Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita | dr. Herbs Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita | dr. Herbs

Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita

Penyakit Kista Pada Perempuan – Penyakit kista adalah timbulnya suatu benjolan yang berisi cairan yang berada di dalam indung telur yang menyerang kaum hawa. Memang penyakit ini tergolong penyakit tumor jinak karena kebanyakan penangananya tidak melakukan operasi besar, tapi bedasarkan dengan tingkat keganasan. Penyakit Kista Pada Perempuan dapat dibagi menjadi dua macam yaitu kista non-neoplasik dan kista neoplastik.

Penyakit yang menyiksa ini dapat tumbuh dimana saja, seperti di paru-paru, usus, kulit, kornea mata bahkan di otak. Namun, dari banyaknya kasus yang terjadi kista lebih sering tumbuh dan ditemukan terdapat pada organ reproduksi wanita. Organ reproduksi wanita memang sangat rentan terhadap serangan penyakit, mikro-organisme, bahkan sampai pada penyakit kanker seputar rahim dan bagian organ reproduksi lainnya.


Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita

Ciri-ciri Kista Ovarium

Untuk mengenal gejala yang ditimbulkan akibat penyakit Kista Ovarium ini, ada beberapa ciri umum yang sering dialami pasien, berikut diantaranya:
  • Adanya Perubahan jadwal atau siklus menstruasi. Beberapa orang yang menderita kista, ada yang mengalami perubahan pada jadwal atau siklus menstruasi, misalnya terlambat datangnya menstruasi atau terjadi perdarahan di tengah menstruasi yang berlangsun (darah keluar banyak).
  • Terjadinya Keluarnya darah menstruasi yang terkadang banyak dan terkadang terlalu sedikit
  • Pada umumnya banyak ditemukan penderita kista mengalami pembengkakan dan pembesaran pada bagian perut, karena kista telah membesar dan berubah menjadi tumor ganas yang menjangkit beberapa organ tubuh disekitarnya.
  • Terjadinya rasa Nyeri di bagian perut yang cukup menyiksa
  • Akan merasakan Rasa sakit dan ngilu seperti digigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian.
  • Akan Merasakan nyeri perut di bagian bawah 

Gejala Kista Endometriosis

  • Menstruasi yang menyakitkan (dysmenorrhea). Nyeri panggul dan kram dapat dimulai sebelum sampai beberapa selama masa periode Anda. Nyeri juga dapat terjadi pada punggung bawah dan nyeri perut.
  • Nyeri saat hubungan seksual. Nyeri selama atau setelah berhubungan seks umum terjadi pada penderita endometriosis.
  • Nyeri saat buang air besar atau buang air kecil. Anda kemungkinan besar untuk mengalami gejala-gejala tersebut selama periode Anda.
  • Pendarahan berlebihan. Anda mungkin mengalami periode berat sesekali (menorrhagia) atau perdarahan antara periode (menometrorrhagia).
  • Infertilitas. Endometriosis biasanya didiagnosis pertama kali pada wanita yang mencari pengobatan untuk infertilitas.
  • Gejala lain. Anda juga mungkin mengalami kelelahan, diare, konstipasi, kembung atau mual, terutama selama periode menstruasi.
Tingkat rasa sakit Anda tidak selalu merupakan indikator yang dapat diandalkan mengenai kondisi Endometriosis. Beberapa wanita dengan endometriosis ringan memiliki rasa sakit yang hebat, sementara yang lain dengan endometriosis berat mungkin mengalami nyeri sedikit atau bahkan tidak ada rasa sakit sama sekali.

Endometriosis kadang-kadang didiagnosis secara keliru untuk kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri panggul, seperti penyakit radang panggul (PID) atau kista ovarium. Ia juga bisa disalahartikan dengan irritable bowel syndrome (IBS) , suatu kondisi yang menyebabkan serangan diare, sembelit dan kram perut. IBS bisa terjadi menemani endometriosis, yang dapat mempersulit diagnosis.

