Tips Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih dengan Mudah Tips Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih dengan Mudah | dr. Herbs Tips Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih dengan Mudah | dr. Herbs

Tips Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih dengan Mudah

Mengatasi Mimisan - Sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat atau menjalar yang menyerupai tanaman lada dengan tinggi  yang dapat mencapai 15 m, tergantung kesuburan media tanaman dan rendahnya media untuk merambat. Tanaman sirih memiliki batang berwarna cokelat kehijauan, berbentuk bulat, berkerut, dan beruas sebagai tempat keluarnya akar.

Sedangkan daunnya berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, dengan teksur agak kasar jika diraba akan mengeluarkan bau yang sedap (aromatis) jika diremas. Panjang daun sirih sekitar 6-17,5 cm dengan lebar 3,5-10 cm. Warna daun sirih tersebut bervariasi mulai dari berwarna kuning, hijau sampai dengan hijau tua.

Tips Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih dengan Mudah

Jenis-jenis daun sirih

Berdasarkan bentuk daun, rasa dan aromanya sirih terbagi atas beberapa jenis. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sirih, mulai dari sirih jawa, sirih banda, sirih cengkih dan sirih hitam atau keling. Namun yang paling umum sirih dibedakan menjadi dua berdasarkan warna daunnya yaitu Daun sirih hijau dan daun sirih merah yang banyak dijadikan sebagai obat tradisional.

Daun sirih memiliki aroma dan rasa khas, sedap, tajam, pedas dan sengak dan merangsang karena kandungan kavikol dan betlephenol terkandung dalam minyak atsiri dan sebagai kandungan terbesar dalam daun sirih. Ada banyak faktor yang menyebabkan daun sirih memiliki aroma dan rasa yang khas mulai dari sinar matahari yang sampai ke daun hingga kesuburan tumbuhan tersebut. Daun sirih yang dapat langsung dimakan adalah daun yang melintang dibagian atas dahan

Kandungan daun sirih hijau

Daun sirih hijau banyak digunakan dalam pengobatan karena manfaatnya yang luas. Kandungan daun sirih hijau adalah sebagai berikut:
  1. Minyak atsiri
  2. Kavicol
  3. Kavibetol
  4. Estragol
  5. Phenyl propane
  6. Hidroksikavicol
  7. Pati
  8. Gula
  9. Caryophyllene
  10. Cyneole
  11. Tanin
  12. Cadinene
  13. Diastase
  14. Terpennena
  15. Sesquiterpena

Kandungan daun sirih merah

Banyak obat-obatan sekarang ini menggunakan campuran daun sirih dan begitu pun para ahli pengobatan tradisional banyak menggunakan tanaman sirih karena dinilai manfaat daun sirih tersebut berdasarkan pula dari tinjaun kandungan daun sirih merah yaitu sebagai berikut...
  1. Minyak atsiri
  2. Alkaloid
  3. Saponin,
  4. tanin
  5. flavonoid
  6. fitokimia
  7. Kavicol
  8. Hidroksikavicol
  9. Eugenol
  10. Kavibetol
  11. Allylprokatekol
  12. Carvacrol
  13. P-cymene
  14. Cineole
  15. Phenyl propada
  16. Caryofelen
  17. Kadimen estragol
  18. Ter-penena
Jadi kedua daun sirih baik daun sirih hijau dan daun sirih merah yang membuatnya kaya akan manfaat bagi tubuh anda dan sering dijadikan sebagai obat herbal penyembuhan berbagai penyakit terutama mengatasi mimisan. Jadi maka tidak salahlah dan tidaklah untuk tidak menyakini dan telah ditinjau secara ilmiah manfaat daun sirih atau khasiat daun sirih tersebut.
Manfaat daun sirih untuk kesehatan
Sebelum kita mengetahui cara mengatasi mimisan, sangat baik sekali jika Anda kami kenalkan akan segudang manfaat daun sirih ini untuk mengobati berbagai penyakit berat sekalipun. Ada yang mengatakan sampai 32 manfaat bahkan lebih. Berikut salah satunya:
  1. Meningkatkan kesuburan (membasuh vagina). Daun sirih hijau dapat bermanfaat dalam mengobati keputihan dan meningkatkan kesuburan vagina anda dengan porsi secukupnnya. Untuk manfaat kesuburan cukup dengan air hasil rebusan tersebut digunakan untuk membasuh vagina.
  2. Penyakit Jantung. Daun sirih bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit jantung yang dilakukan dengan cara mengambil daun sirih yang ukurannya sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar yang kemudian dicuci bersih, diiris kecil-kecil dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, yang kemudian disaring dan diminum saat hangat dua kali sehari sebelum makan dengan meminum satu gelas masing-masing.
  3. Mengobati Demam Berdarah. Daun hijau banyak diyakini dapat bermanfaat dalam mengatasi nyamuk demam berdarah dan menyembuhkan demam berdarah cukup dengan meminum air rebusan daun sirih, dan anda juga dapat mengoleskan gilingan daun sirih hijau ke tubuh dengan dibalurkan.
  4. Obat Gatal-Gatal. Daun sirih dapat menghilangkan gatal-gatal anda dengan cara membalurkan hasil tumbukan daun sirih hijau ke bagian tubuh yang gatal-gatal dan bahkan akan hilang sama sekali.
  5. Penyakit Diabetes. Gunakan tiga lembar daun sirih merah yang setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk lalu mencuci semua daun tersebut dan mengiris kecil-kecil. Rebus hasil irisan tersebut ke dalam 3 gelas air (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1,5 gelas. Minum sehari 3 kali disaat sebelum makan.
  6. Membersihkan Mata. Daun sirih bermanfaat dalam mempercantik mata anda, membuatnya bersih hanya dengan mencuci daun sirih sampai bersih lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan, setelah itu cuci mata dengan air rebusan menggunakan gelas cuci mata. Lakukanlah sehari tiga kali agar mata anda dapat sembuh dan bersih dari kotoran.
  7. Mengatasi Mimisan

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih

Salah satu manfaat daun sirih adalah untuk mengatasi mimisan. Pendarahan dari lubang hidung atau yang biasa kita sebut mimisan sering terjadi pada anak kecil. Namun tidak menutup kemungkinan mimisan juga dapat terjadi pada usia dewasa.

Mimisan terjadi karena robeknya selaput lendir tipis pada hidung bagian dalam sehingga darah keluar melalui lubang hidung. Darah tersebut akan berhenti keluar jika sudah membeku, namun dapat keluar lagi jika kondisi suhu tubuh dalam kedaan panas misalnya melakukan banyak aktivitas di bawah terik sinar matahari.

Jika mimisan terjadi pada anak atau pada Anda, maka tidak perlu bingung. Anda dapat menggunakan daun sirih untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Caranya:
  • Siapkan 1 lembar daun sirih yang agak muda.
  • Kemudian memarkan dan gulung.
  • Sumbatkan hidung yang berdarah.
Baca juga: Penyebab Kenapa Anak Sering Mimisan Dan Cara Menghentikan Darahnya
Sebetulnya masih sangat banyak dari manfaat daun sirih ini, tapi kita hanya mengulas yang berkaitan dengan mengatasi mimisan saja. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Mimisan Dengan Daun Sirih dengan Mudah"

Posting Komentar