah itu kupas kulitnya lalu cuci sampai bersih. Kunyit yang sudah bersih kemudian di parut lalu diperas untuk diambil sarinya dengan bantuan air matang. Minumlah sari kunyit tersebut 2 kali sehari pagi dan sore. Khasiatnya akan dirasakan dalam waktu dekat dengan catatan, jangan melebihi 2 kali sehari.

Obat Maag Kimiawi

  1. Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  2. Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
  3. Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  4. Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  5. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  6. Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  7. Simetidin (Mengobati dispepsia)
Obat-obatan baik yang herbal atau kimiawi untuk sakit maag sebaiknya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Makanan Pantangan Penyakit Maag

    Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi.
    1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
    2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
    3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
    4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
    5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain: mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda), sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol, buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon, dan makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan.
    Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok aktif.

    Baca juga : Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita

    Sekian artikel memngenai Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus. Semoga puas dan masalah Anda akan segera berakhir. Salam sehat selalu semoga sembuh!

    0 Response to "Resep Obat Herbal Maag Akut dan Kronis Yang Manjur dan Bagus"

    Posting Komentar