Nama Tanaman dan Buah Obat Penyakit Jantung Koroner yang Efektif Nama Tanaman dan Buah Obat Penyakit Jantung Koroner yang Efektif | dr. Herbs Nama Tanaman dan Buah Obat Penyakit Jantung Koroner yang Efektif | dr. Herbs

Nama Tanaman dan Buah Obat Penyakit Jantung Koroner yang Efektif

Obat Penyakit Jantung - Penyakit Jantung Koroner adalah penyempitan pembuluh darah yang memasok darah dan oksigen ke jantung yang terhambat oleh plak yang menjadi penyumabatan pada pembuluh darah, dikenal pula sebagai pengerasan arteri. 

Pembentukan plak ini dapat menyertai perpaduan pradisposisi genetik dan pilihan gaya hidup. Faktor risiko mencakup usia, jenis kelamin, riwayat genetik dan ras. Faktor lain yang memengaruhi kemungkinan CCHD mencakup kolesterol tinggi, merokok, penyalahgunaan substansi dan masalah berat badan.

Nama Tanaman dan Buah Obat Penyakit Jantung Koroner yang Efektif
  
Setelah sebelumnya kami telah membahas tentang khasiat daun binahong untuk jantung, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai khasiat nanas untuk jantung koroner. Buah nanas merupakan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari keluarga nanas-nanasan. 

Kandungan yang paling melimpah dalam buah ini adalah vitamin C dan vitamin A yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita. Antioksidan yang kaya dalam nanas ini ternyata sangat baik untuk mengobati penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan peringkat tertinggi Di seluruh dunia, jumlah pederita penyakit ini terus bertambah. Bertambahnya penderita ini karena banyak orang yang telah lepas dari gaya hidup sehat. 

Faktor-faktor yang memicu penyakit jantung ini adalah merokok, mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi, stress, kurang istirahat, kurang gerak, dan malas berolahraga.


Tanaman Obat Penyakit Jantung Koroner

 
1. Bawang Putih
Mengonsumsi bawang putin bisa bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, bersifat antibakteri, antikanker, dan antijamur. Antioksidan pada bawang putih penting untuk mencegah arteriosklerosis dan tentunya sebagai obat penyakit jantung dengan cara melawan oksidasi dari serum lemak. Selain itu, beberapa studi menunjukkan bawang putih membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), memelihara aliran darah tetap lancar, menurunkan tekanan darah, mencegah serangan kanker, menurunkan gula darah, dan mengobati gangguan pencernaan.

2. Temu Giring
Berkhasiat menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, membersihkan darah, meningkatkan sirkulasi darah, bersifat sebagai antiseptik, antelmintik (anticacing), dan sebagai bahan kosmetika.

3. Sambang Darah
Sambang darah berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, menghentikan perdarahan, mengurangi tekanan darah tinggi, membunuh kuman, mengobati demam, kejang, serta menghentikan perdarahan setelah melahirkan dan keguguran.

4. Temu Putih
Tanaman temu putih memiliki khasiat sebagai antiasma, antilemak, penurun kolesterol, penambah nafsu makan, pelancar peredaran darah, tonikum, pengobat luka, penawar racun, serta antidiabetes.

5. Mahkota Dewa
Mahkota dewa bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit berat seperti kanker, sakit jantung, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal (Harmanto, 2004).

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Tri Dewanti W, Siti Narsitoh Wulan dan Indira Nur C membahas tentang aktivitas antioksidan dan antibakteri produk kering, instan dan effervescent dari buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa), memberikan hasil yang signifikan terhadap kegunaan mahkota dewa sebagai antioksidan.

Antioksidan adalah suatu zat pencegah oksidasi dengan cara menstabilkan radikal bebas. LDL-C merupakan suatu kolesterol kurang stabil yang rentan proses oksidasi. Apabila LDL-C teroksidasi maka akan mencetuskan proses pembentukan aterosklerosis pada pembuluh darah sehingga penyakit jantung koroner akan terjadi. Mahkota dewa mengandung flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan dapat mencegah penyakit jantung koroner.

6. Sayuran silangan
Sayuran silangan termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, bok choy dan kale. Brokoli kaya akan vitamin B, seperti folat, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kubis kaya akan mengandung kalsium, yang penting karena asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan tekanan darah. Seperti pada sebuah studi 2011 di “American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa asupan tinggi sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Buah Obat Penyakit Jantung Koroner


Setelah kita membahas tanaman yang baik untuk obat penyakit jantung, sekarang kita membahas mamfaat buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung, berikut penjelasan singkatnya.
1. Buah jeruk
Buah jeruk termasuk jeruk, lemon dan limau. Buah ini mengandung flavonoid dan karotenoid yang melindungi terhadap stres oksidatif dan penurunan peradangan dalam tubuh, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular. Sebuah studi 2011 di “Journal of Epidemiology” menemukan bahwa sering asupan buah jeruk dikaitkan dengan insiden lebih rendah dari penyakit jantung. 

2. Berries
Berries, seperti blueberry, stroberi, raspberry dan blackberry, mengandung anthocyanin, yang membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan penjaga terhadap penumpukan plak. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya tiga porsi blueberry dan stroberi per minggu memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung.

3. Buah Naga 
Keempat jenis buah naga merah tersebut sama-sama memberikan khasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten. yang mampu mengeruk  sel kanker dan memberi nutrisi pada jantung sehingga jantung akan menerima nutrisi yang banyak dan jantung terhindar dari serangan jantung yang mematikan.

Baca juga: Nama Obat Asam Urat Di Apotik Resep Dokter

4. Buah nanas
Buah nanas merupakan salah satu buah dengan kandungan flavonoid tertinggi yaitu 47.8 mg per 100 gram buah nanas. Hal tersebut dapat diartikan bahwa buah nanas dapat memenuhi 80% kebutuhan antioksidan harian. Flavonoid ini dapat menangkal radikal bebas yang masuk melalui lingkungan tidak sehat, ataupun dari dalam tubuh karena stress.

Radikal bebas dapat dinetralkan dan dinetralisir dengan flafonoid sehingga tidak lagi merusak sel-sel sehat. Selain itu, dalam buah nanas juga terkandung antikoagulan yang dapat mengobati pembekuan dalam darah dan pembekuan darah yang menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Semoga info mengenai obat penyakit janung ini memberikan manfaat yang banyak bagi siapa saja yang membutuhkan.

0 Response to "Nama Tanaman dan Buah Obat Penyakit Jantung Koroner yang Efektif"

Posting Komentar