Obat Herbal Kista

  • Minum air putih

Selain jenis makanan tersebut diatas, konsumsilah air putih secara rutin. Minimalkan atau bakan hindari minuman berkafein dan beralkohol serta batasi konsumsi makanan berkadar gula tinggi.
  • Mengatur asupan daging

Atur porsi asupan daging Anda. Bukan berarti membatasi asupan daging; melainkan mengkonsumsinya lebih sering dalam porsi kecil. Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah, makanlah menu daging secaa perlahan-lahan. Aktivitas ini penting untuk menghindari proses pencernaan daging dalam jumlah banyak secara cepat. Kondisi tersebut cenderung memicu produksi hormone yang justru menghambat proses pemulihan.
  • Mengurangi makanan berlemak tinggi

Makanan yang mengandung lemak dengan kuantitas yang besar akan menyebabkan terjadinya gangguan pada hormon dan juga mengakibatkan meningkatnya kadar hormon kortisol didalamnya. Hormon kosrtisol adalah hormon yang menjadi penyebab stress. Untuk itulah, sebisa mungkin maka jauhilah asupan makanan yang mengandung lemak berlebih didalamnya.
  • Makanan ber-GI rendah

GI atau glycemic index, adalah takaran yang menunjukkan tinggi atau rendahnya kadar glukosa di dalam makanan. Saat menjalani proses pengobatan kista, Anda sangat disarankan mengonsumsi makanan berkadar glukosa rendah, seperti; biji-bijian, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda menambah porsi jenis makanan ini dalam menu sehari-hari.
  • Mengonsusmi sayur dan buah-buahan

Dainjurkan bagi penderita untuk membiasakan mengosumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral didalamnya. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan sistem kerja tubuh. Selain itu juga bisa bekerja dalam membantu menetralisir bahan kimia yang ada didalam tubuh.
  • Memakan makanan dengan kandungan antioksidan

makanan dengan kandungan antioksidan yang ada didalamnya adalah salah satu cara yang bisa membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas yang kemungkinan dihasilkan karena polusi, debu dan juga bahan kimia yang lainnya. Contohnya antara lain seperti daun sambiloto, sirsak, alpukat dan lain sebagainya.
  • Pola hidup sehat

Pola hidup sehat merupakan salah satu cara untuk mengatasi penyakit kista yang sangat penting untuk penderita untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hindarilah rokok, alkohol dan makanan yang membahayakan lainnya dan lakukanlah olahraga secara teratur.
  • Mengonsumsi obat-obatan alami

Sudah banyak yang terbukti bahwa mereka yang mengonsumsi jenis obat-obatan herbal untuk penyembuhan penyakit kista sudah banyak yang berhasil. Anda bisa memafaatkan 30 gram daun dewa, 50 gram temu mangga, dan 5 gram daging buah mahkota dewa setelah itu rebuslah dengan bersamaan menggunakan 800 cc air. Sampai air yang tersisa adalah setengah bagian saja. Dan minumlah dengan teratur paling tidak 2 kali sehari.
  • Tidur secara teratur

Tidak disangsikan lagi bahwa tidur secara teratur dan cukup memberi dampak kesehatan yang memadai, sebab semua jenis saraf, kelancaran aliran darah dan pertumbuhan sel serta hormone tubuh terkait dengan faktor bekerja dan istirahatnya organ tubuh.
  • Jangan menunda kehamilan

Untuk Anda yang sudah menikah, maka segera mempunyai momongan agar bisa menghindari terjadinya pembentukan kista yang penyebabnya adalah karena frekuensi menstruasi dan juga aktivitas hormon didalam tubuh.
  • Melakukan pemeriksaan medis

Pemeriksaan medis adalah dalam bentuk pemeriksaan klinis ginologik, untuk bisa melihat apakah ada gejala yang bisa memungkinkan terjadinya pembesaran ovarium. Maka bisa dilakukan dengan cara USG yang jika memang dibutuhkan juga menggunakan alat doppler. Dan pemeriksaan medis juga bisa dilakukan berupa gejala tumor dan juga pemeriksaan menggunakan CT scan.


Demikian artikel Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita ini kami bagikan dengan penuh angan-angan agar semua penderita dapat terbantu. Salam sehat selalu semoga sembuh!

0 Response to "Ciri Ciri dan Obat Herbal Kista Ovarium, Endometriosis Pada Wanita"

Posting Komentar