Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional | dr. Herbs Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional | dr. Herbs

Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional

Obat Penyakit Gula - Salam sehat untuk pambaca semua, semoga kita dipelihara dari penyakit yang ganas ini. Namanya saja yang manis, tapi rasanya pahit. He. Mungkin dari sekian pembaca banyak yang bertanya tentang penyakit ini untuk mencari wawasan yang lebih luas, ada juga yang memang sudah divonis dokter sebagai penderita. Saya do'akan semohga lekas sembuh ya.

Untuk penyakit gula ini memang sudah termasuk penyakit kronis yang tidak lain disebabkan oleh beberapa gangguan system metabolisme tubuh yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Penyakit yang biasa juga disebut dengan diabetes militus ini termasuk salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang, karena bisa menyebabkan bagian tubuh yang terkena menjadi membusuk dan ekstrimnya dalam penanganan harus sampai diamputasi.

Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional
Orang yang sudah terjangkit penyakit diabet ini tingkat kesehatnnya lambat laun akan cenderung menurun, dan lebih bahayanya lagi, penderita rentan terserangnya penyakit berat lain seperti gagal ginjal, glukoma dan disfungsi hormon lainnya.

Penyebab dari penyakit diabetes yang utama yaitu disfungsi pancreas karena produksi insulin yang abnormal, sehingga tubuh tidak dapat menyerap gula darah dengan optimal sebagaimana asalnya. Sebaiknya anda yang belum terkena utnuk segera mungkin menhindari diabet ini.

Akhir-akhir ini penderita penyakit ini semakain meningkat. Hal ini dipicu dari pola hidup yang kurang tepat, misal kurangnya olah raga, konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula secara berlebih tidak seimbang dengan nutrisi tubuh lain yang dibutuhkan, kurangnya pengaturan yang disiplin dalam hal makan atau jarangnya melakukan puasa dan lain sebagainya.

Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional

Masyarakat awam pada umumnya menggunakan penyebutan dengan istilah penyakit gula kering dan gula basah, karena mereka lebih melihat ke fisik yang real. Berbeda dengan istilah yang digunakan oleh para ahli medis, mereka menamainya dengan dua istilah, yaitu penyakit gula tipe 1 dan penyakit gula tipe 2.

Penderita penyakit gula darah ditandai dengan gelala rasa lapar dan haus yang tidak seperti yang lain, intensitas buang air kecil yang semakin meningkat dari normal, mulut menjadi kering karena dehidrasi sehingga nafas menjadi lebih berbau.
Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional
Otot terasa pegal-pegal karena dehidrasi yang terus terjadi. Cenderung mudah mengalami sakit kepala dan tekanan darah yang tinggi. Ciri lainnya adalah munculnya rasa gatal, serta berat badan yang turun drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak secara terus menerus.

Orang yang mengalami gangguan penyakit gula darah cenderung rentan untuk mengalami penyakit berbahaya lainnya. Obat penyakit gula darah dapat menggunakan bahan yang mengandung polifenol, antioksidan dan glokosida yang secara tradisional dapat diperoleh dari berbagai tanaman yang baik untuk mengatasinya. Berikut uraiannya:

Obat Penyakit Gula Darah Kering

Penderita penyakit gula kering dapat dilihat dari penampakan fisik orang yang menderitanya. Penderita penyakit gula kering terlihat akan semakin kurus tubuhnya dibanding sebelumnya dan lebih parah dari diabetes basah. Hal ini disebabkan tenaga sudah tidak lagi didapatkan dari kadar gula di tubuh, tapi diperoleh dari lemak di tubuh.

Akibat yang muncul, penderita gula kering akan cenderung lebih merasa lapar dan banyak makan, tetapi tetap tidak bisa menjadi gemuk. Obat penyakit gula kering dapat secara kimia menggunakan obat yang mengandung glibenclamide atau metformin dan lain sebagainya yang harus menggunakan resep dokter.
  • Kulit Manggis

Obat alami yang diperoleh dari bahan non-kimiawi yaitu menggunakan tanaman atau buah yang mengandung anti oksidan yang berfungsi sel beta pada pangkreas rusak oleh radikal bebas, sehingga regenerasi pangkreas dapat berlangsung dan menormalkan kembali produksi insulin untuk menurunkan gula darah. Kandungan ini dapat diperoleh dari kulit manggis. 
  • Daun Sirsak

Tanaman lain yang mengandung senyawa penting seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, tannin, fitosterol, alkaloida serta asetogenin, dimana kandungan tersebut dapat diperoleh dari daun sirsak yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit gula kering.

Tidak sulit untuk membuat ramuanya, cukup ambil 10 lembar dan direbus (sebaiknya disatukan dengan kulit manggis tadi). Minum air rebusan tersebut 2-3 kali sehari. 
  • Daun Salam, Sambiloto, Mahkota Dewa, Daun Angelica

Takaran masing-masing dari ramuan ini yaitu 1,5 gram dan umbi ditambah daun dewa 2 gram (dikira-kira saja).
Caranya : Jadikalnah bahan diatas jadi serbuk dengan dihaluskan kemudian campurkan semua dan aduk. ambil campuran tersebut seukuran 1 sendok lalu rebus dengan dua gelas air tunggu hingga jadi setengahnya atau satu gelas. Minumlah 3 kali sehari ukuran satu gelas (3x1) minum sebelum makan, jarak makan dan meminumnya sekita 30 menit .

Obat Penyakit Gula Darah Basah

Penyakit gula basah ditandai fisik yang cenderung lebih ringan daripada penyakit gula kering. Tubuh menjadi kurus tetapi tidak lebih parah dari penderita gula kering. Namun yang dominan pada orang pengidap penyakit gula basah ini adalah pada akibat yang muncul bila tubuh mengalami luka.

Orang yang termasuk label penderita penyakit ini apabila mengalami luka akan cenderung lebih mudah mengalami gangrene yaitu luka yang tidak cepat sembuhnya karena kadar gula yang tinggi. obat penyakit gula basah sama dengan pengidap penyakit gula tipe lain, karena ini hanya penamaan awam di masyarakat, baik yang kimia maupun bahan herbal atau alami. Adapun untuk obat tradisionalnya yaitu:
  • Buah Mengkudu

Buah mengkudu banyak mengandung proxeroni yang merupakan zat yang dapat membtuk alkaloid yang berfunsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes basah dan kering. 

Caranya yaitu: Ambil 1 buah mengkudu, kemudian diblender, setelah itu peras airnya, masukkan air atau ekstrak mengkudu ke dalam gelas. Jika Anda tidak tahan dengan rasa dan baunya, Anda juga bisa manambahkan sedikit madu.
  • Kemangi

Daun kemangi adalah tanaman yang bisa menurunkan kadar gula penyakit diabetes. Kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan dan biasa dimakan dengan menggunakan sambal. Dan lebih ikmat lagi, kemangi yang disandingkan dengan akan lele pasti akan sangat menggoda selera. Namun dibalik itu, manfaat daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah. 

Daun kemangi memiliki suatu kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, jadi kadar gula darah akan tetap stabil. Cara mengonsumsinya pun seperti biasa dan cukup digunakan sebagai lalapan. Karena kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka pastikan kebersihannya terjaga.
  • Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing dikenal sebagai tanaman hias dibandingkan sebagai tanaman obat diabetes tipe-2 ini. Tentunya karena tanaman kumis kucing memiliki bentuk bunga yang unik. Akan tetapi tanaman kumis kucing memiliki khasiat jitu dalam menurunkan gula darah.

Kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya dapat membantu menurunkan gula darah dengan merangsang sel beta pancreas untuk menghasilkan insulin. Selain itu khasiat dari tanaman kumis kucing juga dapat menjadi anti peradangan sehingga dapat mencegah amputasi akibat ulkus diabetes.

Kesimpulan dari hal yang patut dilakukan bagi korban penyakit ini yaitu dengan rutin berkonsultasi ke dokter, tetap menggunakan obat kimia yang dipadukan dengan obat gula darah alami yang ada. Terpenting dari proses pengobatan penyakit gula basah ataupun kering ini yaitu dengan pola hidup yang harus diatur sedemikian rupa bagi yang sudah menderitanya.

0 Response to "Kumpulan Tanaman Obat Penyakit Gula Darah Kering dan Basah Tradisional"

Posting Komentar